20 Gerakan Pencak Silat Beserta Namanya
20 Gerakan Pencak Silat Beserta Namanya

20 Gerakan Pencak Silat Beserta Namanya

Pencak Silat adalah seni bela diri yang berasal dari Indonesia. Gerakan-gerakan dalam pencak silat sangat beragam dan memiliki nama-nama yang berbeda. Berikut ini adalah 20 gerakan pencak silat beserta namanya.

1. Gerakan Tendangan

Gerakan tendangan dalam pencak silat terdiri dari berbagai macam jenis, seperti tendangan depan, tendangan samping, tendangan belakang, dan lain-lain. Tendangan depan dinamakan “tendangan depan”, tendangan samping dinamakan “tendangan samping”, dan tendangan belakang dinamakan “tendangan belakang”.

2. Gerakan Pukulan

Gerakan pukulan dalam pencak silat juga sangat beragam, seperti pukulan depan, pukulan samping, dan lain-lain. Pukulan depan dinamakan “pukulan depan”, pukulan samping dinamakan “pukulan samping”.

3. Gerakan Tangan Kosong

Gerakan tangan kosong dalam pencak silat meliputi berbagai macam teknik, seperti tebasan, tusukan, dan lain-lain. Teknik tebasan dinamakan “tebasan”, teknik tusukan dinamakan “tusukan”.

4. Gerakan Tangkisan

Gerakan tangkisan dalam pencak silat adalah gerakan untuk menangkis serangan lawan. Gerakan tangkisan dinamakan “tangkisan”.

5. Gerakan Lompatan

Gerakan lompatan dalam pencak silat adalah gerakan untuk melompat dan menyerang lawan. Gerakan lompatan dinamakan “lompatan”.

6. Gerakan Lemparan

Gerakan lemparan dalam pencak silat adalah gerakan untuk melempar lawan. Gerakan lemparan dinamakan “lemparan”.

7. Gerakan Serangan Ganda

Gerakan serangan ganda dalam pencak silat adalah gerakan untuk menyerang lawan dengan dua serangan sekaligus. Gerakan serangan ganda dinamakan “serangan ganda”.

8. Gerakan Serangan Tiga Jari

Gerakan serangan tiga jari dalam pencak silat adalah gerakan untuk menyerang lawan dengan tiga jari sekaligus. Gerakan serangan tiga jari dinamakan “serangan tiga jari”.

9. Gerakan Serangan Lurus

Gerakan serangan lurus dalam pencak silat adalah gerakan untuk menyerang lawan dengan serangan lurus. Gerakan serangan lurus dinamakan “serangan lurus”.

10. Gerakan Serangan Melengkung

Gerakan serangan melengkung dalam pencak silat adalah gerakan untuk menyerang lawan dengan serangan melengkung. Gerakan serangan melengkung dinamakan “serangan melengkung”.

11. Gerakan Guling

Gerakan guling dalam pencak silat adalah gerakan untuk menghindar dari serangan lawan dengan cara berguling. Gerakan guling dinamakan “guling”.

12. Gerakan Elakan

Gerakan elakan dalam pencak silat adalah gerakan untuk menghindar dari serangan lawan dengan cara mengelak. Gerakan elakan dinamakan “elakan”.

13. Gerakan Sikuan

Gerakan sikuan dalam pencak silat adalah gerakan untuk menangkis serangan lawan dengan menggunakan kaki. Gerakan sikuan dinamakan “sikuan”.

14. Gerakan Tendangan Lutut

Gerakan tendangan lutut dalam pencak silat adalah gerakan untuk menyerang lawan dengan tendangan lutut. Gerakan tendangan lutut dinamakan “tendangan lutut”.

15. Gerakan Tendangan Belakang

Gerakan tendangan belakang dalam pencak silat adalah gerakan untuk menyerang lawan dengan tendangan belakang. Gerakan tendangan belakang dinamakan “tendangan belakang”.

16. Gerakan Tendangan Depan

Gerakan tendangan depan dalam pencak silat adalah gerakan untuk menyerang lawan dengan tendangan depan. Gerakan tendangan depan dinamakan “tendangan depan”.

17. Gerakan Tendangan Samping

Gerakan tendangan samping dalam pencak silat adalah gerakan untuk menyerang lawan dengan tendangan samping. Gerakan tendangan samping dinamakan “tendangan samping”.

18. Gerakan Tendangan Gajah

Gerakan tendangan gajah dalam pencak silat adalah gerakan untuk menyerang lawan dengan tendangan gajah. Gerakan tendangan gajah dinamakan “tendangan gajah”.

19. Gerakan Tendangan Kuda-kuda

Gerakan tendangan kuda-kuda dalam pencak silat adalah gerakan untuk menyerang lawan dengan tendangan kuda-kuda. Gerakan tendangan kuda-kuda dinamakan “tendangan kuda-kuda”.

20. Gerakan Tendangan Belakang Kuda-kuda

Gerakan tendangan belakang kuda-kuda dalam pencak silat adalah gerakan untuk menyerang lawan dengan tendangan belakang kuda-kuda. Gerakan tendangan belakang kuda-kuda dinamakan “tendangan belakang kuda-kuda”.

Kesimpulan

Itulah 20 gerakan pencak silat beserta namanya yang bisa kamu pelajari. Namun, ingatlah bahwa pencak silat bukan hanya tentang teknik dan gerakan, tetapi juga tentang moral dan etika yang harus dijunjung tinggi. Oleh karena itu, pelajarilah pencak silat dengan sungguh-sungguh dan jangan lupa untuk menjaga etika dan moral dalam setiap latihan dan pertandingan.

Artikel 20 Gerakan Pencak Silat Beserta Namanya

© Copyright 2023 TEKNOBGT.COM