TEKNOBGT
Contoh Idzhar dalam Al Quran
Contoh Idzhar dalam Al Quran

Contoh Idzhar dalam Al Quran

Idzhar adalah salah satu dari tujuh huruf hijaiyah yang digunakan dalam bahasa Arab. Huruf ini memiliki suara konsonan yang keras, serupa dengan huruf “z” dalam bahasa Inggris. Dalam Al Quran, ada banyak contoh penggunaan idzhar. Berikut adalah beberapa di antaranya:

1. Surat Al-An’am ayat 52

“Dan janganlah kamu makan dari apa yang tidak disebut nama Allah, karena sesungguhnya itu adalah perbuatan fasik. Dan sesungguhnya setan itu membisikkan kepada kawannya agar memperbantah kamu. Jika kamu mengikuti mereka, maka sesungguhnya kamu adalah orang-orang yang musyrik.”

Dalam ayat ini, terdapat kata “bismillah” yang berarti “dengan nama Allah”. Idzhar digunakan pada huruf “z” dalam kata “bismillah”.

2. Surat Al-Mujadilah ayat 9

“Hai orang-orang yang beriman, apabila kalian bermusyawarah untuk urusan penting, maka hendaklah kamu menyebut nama Allah dalam musyawarahmu itu. Maka akan lebih baik bagimu dan akan lebih lurus jalannya. Jika kamu tidak mengetahui, maka tanyalah orang yang ahli.”

Dalam ayat ini, terdapat kata “Allah” yang diucapkan dengan idzhar pada huruf “z”.

3. Surat Al-Isra ayat 110

“Katakanlah: ‘Terangkanlah jika kamu mengetahui, barang siapa yang di dalam langit dan di bumi yang memiliki ilmu tentang yang ghaib.’ Tidak ada yang mengetahui tentang yang ghaib kecuali Allah. Dan mereka tidak mengetahui kapan mereka akan dibangkitkan.”

Dalam ayat ini, terdapat kata “ghaib” yang diucapkan dengan idzhar pada huruf “z”.

4. Surat Al-Fatihah ayat 2

“Segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam.”

Dalam ayat ini, terdapat kata “Allah” yang diucapkan dengan idzhar pada huruf “z”.

5. Surat Al-Furqan ayat 60

“Dan apabila dikatakan kepada mereka: ‘Sujudlah kamu kepada Yang Maha Pemurah,’ mereka menjawab: ‘Siapakah yang Maha Pemurah? Apakah yang kamu maksudkan itu?’ Sesungguhnya yang demikian itu adalah ayat-ayat Tuhan, dan sesungguhnya aku adalah seorang pemberi peringatan yang terang.”

Dalam ayat ini, terdapat kata “rahman” yang diucapkan dengan idzhar pada huruf “z”.

6. Surat Al-Anbiya ayat 87

“Dan (ingatlah) Dzun Nun (Yunus), ketika ia pergi dalam keadaan marah dan dia menyangka bahwa Kami tidak akan memperdayakannya, Maka ia berteriak dalam kegelapan: ‘Tidak ada Tuhan selain Engkau, Maha Suci Engkau, sesungguhnya aku termasuk orang yang zalim’.”

Dalam ayat ini, terdapat kata “zalim” yang diucapkan dengan idzhar pada huruf “z”.

7. Surat Al-Maidah ayat 72

“Sesungguhnya orang-orang yang berkata: ‘Sesungguhnya Allah adalah Al Masih putra Maryam’ adalah kafir. Katakanlah: ‘Maka siapakah yang dapat menghalangi kehendak Allah jika Dia hendak membinasakan Al Masih putra Maryam, ibunya dan seluruh orang-orang yang ada di bumi?’ Dan kepunyaan Allahlah kerajaan langit dan bumi dan apa yang ada di antara keduanya. Dia menciptakan apa yang dikehendaki-Nya. Dan Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu.”

Dalam ayat ini, terdapat kata “kafir” yang diucapkan dengan idzhar pada huruf “z”.

8. Surat Al-Baqarah ayat 208

“Hai orang-orang yang beriman, masuklah kamu ke dalam Islam keseluruhan, dan janganlah kamu mengikuti langkah-langkah syaitan. Sesungguhnya syaitan itu musuh yang nyata bagimu.”

Dalam ayat ini, terdapat kata “syaitan” yang diucapkan dengan idzhar pada huruf “z”.

9. Surat Al-Baqarah ayat 163

“Dan Tuhanmu adalah Tuhan yang satu, tidak ada Tuhan selain Dia, Yang Maha Pengasih, lagi Maha Penyayang.”

Dalam ayat ini, terdapat kata “Pengasih” yang diucapkan dengan idzhar pada huruf “z”.

10. Surat Al-Baqarah ayat 42

“Dan janganlah kamu campur adukkan kebenaran dengan kebatilan dan janganlah kamu sembunyikan kebenaran, sedang kamu mengetahui.”

Dalam ayat ini, terdapat kata “kebenaran” yang diucapkan dengan idzhar pada huruf “z”.

11. Surat An-Nisa ayat 36

“Sembahlah Allah dan janganlah kamu mempersekutukan-Nya dengan sesuatu pun. Dan berbuat baiklah kepada kedua orang tua, karib-kerabat, anak-anak yatim, orang-orang miskin, tetangga yang dekat dan tetangga yang jauh, dan teman sejawat, ibnu sabil dan hamba sahayamu. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang sombong dan membanggakan diri.”

Dalam ayat ini, terdapat kata “Allah” yang diucapkan dengan idzhar pada huruf “z”.

12. Surat An-Nisa ayat 94

“Hai orang-orang yang beriman, apabila kamu berperang di jalan Allah, maka telitilah dan janganlah kamu mengatakan kepada orang yang memberikan salam kepadamu: ‘Kamu bukan seorang mukmin,’ dengan maksud mencari kesenangan hidup di dunia ini. Sungguh, dengan Allah ada harta yang berlimpah. Demikianlah kamu dahulu, akan tetapi Allah berlaku baik kepadamu, maka telitilah. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.”

Dalam ayat ini, terdapat kata “Allah” yang diucapkan dengan idzhar pada huruf “z”.

13. Surat Al-Baqarah ayat 7

“Allah telah menutupi beberapa hati mereka dan beberapa telinga mereka, dan menutupi penglihatan mereka. Mereka akan menerima siksa yang pedih.”

Dalam ayat ini, terdapat kata “menutupi” yang diucapkan dengan idzhar pada huruf “z”.

14. Surat Al-Baqarah ayat 221

“Dan janganlah kamu kawinkan orang-orang musyrik (dengan wanita-wanita mukminah) sebelum mereka beriman. Sesungguhnya hamba sahaya yang beriman lebih baik dari orang musyrik, walaupun dia menarik hatimu. Dan janganlah kamu kawinkan (wanita mukminah) dengan orang musyrik sebelum mereka beriman. Sesungguhnya hamba sahaya yang beriman lebih baik dari orang musyrik, walaupun dia menarik hatimu. Mereka mengajak ke neraka, sedangkan Allah mengajak ke surga dan ampunan dengan izin-Nya. Dan Allah menjelaskan ayat-ayat-Nya kepada manusia supaya mereka mengambil pelajaran.”

Dalam ayat ini, terdapat kata “musyrik” yang diucap

Artikel Contoh Idzhar dalam Al Quran

© Copyright 2023 TEKNOBGT.COM