TEKNOBGT
Sebutan Bagi Seluruh Wilayah Kepulauan Indonesia
Sebutan Bagi Seluruh Wilayah Kepulauan Indonesia

Sebutan Bagi Seluruh Wilayah Kepulauan Indonesia

Indonesia adalah negara kepulauan terbesar di dunia dengan lebih dari 17.000 pulau. Setiap pulau memiliki sebutan yang berbeda tergantung dari daerahnya. Namun, ada beberapa sebutan yang umum digunakan di seluruh wilayah kepulauan Indonesia.

Pulau Jawa

Pulau Jawa adalah pulau terpadat di Indonesia dan merupakan pusat pemerintahan dan kebudayaan. Sebutan untuk pulau Jawa adalah Tanah Jawa atau Jawa Tengah karena letaknya di tengah-tengah Indonesia.

Di wilayah barat Jawa, terdapat provinsi Banten dan Jakarta yang juga memiliki sebutan tersendiri. Banten disebut sebagai Bumi Jawara yang berarti bumi pemenang, sedangkan Jakarta disebut sebagai Daerah Khusus Ibu Kota.

Pulau Sumatera

Pulau Sumatera merupakan pulau terbesar kedua di Indonesia. Sebutan untuk Sumatera adalah Tanah Melayu atau Andalas. Nama Andalas berasal dari kata Anak Darat Laut yang artinya anak dari daratan yang berbatasan dengan laut.

Di Sumatera Barat, terdapat Minangkabau yang merupakan suku asli dari daerah tersebut. Sebutan untuk Sumatera Barat adalah Ranah Minang atau Tanah Minangkabau.

Pulau Kalimantan

Pulau Kalimantan terdiri dari tiga provinsi yaitu Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, dan Kalimantan Timur. Sebutan untuk Kalimantan adalah Pulau Borneo. Nama Borneo berasal dari kata Brunei yang merupakan kerajaan yang pernah berkuasa di pulau tersebut.

Pulau Sulawesi

Pulau Sulawesi terdiri dari empat provinsi yaitu Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, dan Sulawesi Barat. Sebutan untuk Sulawesi adalah Tanah Bugis atau Tanah Toraja.

Di Sulawesi Selatan terdapat suku Bugis dan Makassar yang merupakan suku terbesar di daerah tersebut. Sebutan untuk Sulawesi Selatan adalah Tanah Bugis atau Tanah Makassar. Sedangkan di Sulawesi Tengah terdapat suku Toraja yang memiliki kebudayaan unik. Sebutan untuk Sulawesi Tengah adalah Tanah Toraja.

Pulau Bali

Pulau Bali terkenal dengan keindahan alamnya dan kebudayaannya yang khas. Sebutan untuk Bali adalah Pulau Seribu Pura karena terdapat banyak pura atau kuil Hindu di pulau tersebut.

Pulau Nusa Tenggara

Pulau Nusa Tenggara terdiri dari dua provinsi yaitu Nusa Tenggara Barat dan Nusa Tenggara Timur. Sebutan untuk Nusa Tenggara adalah Tanah Ende atau Tanah Flores.

Di Nusa Tenggara Timur terdapat suku Flores yang memiliki kebudayaan yang khas. Sebutan untuk Nusa Tenggara Timur adalah Tanah Flores atau Tanah Adonara.

Pulau Maluku

Pulau Maluku terdiri dari dua provinsi yaitu Maluku dan Maluku Utara. Sebutan untuk Maluku adalah Tanah Cengkeh atau Tanah Maluku.

Di Maluku Utara terdapat Ternate dan Tidore yang merupakan pusat perdagangan rempah-rempah pada zaman dahulu. Sebutan untuk Maluku Utara adalah Kepulauan Rempah.

Papua

Papua terdiri dari dua provinsi yaitu Papua dan Papua Barat. Sebutan untuk Papua adalah Tanah Papua atau Irian Jaya.

Di Papua terdapat suku Asmat dan Dani yang memiliki kebudayaan yang unik. Sebutan untuk Papua adalah Tanah Asmat atau Tanah Dani.

Kesimpulan

Indonesia memiliki sebutan yang beragam tergantung dari daerahnya. Namun, ada beberapa sebutan yang umum digunakan di seluruh wilayah kepulauan Indonesia seperti Tanah Jawa, Andalas, Pulau Borneo, Tanah Bugis, Tanah Toraja, Pulau Seribu Pura, Tanah Flores, Tanah Maluku, dan Tanah Papua. Mengetahui sebutan ini akan memudahkan kita dalam berinteraksi dengan orang-orang dari berbagai daerah di Indonesia.

Artikel Sebutan Bagi Seluruh Wilayah Kepulauan Indonesia

© Copyright 2023 TEKNOBGT.COM