TEKNOBGT
Planet Yang Jauh dari Matahari: Misteri Tak Terpecahkan
Planet Yang Jauh dari Matahari: Misteri Tak Terpecahkan

Planet Yang Jauh dari Matahari: Misteri Tak Terpecahkan

Planet-planet di tata surya kita bukanlah hal yang asing lagi. Namun, tahukah kamu bahwa ada planet yang berada jauh dari matahari dan sangat sulit untuk dilihat? Ya, planet tersebut dikenal sebagai planet terjauh atau planet katai. Dalam bahasa Inggris, planet ini dikenal sebagai “dwarf planet”.

Apa itu Planet Terjauh?

Planet terjauh adalah planet yang berada di luar orbit planet Neptunus. Ada lima planet terjauh yang dikenal di tata surya kita, yaitu Pluto, Eris, Makemake, Haumea, dan Sedna. Lima planet tersebut memiliki ciri-ciri yang sama, yaitu ukuran yang kecil dan jarak yang sangat jauh dari matahari.

Pluto: Planet Terjauh yang Pernah Diketahui

Pluto adalah planet terjauh yang pernah diketahui manusia selama beberapa dekade. Penemuan Pluto terjadi pada tahun 1930 oleh seorang astronom bernama Clyde Tombaugh. Namun, pada tahun 2006, International Astronomical Union (IAU) mengeluarkan keputusan kontroversial bahwa Pluto bukan lagi dianggap sebagai planet melainkan planet katai.

Pluto memiliki ukuran yang sangat kecil jika dibandingkan dengan planet lain di tata surya kita. Namun, Pluto memiliki satelit atau bulan yang cukup banyak. Hingga saat ini, sudah diketahui bahwa Pluto memiliki lima satelit, yaitu Charon, Nix, Hydra, Kerberos, dan Styx.

Eris: Planet Terjauh yang Lebih Besar dari Pluto

Eris adalah planet terjauh yang lebih besar dari Pluto. Planet ini ditemukan pada tahun 2005 oleh sekelompok astronom dari California Institute of Technology. Ukuran Eris adalah dua kali lebih besar dari Pluto dan memiliki satelit yang dinamakan Dysnomia.

Sebelum ditemukan, Eris dikenal sebagai Xena, namun kemudian diubah namanya menjadi Eris sesuai dengan nama dewi Yunani yang merupakan personifikasi dari perdebatan dan pertengkaran.

Haumea: Planet Terjauh yang Berbentuk Aneh

Haumea adalah planet terjauh yang memiliki bentuk yang sangat aneh. Planet ini memiliki bentuk seperti bola pijar atau sayur mentimun yang dipotong-potong. Haumea ditemukan pada tahun 2003 oleh seorang astronom dari Spanyol bernama Jose Luis Ortiz Moreno.

Haumea memiliki dua satelit yang dinamakan Hi’iaka dan Namaka. Nama Haumea sendiri berasal dari dewi kecantikan dan kelahiran dalam mitologi Hawaii.

Makemake: Planet Terjauh yang Ditemukan di Bulan Paskah

Makemake adalah planet terjauh yang ditemukan pada tahun 2005 oleh sekelompok astronom dari California Institute of Technology. Penemuan Makemake dilakukan pada saat bulan paskah, sehingga planet ini dinamakan sesuai dengan dewa penciptaan dan kehidupan dalam mitologi Rapa Nui di Pulau Paskah.

Makemake memiliki satelit yang belum diketahui keberadaannya. Ukuran Makemake hampir sama dengan Pluto.

Sedna: Planet Terjauh yang Paling Misterius

Sedna adalah planet terjauh yang paling misterius di antara planet-planet terjauh lainnya. Planet ini ditemukan pada tahun 2003 oleh seorang astronom dari Kanada bernama Michael Brown.

Sedna memiliki ukuran yang hampir sama dengan Pluto dan Eris. Namun, jarak Sedna dari matahari lebih jauh dari planet-planet terjauh lainnya. Sedna juga memiliki orbit yang sangat unik dan belum dapat dijelaskan secara pasti oleh para ilmuwan.

Misteri di Balik Planet Terjauh

Meskipun planet terjauh telah ditemukan dan diketahui beberapa informasinya, namun masih banyak misteri yang tersembunyi di balik planet-planet ini. Salah satunya adalah bagaimana planet-planet ini terbentuk dan apa yang terjadi di permukaannya.

Para ilmuwan masih terus melakukan penelitian dan pengamatan terhadap planet-planet terjauh ini agar dapat memperoleh informasi yang lebih lengkap dan akurat. Namun, hal ini tidak mudah karena planet-planet terjauh ini sangat sulit dijangkau dan diamati.

Kesimpulan

Planet terjauh memang merupakan misteri yang sulit dipecahkan. Lima planet terjauh yang diketahui, yaitu Pluto, Eris, Makemake, Haumea, dan Sedna, memiliki ciri-ciri yang sama yaitu ukuran yang kecil dan jarak yang sangat jauh dari matahari.

Pluto adalah planet terjauh yang pernah diketahui manusia selama beberapa dekade. Namun, pada tahun 2006, International Astronomical Union (IAU) mengeluarkan keputusan kontroversial bahwa Pluto bukan lagi dianggap sebagai planet melainkan planet katai.

Meskipun planet terjauh telah ditemukan dan diketahui beberapa informasinya, namun masih banyak misteri yang tersembunyi di balik planet-planet ini. Para ilmuwan masih terus melakukan penelitian dan pengamatan terhadap planet-planet terjauh ini agar dapat memperoleh informasi yang lebih lengkap dan akurat.

Artikel Planet Yang Jauh dari Matahari: Misteri Tak Terpecahkan

© Copyright 2023 TEKNOBGT.COM