TEKNOBGT
Sifat Wajib dan Mustahil Allah Beserta Artinya
Sifat Wajib dan Mustahil Allah Beserta Artinya

Sifat Wajib dan Mustahil Allah Beserta Artinya

Allah SWT memiliki sifat-sifat yang harus kita ketahui sebagai seorang Muslim. Sifat-sifat tersebut terdiri dari Sifat Wajib dan Mustahil. Sifat Wajib adalah sifat yang harus dimiliki oleh Allah, sementara Sifat Mustahil adalah sifat yang tidak bisa dimiliki oleh Allah.

Sifat Wajib

1. Wahdaniyah

Sifat pertama dari Allah SWT adalah Wahdaniyah, yang berarti Allah SWT adalah satu-satunya Tuhan yang harus kita sembah. Tidak ada Tuhan selain Allah SWT.

2. Qudrah

Sifat kedua adalah Qudrah, yang berarti Allah SWT memiliki kekuasaan yang tak terbatas. Allah SWT mampu melakukan segala sesuatu yang Dia kehendaki.

3. Hayat

Sifat ketiga adalah Hayat, yang berarti Allah SWT hidup selamanya tanpa ada akhir dan awal. Allah SWT tidak membutuhkan makanan atau minuman untuk bertahan hidup.

4. Ilmu

Sifat keempat adalah Ilmu, yang berarti Allah SWT mengetahui segala sesuatu yang terjadi di dunia ini. Allah SWT mengetahui masa lalu, masa kini, dan masa depan.

5. Kalam

Sifat kelima adalah Kalam, yang berarti Allah SWT dapat berbicara dan berkomunikasi dengan manusia. Allah SWT telah memberikan kitab suci Al-Quran sebagai petunjuk bagi manusia.

6. Basar

Sifat keenam adalah Basar, yang berarti Allah SWT melihat segala sesuatu yang ada di dunia ini. Allah SWT melihat semua yang terjadi dan menyaksikan semua perbuatan manusia.

7. Sami’

Sifat ketujuh adalah Sami’, yang berarti Allah SWT mendengar segala sesuatu yang terjadi di dunia ini. Allah SWT mendengar semua suara dan doa manusia yang memohon pertolongan.

Sifat Mustahil

1. Jismani

Sifat pertama yang Mustahil dimiliki oleh Allah SWT adalah Jismani, yang berarti Allah SWT tidak memiliki tubuh jasmani seperti manusia.

2. Jadid

Sifat kedua adalah Jadid, yang berarti Allah SWT tidak pernah lahir atau diciptakan. Allah SWT selalu ada sejak dahulu kala.

3. Makhluk

Sifat ketiga adalah Makhluk, yang berarti Allah SWT bukanlah makhluk ciptaan-Nya. Allah SWT adalah pencipta segala sesuatu.

4. Jahil

Sifat keempat adalah Jahil, yang berarti Allah SWT tidak pernah tidak tahu atau tidak mengetahui sesuatu.

5. Maut

Sifat kelima adalah Maut, yang berarti Allah SWT tidak akan mati atau lenyap.

Kesimpulan

Dalam Islam, penting bagi kita untuk memahami sifat-sifat Allah SWT. Sifat Wajib dan Mustahil Allah SWT memberikan pemahaman kepada kita tentang kekuasaan, kebijaksanaan, dan kebesaran Allah SWT. Kita harus selalu mengagungkan dan menyembah Allah SWT, serta menghindari segala bentuk dosa dan kesalahan yang dapat menjauhkan kita dari-Nya.

Artikel Sifat Wajib dan Mustahil Allah Beserta Artinya

© Copyright 2023 TEKNOBGT.COM