TEKNOBGT
Surat Terakhir dalam Al Quran
Surat Terakhir dalam Al Quran

Surat Terakhir dalam Al Quran

Al Quran merupakan kitab suci umat muslim yang berisi tentang ajaran dan petunjuk dari Allah SWT. Salah satu bagian penting di dalam Al Quran adalah surat terakhir yang disebut sebagai surat An-Nas atau surat Al-Falaq.

Surat An-Nas

Surat An-Nas merupakan surat ke-114 dalam Al Quran yang terdiri dari 6 ayat. Surat ini termasuk ke dalam golongan surat-surat pendek yang sangat mudah dihafal. Ayat pertama surat An-Nas berbunyi:

قُلْ أَعُوذُ بِرَبِّ النَّاسِ

Artinya: “Katakanlah: aku berlindung kepada Tuhan (yang memelihara dan menguasai) manusia.”

Surat An-Nas mengajarkan tentang perlunya manusia untuk selalu berlindung kepada Allah SWT dari segala gangguan dan godaan jahat yang berasal dari setan atau syaitan.

Surat Al-Falaq

Surat Al-Falaq merupakan surat ke-113 dalam Al Quran yang terdiri dari 5 ayat. Surat ini juga termasuk ke dalam golongan surat-surat pendek. Ayat pertama surat Al-Falaq berbunyi:

قُلْ أَعُوذُ بِرَبِّ الْفَلَقِ

Artinya: “Katakanlah: aku berlindung kepada Tuhan yang menguasai subuh.”

Surat Al-Falaq mengajarkan tentang perlunya manusia untuk selalu berlindung kepada Allah SWT dari segala kejahatan yang terjadi pada waktu malam atau saat matahari terbit.

Penutup Surat Terakhir Al Quran

Kedua surat pendek tersebut disebut sebagai surat terakhir dalam Al Quran karena kedua surat ini biasanya dibaca sebagai penutup dalam kegiatan ibadah shalat atau membaca Al Quran. Surat An-Nas dan Al-Falaq juga sering dibaca sebagai amalan sehari-hari untuk memohon perlindungan kepada Allah SWT dari segala bencana dan bahaya.

Surat An-Nas dan Al-Falaq mengajarkan bahwa hanya Allah SWT yang dapat memberikan perlindungan dan keselamatan kepada manusia. Oleh karena itu, manusia harus selalu berlindung dan bergantung kepada-Nya dalam segala hal.

Kesimpulan

Surat terakhir dalam Al Quran adalah surat An-Nas dan Al-Falaq yang mengajarkan tentang pentingnya manusia untuk selalu berlindung kepada Allah SWT dari segala kejahatan dan gangguan yang berasal dari setan atau syaitan. Kedua surat ini biasanya dibaca sebagai penutup dalam kegiatan ibadah shalat atau membaca Al Quran. Dengan membaca kedua surat ini, manusia diharapkan dapat memperoleh perlindungan dan keselamatan dari Allah SWT dalam segala aspek kehidupannya.

Artikel Surat Terakhir dalam Al Quran

© Copyright 2023 TEKNOBGT.COM