TEKNOBGT
Lagu Kebangsaan Negara ASEAN
Lagu Kebangsaan Negara ASEAN

Lagu Kebangsaan Negara ASEAN

ASEAN atau Association of Southeast Asian Nations merupakan sebuah organisasi kerjasama antar negara di kawasan Asia Tenggara. Terdiri dari 10 negara, masing-masing memiliki kebudayaan, bahasa dan tentunya lagu kebangsaan yang unik dan berbeda.

1. Indonesia – Indonesia Raya

Indonesia Raya merupakan lagu kebangsaan Indonesia yang diciptakan oleh W.R. Supratman pada tahun 1928. Lagu ini menjadi lambang kebanggaan seluruh rakyat Indonesia dan sering dinyanyikan pada acara-acara resmi, seperti upacara bendera dan peringatan hari kemerdekaan.

2. Malaysia – Negaraku

Negaraku adalah lagu kebangsaan Malaysia yang ditulis oleh Tunku Abdul Rahman pada tahun 1957. Lagu ini menceritakan tentang keindahan alam dan keberagaman budaya di Malaysia.

3. Singapura – Majulah Singapura

Majulah Singapura adalah lagu kebangsaan Singapura yang diciptakan oleh Zubir Said pada tahun 1958. Lagu ini menggambarkan semangat kebangsaan dan kemajuan Singapura sebagai negara maju di Asia Tenggara.

4. Thailand – Phleng Chat Thai

Phleng Chat Thai adalah lagu kebangsaan Thailand yang diciptakan pada tahun 1932. Lagu ini menceritakan tentang keindahan alam dan kebesaran kerajaan Thailand.

5. Filipina – Lupang Hinirang

Lupang Hinirang adalah lagu kebangsaan Filipina yang diciptakan oleh Julian Felipe pada tahun 1898. Lagu ini menjadi simbol kebanggaan rakyat Filipina dan sering dinyanyikan pada acara-acara resmi seperti upacara bendera dan peringatan hari kemerdekaan.

6. Brunei Darussalam – Allah Peliharakan Sultan

Allah Peliharakan Sultan adalah lagu kebangsaan Brunei Darussalam yang diciptakan pada tahun 1951. Lagu ini menceritakan tentang kebesaran Sultan Brunei dan kesetiaan rakyat kepada negara.

7. Vietnam – Tiến Quân Ca

Tiến Quân Ca adalah lagu kebangsaan Vietnam yang diciptakan pada tahun 1944. Lagu ini menggambarkan semangat perjuangan rakyat Vietnam untuk merdeka dari penjajahan.

8. Laos – Pheng Xat Lao

Pheng Xat Lao adalah lagu kebangsaan Laos yang diciptakan pada tahun 1945. Lagu ini menceritakan tentang semangat perjuangan dan kebesaran negara Laos.

9. Myanmar – Kaba Ma Kyei

Kaba Ma Kyei adalah lagu kebangsaan Myanmar yang diciptakan pada tahun 1947. Lagu ini menceritakan tentang semangat perjuangan rakyat Myanmar untuk merdeka dari penjajahan Inggris.

10. Kamboja – Nokoreach

Nokoreach adalah lagu kebangsaan Kamboja yang diciptakan pada tahun 1941. Lagu ini menceritakan tentang kebesaran kerajaan Kamboja dan semangat perjuangan rakyat untuk merdeka dari penjajahan.

Kesimpulan

Lagu kebangsaan negara-negara ASEAN memiliki makna dan arti yang berbeda-beda namun semuanya memiliki tujuan yang sama, yaitu menggambarkan semangat kebangsaan dan kecintaan rakyat terhadap negaranya masing-masing. Lagu-lagu kebangsaan ini menjadi lambang kebesaran dan kebanggaan bagi seluruh rakyat ASEAN.

Artikel Lagu Kebangsaan Negara ASEAN

© Copyright 2023 TEKNOBGT.COM