Doa Setelah Membaca Al-Quran
Doa Setelah Membaca Al-Quran

Doa Setelah Membaca Al-Quran

Setelah membaca Al-Quran, kita dianjurkan untuk membaca doa agar mendapatkan keberkahan dan pahala yang berlipat-lipat. Doa setelah membaca Al-Quran ini bisa kita baca dalam bahasa Arab atau bahasa Indonesia. Berikut ini beberapa doa setelah membaca Al-Quran yang bisa kita amalkan:

1. Doa Setelah Membaca Al-Quran Dalam Bahasa Arab

Doa setelah membaca Al-Quran dalam bahasa Arab adalah:

اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ بِرَحْمَتِكَ الَّتِي وَسِعَتْ كُلَّ شَيْءٍ، أَنْ تَغْفِرَ لِي

Artinya: “Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepada-Mu dengan rahmat-Mu yang meliputi segala sesuatu, agar Engkau mengampuni dosa-dosaku.”

2. Doa Setelah Membaca Al-Quran Dalam Bahasa Indonesia

Doa setelah membaca Al-Quran dalam bahasa Indonesia adalah:

Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepada-Mu dengan rahmat-Mu yang meliputi segala sesuatu, agar Engkau mengampuni dosa-dosaku.

3. Keutamaan Membaca Al-Quran dan Doa Setelah Membaca Al-Quran

Membaca Al-Quran memiliki banyak keutamaan. Salah satunya adalah mendapatkan pahala yang berlipat-lipat. Selain itu, kita juga dianjurkan untuk membaca doa setelah membaca Al-Quran agar mendapatkan keberkahan dan pahala yang lebih besar.

Doa setelah membaca Al-Quran juga bisa membantu kita untuk memperbaiki hati dan meningkatkan keimanan. Dengan membaca doa, kita akan lebih merasa dekat dengan Allah SWT dan semakin taat dalam menjalankan ibadah-ibadah lainnya.

4. Doa Setelah Membaca Al-Quran untuk Orang yang Sudah Meninggal

Selain untuk diri sendiri, kita juga bisa membaca doa setelah membaca Al-Quran untuk orang yang sudah meninggal. Doa tersebut adalah:

اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِحَيِّنَا وَمَيِّتِنَا وَشَاهِدِنَا وَغَائِبِنَا وَصَغِيرِنَا وَكَبِيرِنَا وَذَكَرِنَا وَأُنْثَانَا، اللَّهُمَّ مَنْ أَحْيَيْتَهُ مِنَّا فَأَحْيِهِ عَلَى الإِسْلاَمِ، وَمَنْ تَوَفَّيْتَهُ مِنَّا فَتَوَفَّهُ عَلَى الإِيمَانِ، اللَّهُمَّ لاَ تَحْرِمْنَا أَجْرَهُ وَلاَ تُضِلَّنَا بَعْدَهُ

Artinya: “Ya Allah, ampunilah orang yang masih hidup dan yang sudah meninggal, yang hadir dan yang tidak hadir, yang kecil dan yang besar, yang laki-laki dan yang perempuan, ya Allah, berikanlah hidayah kepada orang yang masih hidup di antara kami agar tetap di atas Islam, dan berikanlah iman kepada orang yang sudah meninggal di antara kami, ya Allah, janganlah Engkau menghalangi kami dari pahalanya dan janganlah kami tersesat setelahnya.”

5. Doa Setelah Membaca Al-Quran untuk Kebaikan Dunia dan Akhirat

Doa setelah membaca Al-Quran juga bisa kita baca untuk memohon kebaikan dunia dan akhirat. Doa tersebut adalah:

اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ العَفْوَ وَالعَافِيَةَ فِي الدُّنْيَا وَالآخِرَةِ، اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ العَفْوَ وَالعَافِيَةَ فِي دِينِي وَدُنْيَايَ وَأَهْلِي وَمَالِي، اللَّهُمَّ اسْتُرْ عَوْرَاتِي وَآمِنْ رَوْعَاتِي، اللَّهُمَّ احْفَظْنِي مِنْ بَيْنِ يَدَيَّ وَمِنْ خَلْفِي وَعَنْ يَمِينِي وَعَنْ شِمَالِي وَمِنْ فَوْقِي وَأَعُوذُ بِعَظَمَتِكَ أَنْ أُغْتَالَ مِنْ تَحْتِي

Artinya: “Ya Allah, aku memohon kepadamu ampunan dan keselamatan di dunia dan akhirat. Ya Allah, aku memohon kepadamu ampunan dan keselamatan dalam agamaku, dunia dan keluargaku, serta harta milikku. Ya Allah, tutuplah auratku dan jaga keselamatan diriku. Ya Allah, peliharalah aku dari depan, belakang, kanan, kiri, serta atasku. Aku berlindung dengan kebesaran-Mu agar tidak diserang dari bawahku.”

6. Doa Setelah Membaca Al-Quran untuk Kesehatan dan Keberkahan

Doa setelah membaca Al-Quran juga bisa kita baca untuk memohon kesehatan dan keberkahan. Doa tersebut adalah:

اللهم إني أسألك العافية في الدنيا والآخرة، اللهم إني أسألك العافية في ديني ودنياي وأهلي ومالي، اللهم استر عوراتي وآمن روعاتي، اللهم احفظني من بين يدي ومن خلفي وعن يميني وعن شمالي ومن فوقي وأعوذ بعظمتك أن أغتال من تحتي

Artinya: “Ya Allah, aku memohon kepadamu kesehatan di dunia dan akhirat. Ya Allah, aku memohon kepadamu kesehatan dalam agamaku, dunia dan keluargaku, serta harta milikku. Ya Allah, tutuplah auratku dan jaga keselamatan diriku. Ya Allah, peliharalah aku dari depan, belakang, kanan, kiri, serta atasku. Aku berlindung dengan kebesaran-Mu agar tidak diserang dari bawahku.”

Kesimpulan

Setelah membaca Al-Quran, kita dianjurkan untuk membaca doa agar mendapatkan keberkahan dan pahala yang berlipat-lipat. Doa setelah membaca Al-Quran ini bisa kita baca dalam bahasa Arab atau bahasa Indonesia. Selain itu, membaca doa setelah membaca Al-Quran juga bisa membantu kita untuk memperbaiki hati dan meningkatkan keimanan. Kita juga bisa membaca doa setelah membaca Al-Quran untuk orang yang sudah meninggal, memohon kebaikan dunia dan akhirat, serta memohon kesehatan dan keberkahan.

Artikel Doa Setelah Membaca Al-Quran

© Copyright 2023 TEKNOBGT.COM