TEKNOBGT
Letak Geografis Australia
Letak Geografis Australia

Letak Geografis Australia

Australia merupakan sebuah negara yang terletak di belahan bumi selatan dan memiliki letak geografis yang unik. Terletak di antara Samudra Pasifik dan Samudra Hindia, Australia adalah sebuah pulau benua yang terpisah dari daratan Asia oleh Lautan Hindia.

Posisi Geografis

Secara astronomis, Australia terletak di antara 10° LS hingga 44° LS dan 113° BT hingga 154° BT. Wilayah Australia mencakup sekitar 7,7 juta km persegi dan terdiri dari enam negara bagian dan dua wilayah teritorial.

Australia juga merupakan negara terluas keenam di dunia dan merupakan satu-satunya negara yang meliputi seluruh wilayah benua. Dengan letaknya yang jauh dari benua lain, Australia memiliki banyak spesies flora dan fauna yang tidak dapat ditemukan di tempat lain di dunia.

Bentuk dan Relief

Bentuk daratan Australia sangat unik dengan adanya cekungan besar di tengah-tengah benua yang disebut Cekungan Great Artesian. Wilayah ini memiliki dataran rendah yang sangat luas dan sebagian besar wilayahnya terletak di atas permukaan laut.

Di bagian barat laut Australia, terdapat Pegunungan Hamersley dan Wilayah Pilbara yang merupakan salah satu daerah penghasil bijih besi terbesar di dunia. Sedangkan di bagian selatan Australia, terdapat Pegunungan Flinders dan Wilayah Eyre yang terkenal dengan laut mati dan padang gurunnya.

Iklim

Australia memiliki iklim yang beragam, mulai dari iklim tropis di utara hingga iklim sedang di wilayah selatan. Musim panas di Australia berlangsung dari Desember hingga Februari, sementara musim dingin berlangsung dari Juni hingga Agustus.

Di wilayah utara Australia, terdapat musim hujan yang berlangsung dari Oktober hingga Maret. Sementara itu, wilayah tengah dan selatan Australia memiliki iklim yang kering dengan curah hujan yang rendah.

Perairan

Australia dikelilingi oleh dua samudra besar, yaitu Samudra Pasifik dan Samudra Hindia. Di sebelah timur Australia terdapat Great Barrier Reef, sebuah terumbu karang terbesar di dunia.

Di sebelah selatan Australia terdapat Selat Bass yang memisahkan Australia dengan Tasmania. Sedangkan di sebelah barat Australia terdapat Laut Timor dan Laut Arafura yang memisahkan Australia dengan Indonesia.

Penduduk dan Kota-kota Besar

Populasi Australia saat ini mencapai sekitar 25 juta jiwa dengan mayoritas penduduk berasal dari etnis Eropa. Kota-kota besar di Australia antara lain Sydney, Melbourne, Brisbane, Perth, dan Adelaide.

Sydney adalah kota terbesar dan ibu kota negara bagian New South Wales. Kota ini terkenal dengan ikonnya, yaitu Opera House dan Jembatan Sydney Harbour. Sedangkan Melbourne adalah kota terbesar kedua di Australia dan terkenal sebagai pusat seni dan budaya.

Kesimpulan

Australia memiliki letak geografis yang unik dengan bentuk dan relief daratan yang beragam. Negara ini juga dikelilingi oleh perairan besar dan memiliki iklim yang bervariasi. Dengan populasi yang terus meningkat, Australia memiliki banyak kota-kota besar yang merupakan pusat seni, budaya, dan bisnis di negara ini.

Artikel Letak Geografis Australia

© Copyright 2023 TEKNOBGT.COM