Waktu Pelaksanaan Zakat Fitrah Adalah Pada Bulan
Waktu Pelaksanaan Zakat Fitrah Adalah Pada Bulan

Waktu Pelaksanaan Zakat Fitrah Adalah Pada Bulan

Bagi umat Muslim, zakat fitrah adalah salah satu kewajiban yang harus dilakukan setiap tahunnya. Zakat fitrah sendiri merupakan zakat yang diberikan pada bulan Ramadan sebagai bentuk rasa syukur atas nikmat yang telah diberikan oleh Allah SWT.

Waktu Pelaksanaan Zakat Fitrah

Waktu pelaksanaan zakat fitrah adalah pada bulan Ramadan, tepatnya sebelum hari raya Idul Fitri. Pada saat itulah umat Muslim dianjurkan untuk menunaikan kewajiban zakat fitrah sebagai bentuk rasa syukur dan pengampunan dosa selama bulan puasa.

Menurut hadits yang diriwayatkan oleh Abu Dawud, zakat fitrah harus dikeluarkan sebelum shalat Idul Fitri dilaksanakan. Hal ini bertujuan agar orang yang berhak menerima zakat fitrah dapat menerima dan memanfaatkannya untuk memenuhi kebutuhan selama hari raya.

Besaran Zakat Fitrah

Besaran zakat fitrah sendiri pada umumnya adalah satu mud. Satu mud sendiri setara dengan 2,5 kilogram beras atau makanan pokok lainnya yang biasa dikonsumsi di daerah tersebut.

Ketika besaran zakat fitrah ini dihitung dengan uang, maka besarnya adalah harga satu mud beras atau makanan pokok tersebut di daerah setempat. Sebagai contoh, jika harga satu mud beras di daerah tersebut sebesar Rp. 10.000, maka besaran zakat fitrah yang harus dikeluarkan adalah Rp. 10.000.

Siapa yang Berhak Menerima Zakat Fitrah?

Orang yang berhak menerima zakat fitrah sendiri adalah orang-orang yang membutuhkan, seperti fakir miskin, yatim piatu, janda, dan kaum dhuafa lainnya. Hal ini sesuai dengan sabda Rasulullah SAW yang diriwayatkan oleh Abu Dawud, “Berilah zakat fitrah kepada orang-orang miskin di antara kamu, karena hal itu menjadi penyucian bagi orang yang berpuasa.”

Sebagai umat Muslim yang taat, kita harus memastikan bahwa zakat fitrah yang dikeluarkan benar-benar sampai kepada orang yang berhak menerimanya. Oleh karena itu, sebaiknya kita menyalurkan zakat fitrah melalui lembaga-lembaga yang terpercaya atau langsung menyerahkannya kepada orang yang membutuhkan.

Keutamaan Membayar Zakat Fitrah

Membayar zakat fitrah memiliki banyak keutamaan, di antaranya adalah sebagai berikut:

  1. Membantu menyelesaikan masalah sosial dan kemiskinan di masyarakat.
  2. Menghapuskan dosa-dosa yang dilakukan selama bulan Ramadan.
  3. Menunjukkan rasa syukur kita kepada Allah SWT atas nikmat yang telah diberikan.
  4. Menjalin silaturahmi antar sesama umat Muslim.
  5. Menjadi bentuk pengendalian diri dan pembiasaan dalam beramal.

Penutup

Berikanlah zakat fitrah pada waktunya dan pastikan bahwa zakat tersebut sampai kepada orang yang berhak menerimanya. Semoga Allah SWT menerima amal ibadah kita dan memuliakan kita di dunia dan akhirat. Aamiin.

Artikel Waktu Pelaksanaan Zakat Fitrah Adalah Pada Bulan

© Copyright 2023 TEKNOBGT.COM