TEKNOBGT
Sebutkan Macam-Macam Zakat
Sebutkan Macam-Macam Zakat

Sebutkan Macam-Macam Zakat

Zakat adalah salah satu rukun Islam yang harus dilakukan oleh setiap muslim yang mampu. Zakat sendiri memiliki banyak jenis, dan berikut ini adalah beberapa macam zakat yang wajib diketahui.

Zakat Fitrah

Zakat fitrah adalah zakat yang wajib dikeluarkan oleh setiap muslim menjelang hari raya Idul Fitri. Zakat ini berupa makanan pokok seperti beras, gandum, atau jagung. Besaran zakat fitrah adalah sebesar satu sha’ atau sekitar 3 liter.

Zakat Maal

Zakat maal adalah zakat yang dikeluarkan dari harta yang dimiliki oleh seorang muslim. Zakat maal ini wajib dikeluarkan bila harta yang dimiliki sudah mencapai nisab atau batas minimum yang telah ditetapkan. Besaran zakat maal adalah sebesar 2,5% dari total harta yang dimiliki.

Zakat Penghasilan

Zakat penghasilan adalah zakat yang dikeluarkan dari penghasilan yang didapatkan oleh seseorang. Zakat ini wajib dikeluarkan bila penghasilan yang didapatkan sudah mencapai nisab yang telah ditetapkan. Besaran zakat penghasilan adalah sebesar 2,5% dari total penghasilan yang didapatkan.

Zakat Emas dan Perak

Zakat emas dan perak adalah zakat yang dikeluarkan dari emas dan perak yang dimiliki oleh seorang muslim. Zakat ini wajib dikeluarkan bila jumlah emas dan perak yang dimiliki sudah mencapai nisab yang telah ditetapkan. Besaran zakat emas dan perak adalah sebesar 2,5% dari total emas dan perak yang dimiliki.

Zakat Pertanian

Zakat pertanian adalah zakat yang dikeluarkan dari hasil panen pertanian. Zakat ini wajib dikeluarkan bila hasil panen sudah mencapai nisab yang telah ditetapkan. Besaran zakat pertanian adalah sebesar 5-10% tergantung dari jenis tanaman yang ditanam.

Zakat Hewan Ternak

Zakat hewan ternak adalah zakat yang dikeluarkan dari hewan ternak yang dimiliki oleh seorang muslim. Zakat ini wajib dikeluarkan bila jumlah hewan ternak yang dimiliki sudah mencapai nisab yang telah ditetapkan. Besaran zakat hewan ternak adalah sebesar 2,5% dari total nilai hewan ternak yang dimiliki.

Zakat Profesi

Zakat profesi adalah zakat yang dikeluarkan dari penghasilan yang didapatkan dari profesi atau pekerjaan yang dilakukan oleh seseorang. Zakat ini wajib dikeluarkan bila penghasilan yang didapatkan sudah mencapai nisab yang telah ditetapkan. Besaran zakat profesi adalah sebesar 2,5% dari total penghasilan yang didapatkan.

Zakat Tabungan

Zakat tabungan adalah zakat yang dikeluarkan dari tabungan atau simpanan yang dimiliki oleh seorang muslim. Zakat ini wajib dikeluarkan bila jumlah tabungan atau simpanan sudah mencapai nisab yang telah ditetapkan. Besaran zakat tabungan adalah sebesar 2,5% dari total tabungan atau simpanan yang dimiliki.

Zakat Bencana Alam

Zakat bencana alam adalah zakat yang dikeluarkan untuk membantu korban bencana alam seperti gempa bumi, banjir, atau longsor. Zakat ini dikeluarkan secara sukarela dan tidak memiliki besaran yang tetap.

Zakat Kepada Fakir Miskin

Zakat kepada fakir miskin adalah zakat yang dikeluarkan untuk membantu orang-orang yang membutuhkan seperti fakir miskin, yatim piatu, atau kaum dhuafa. Zakat ini dikeluarkan secara sukarela dan tidak memiliki besaran yang tetap.

Zakat Untuk Pembangunan Masjid

Zakat untuk pembangunan masjid adalah zakat yang dikeluarkan untuk membiayai pembangunan atau renovasi masjid. Zakat ini dikeluarkan secara sukarela dan tidak memiliki besaran yang tetap.

Zakat Untuk Pendidikan

Zakat untuk pendidikan adalah zakat yang dikeluarkan untuk membiayai pendidikan bagi anak-anak yang kurang mampu. Zakat ini dikeluarkan secara sukarela dan tidak memiliki besaran yang tetap.

Zakat Untuk Kesehatan

Zakat untuk kesehatan adalah zakat yang dikeluarkan untuk membantu biaya pengobatan bagi orang yang kurang mampu. Zakat ini dikeluarkan secara sukarela dan tidak memiliki besaran yang tetap.

Zakat Untuk Menolong Orang Terlantar

Zakat untuk menolong orang terlantar adalah zakat yang dikeluarkan untuk membantu orang-orang yang terlantar atau tidak memiliki tempat tinggal. Zakat ini dikeluarkan secara sukarela dan tidak memiliki besaran yang tetap.

Zakat Untuk Pengentasan Kemiskinan

Zakat untuk pengentasan kemiskinan adalah zakat yang dikeluarkan untuk membantu mengentaskan kemiskinan di masyarakat. Zakat ini dikeluarkan secara sukarela dan tidak memiliki besaran yang tetap.

Zakat Untuk Bantuan Hukum

Zakat untuk bantuan hukum adalah zakat yang dikeluarkan untuk membantu biaya pengacara atau biaya hukum bagi orang yang kurang mampu. Zakat ini dikeluarkan secara sukarela dan tidak memiliki besaran yang tetap.

Zakat Untuk Pemberdayaan Ekonomi

Zakat untuk pemberdayaan ekonomi adalah zakat yang dikeluarkan untuk membantu membangun ekonomi masyarakat agar dapat mandiri dan tidak lagi membutuhkan bantuan. Zakat ini dikeluarkan secara sukarela dan tidak memiliki besaran yang tetap.

Zakat Untuk Pemberdayaan Sosial

Zakat untuk pemberdayaan sosial adalah zakat yang dikeluarkan untuk membantu membangun masyarakat agar dapat mandiri dalam bidang sosial seperti pendidikan, kesehatan, dan lain sebagainya. Zakat ini dikeluarkan secara sukarela dan tidak memiliki besaran yang tetap.

Zakat Untuk Lingkungan

Zakat untuk lingkungan adalah zakat yang dikeluarkan untuk membantu memperbaiki lingkungan hidup seperti membersihkan sungai, menanam pohon, atau memperbaiki lingkungan sekitar. Zakat ini dikeluarkan secara sukarela dan tidak memiliki besaran yang tetap.

Kesimpulan

Dari uraian di atas, dapat disimpulkan bahwa zakat memiliki banyak jenis yang harus diketahui oleh setiap muslim. Selain zakat fitrah dan zakat maal, masih banyak macam zakat lainnya yang harus diketahui dan dilakukan oleh setiap muslim.

ArtikelSebutkan Macam-Macam Zakat

© Copyright 2023 TEKNOBGT.COM