TEKNOBGT
Hewan Vertebrata Adalah: Pengertian, Ciri, dan Contoh
Hewan Vertebrata Adalah: Pengertian, Ciri, dan Contoh

Hewan Vertebrata Adalah: Pengertian, Ciri, dan Contoh

Hewan vertebrata adalah kelompok hewan yang memiliki rangka dalam (vertebrata) atau tulang belakang. Kelompok hewan ini termasuk ke dalam filum Chordata dan memiliki banyak spesies yang tersebar di seluruh dunia. Berikut adalah penjelasan lengkap mengenai hewan vertebrata.

Pengertian Hewan Vertebrata

Hewan vertebrata adalah kelompok hewan yang memiliki rangka dalam atau tulang belakang. Rangka dalam ini terdiri dari tulang belakang yang melindungi sumsum tulang belakang, dan tulang rusuk yang melindungi organ-organ dalam. Selain itu, hewan vertebrata juga memiliki kepala, kaki, dan anggota tubuh lainnya yang terdiri dari tulang.

Beberapa contoh hewan vertebrata antara lain adalah ikan, amfibi, reptil, burung, dan mamalia. Kelompok hewan ini memiliki ciri khas yang membedakannya dari kelompok hewan lainnya.

Ciri-ciri Hewan Vertebrata

Beberapa ciri-ciri hewan vertebrata adalah sebagai berikut:

  1. Mempunyai tulang belakang atau rangka dalam
  2. Mempunyai kepala dan anggota tubuh yang berbentuk tulang
  3. Mempunyai sistem saraf yang berkembang dengan baik dan terpusat pada sumsum tulang belakang
  4. Mempunyai sistem pernapasan yang terdiri dari paru-paru atau insang
  5. Mempunyai sistem pencernaan yang terdiri dari mulut, kerongkongan, lambung, usus, dan anus
  6. Berkembang biak secara seksual

Ciri-ciri ini membedakan hewan vertebrata dengan kelompok hewan lainnya seperti hewan invertebrata yang tidak memiliki rangka dalam.

Contoh Hewan Vertebrata

Berikut adalah contoh hewan vertebrata dan ciri khasnya:

1. Ikan

Ikan adalah hewan yang hidup di air. Mereka memiliki sisik yang melindungi tubuhnya dan sirip untuk berenang. Ikan bernapas dengan insang dan berkembang biak dengan bertelur.

2. Amfibi

Amfibi adalah hewan yang dapat hidup di air dan darat. Contoh amfibi adalah katak dan salamander. Mereka memiliki kulit yang lembab dan dapat bernapas melalui kulit. Amfibi berkembang biak dengan bertelur.

3. Reptil

Reptil adalah hewan yang memiliki sisik yang melindungi tubuhnya. Contoh reptil antara lain kadal, ular, dan kura-kura. Reptil berkembang biak dengan bertelur.

4. Burung

Burung adalah hewan yang memiliki bulu yang melindungi tubuhnya dan sayap untuk terbang. Burung bernapas dengan paru-paru dan berkembang biak dengan bertelur.

5. Mamalia

Mamalia adalah hewan yang memiliki bulu atau rambut yang melindungi tubuhnya dan memiliki kelenjar susu untuk menyusui anaknya. Contoh mamalia antara lain sapi, kucing, dan manusia. Mamalia berkembang biak dengan melahirkan.

Kesimpulan

Hewan vertebrata adalah kelompok hewan yang memiliki rangka dalam atau tulang belakang. Berbagai contoh hewan vertebrata memiliki ciri-ciri yang membedakannya dengan kelompok hewan lainnya seperti invertebrata. Memahami ciri khas dan contoh hewan vertebrata dapat membantu kita mempelajari dan mengenal lebih jauh tentang dunia hewan.

Artikel Hewan Vertebrata Adalah: Pengertian, Ciri, dan Contoh

© Copyright 2023 TEKNOBGT.COM