TEKNOBGT
Ayat Alquran Tentang Aqidah
Ayat Alquran Tentang Aqidah

Ayat Alquran Tentang Aqidah

Islam adalah agama yang penuh dengan ajaran dan kepercayaan yang harus dipegang teguh oleh umatnya. Aqidah atau keyakinan adalah salah satu hal yang harus dimiliki oleh setiap muslim. Aqidah ini menjadi dasar atau pondasi dalam menjalankan ibadah dan menghadapi kehidupan. Dalam Alquran, terdapat banyak ayat yang membahas tentang aqidah. Berikut adalah beberapa ayat Alquran tentang aqidah:

1. Ayat Tentang Keimanan

Surah Al-Baqarah ayat 285 menyampaikan tentang pentingnya beriman kepada Allah dan para rasul-Nya. Ayat ini juga mengajarkan tentang rasa takut dan pengharapan pada Allah sebagai bentuk keimanan yang kuat.

“Amanar-rasulu bima unzila ilaihi mir-rabbihi wal-mu’minun, kullun amana billahi wa mala’ikatihi wa kutubihi wa rusulih, la nufarriqu baina ahadim-mir rusulih, wa qalu sami’na wa ata’na, ghufranaka rabbana wa ilaikal masir”

Artinya: “Rasul telah beriman kepada apa yang diturunkan kepadanya dari Tuhannya, demikian pula orang-orang yang beriman. Semua beriman kepada Allah, malaikat-malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya dan rasul-rasul-Nya. Kami tidak membeda-bedakan antara seorangpun dari rasul-rasul-Nya. Mereka berkata, ‘Kami dengar dan kami taat.’ Ampunilah kami Tuhan kami, dan kepada-Mulah tempat kembali”.

2. Ayat Tentang Tauhid

Tauhid adalah konsep tentang keesaan Allah yang harus dipahami oleh setiap muslim. Surah Al-Ikhlas ayat 1-4 menjadi salah satu ayat Alquran yang membahas tentang tauhid.

“Qul huwal-lahu ahad, allahus-samad, lam yalid wa lam yulad, wa lam yakul-lahu kufuwan ahad”

Artinya: “Katakanlah (Muhammad), Dia-lah Allah, Yang Maha Esa. Allah adalah Tuhan yang bergantung kepada-Nya segala sesuatu. Dia tidak beranak dan tidak pula diperanakkan. Dan tidak ada seorangpun yang setara dengan Dia”.

3. Ayat Tentang Hari Kiamat

Hari kiamat adalah kepercayaan penting dalam aqidah Islam. Surah Al-Qiyamah ayat 1-4 membahas tentang kejadian pada hari kiamat yang harus dipercayai oleh setiap muslim.

“La uqsimu biyaumil qiyamah, wa la uqsimu biin nafsil lawwamah, ala-ahsabil-laili iza yasr, halmud-dabbah ma aaqulam, fa waailul-lil musallin, allazina hum an salatihim sahoon”

Artinya: “Demi hari kiamat, dan demi jiwa yang menyesal, (yaitu) pada saat malam yang hampir berakhir, dan pada saat binatang-binatang buas berkeliaran dan pada saat manusia berkumpul dalam keadaan lengah dan lalai dari shalatnya.”

4. Ayat Tentang Pengampunan Dosa

Islam mengajarkan pentingnya meminta pengampunan atas dosa yang dilakukan. Surah Az-Zumar ayat 53-54 menyampaikan tentang pentingnya memohon ampun dan taubat kepada Allah.

“Katakanlah: “Hai hamba-hamba-Ku yang melampaui batas terhadap diri mereka sendiri, janganlah kamu berputus asa dari rahmat Allah. Sesungguhnya Allah mengampuni dosa-dosa semuanya. Sesungguhnya Dialah Yang Maha Pengampun lagi Maha Penyayang”

Artinya: “Katakanlah, “Hai hamba-hamba-Ku yang melampaui batas terhadap diri mereka sendiri, janganlah kamu berputus asa dari rahmat Allah. Sesungguhnya Allah mengampuni dosa-dosa semuanya. Sesungguhnya Dialah Yang Maha Pengampun lagi Maha Penyayang”.

5. Ayat Tentang Kepercayaan Kepada Rasul

Rasul adalah utusan Allah yang harus dipercayai oleh setiap muslim. Surah Al-A’raf ayat 157 menyampaikan tentang pentingnya mempercayai Rasulullah sebagai utusan Allah.

“Lathee yattabi’u alrrasoola alnnabiyya allathee yajiduhu maktooban ‘indahum fee alttawrati waal-injeeli ya’muruhum bialma’rufi wayanhawhum ‘ani almunkari wayuhillu lahumu alttayyibati wayuharrimu ‘alayhimu alkhaba’itha wayada’u ‘anhum israhum waal-aghlala allatee kana tahlifoona ilayha man amana minhum waa’mila salihan faolaika humu almuflihoona”

Artinya: “(yaitu) orang yang mengikuti Rasul, Nabi yang ummi, yang dirinya mereka dapati tertulis di dalam Taurat dan Injil (yang ada) pada mereka. Dia menyuruh mereka berbuat yang ma’ruf dan mencegah mereka dari yang mungkar dan menghalalkan bagi mereka segala yang baik dan mengharamkan bagi mereka segala yang buruk serta membebaskan mereka dari beban-beban dan belenggu yang ada pada mereka. Maka orang-orang yang beriman kepadanya, memuliakannya, menolongnya dan mengikuti cahayanya yang terang, mereka itulah orang-orang yang beruntung”.

Kesimpulan

Keimanan, tauhid, hari kiamat, pengampunan dosa, dan kepercayaan kepada Rasul merupakan beberapa hal yang harus dipahami oleh setiap muslim dalam aqidah. Dalam Alquran, terdapat banyak ayat yang membahas tentang aqidah ini. Sebagai muslim, kita harus senantiasa memperdalam pemahaman tentang aqidah agar dapat menjalankan ibadah dengan benar dan memperoleh keberkahan dari Allah SWT.

Artikel Ayat Alquran Tentang Aqidah

© Copyright 2023 TEKNOBGT.COM