Keutamaan Membaca Al-Quran

Membaca Al-Quran adalah salah satu ibadah yang sangat dianjurkan dalam agama Islam. Selain sebagai bentuk ibadah, membaca Al-Quran juga memiliki banyak keutamaan dan manfaat bagi kehidupan kita sebagai manusia. Berikut adalah beberapa keutamaan membaca Al-Quran.

1. Mendatangkan Ketenangan Hati

Saat membaca Al-Quran, kita akan merasakan ketenangan hati yang luar biasa. Hal ini karena Al-Quran mengandung ayat-ayat yang penuh dengan kebaikan dan kebijaksanaan. Dalam surat Ar-Ra’d ayat 28, Allah SWT berfirman, “Orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingat Allah hati menjadi tenteram.”

2. Menambah Keimanan dan Ketaqwaan

Membaca Al-Quran juga dapat meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kita kepada Allah SWT. Dalam surat Al-Baqarah ayat 2-3, Allah SWT berfirman, “Ini adalah Kitab yang tidak ada keraguan padanya, petunjuk bagi mereka yang bertakwa, yang beriman kepada yang gaib dan mendirikan shalat serta menafkahkan sebagian rezeki yang Kami berikan kepada mereka.”

3. Meningkatkan Kecerdasan dan Kecakapan Berbahasa Arab

Al-Quran ditulis dalam bahasa Arab, sehingga membaca Al-Quran juga dapat meningkatkan kecerdasan dan kecakapan berbahasa Arab kita. Dalam surat Yusuf ayat 2-3, Allah SWT berfirman, “Sesungguhnya Kami telah menurunkan Al-Quran dalam bahasa Arab agar kamu memahaminya.”

4. Mendapat Pahala yang Besar

Saat membaca Al-Quran, kita akan mendapat pahala yang besar dari Allah SWT. Dalam surat Al-Isra ayat 9, Allah SWT berfirman, “Sesungguhnya Al-Quran ini memberikan petunjuk kepada jalan yang lebih lurus dan memberikan berita gembira kepada orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh bahwa mereka akan mendapat pahala yang besar.”

5. Melindungi dari Bahaya dan Musibah

Membaca Al-Quran juga dapat memberikan perlindungan dari bahaya dan musibah. Dalam surat Al-Baqarah ayat 255, Allah SWT berfirman, “Allah, tidak ada Tuhan selain Dia, yang hidup kekal lagi terus menerus mengurus makhluk-Nya. Tidak mengantuk dan tidak tidur. Kepunyaan-Nya apa yang ada di langit dan di bumi. Siapakah yang dapat memberi syafa’at di sisi Allah tanpa izin-Nya? Allah mengetahui apa-apa yang di hadapan mereka dan di belakang mereka, dan mereka tidak mengetahui apa-apa dari ilmu Allah melainkan apa yang dikehendaki-Nya. Kursi Allah meliputi langit dan bumi. Dan Allah tidak merasa berat memelihara keduanya, dan Allah Maha Tinggi lagi Maha Besar.”

6. Meredakan Stress dan Depresi

Membaca Al-Quran juga dapat meredakan stress dan depresi yang kita alami. Dalam surat Ar-Ra’d ayat 28, Allah SWT berfirman, “Orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingat Allah hati menjadi tenteram.”

7. Mendapat Syafaat di Hari Akhirat

Saat kita membaca Al-Quran, kita akan mendapat syafaat di hari akhirat. Dalam surat Al-Isra ayat 82, Allah SWT berfirman, “Dan Kami turunkan dari Al-Quran apa yang menjadi penyembuh dan rahmat bagi orang-orang yang beriman, dan Al-Quran itu tidak menambah bagi orang-orang yang zalim selain kerugian.”

8. Menjadi Lebih Baik dari Sebelumnya

Membaca Al-Quran juga dapat membuat kita menjadi lebih baik dari sebelumnya. Dalam surat Al-Anfal ayat 2-4, Allah SWT berfirman, “Orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh, mereka itulah sebaik-baik makhluk. Mereka adalah orang-orang yang mendapat petunjuk dari Tuhan mereka, dan mereka itulah orang-orang yang beruntung.”

9. Menjadi Teladan bagi Orang Lain

Saat kita membaca Al-Quran dengan baik dan benar, kita akan menjadi teladan bagi orang lain. Dalam surat Al-Muzzammil ayat 20, Allah SWT berfirman, “Dan berpegang teguhlah kamu kepada Al-Quran itu, sesungguhnya kamu diberi petunjuk kepada jalan yang lurus.”

10. Mendapatkan Kedamaian Hidup

Membaca Al-Quran juga dapat memberikan kedamaian hidup bagi kita. Dalam surat Al-An’am ayat 126, Allah SWT berfirman, “Dan ini adalah jalan Tuhanku yang lurus. Sesungguhnya kebenaran itu datang dari Tuhanmu, maka janganlah kamu termasuk golongan yang meragukan.”

11. Menjauhkan dari Perbuatan Maksiat

Salah satu manfaat membaca Al-Quran adalah dapat menjauhkan kita dari perbuatan maksiat. Dalam surat Al-Isra ayat 32, Allah SWT berfirman, “Dan janganlah kamu mendekati perbuatan maksiat, baik yang nampak atau yang tersembunyi.”

12. Meningkatkan Kebaikan dan Kedermawanan

Saat kita membaca Al-Quran, kita akan merasakan peningkatan kebaikan dan kedermawanan dalam hidup kita. Dalam surat Al-Baqarah ayat 261, Allah SWT berfirman, “Perumpamaan orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir biji yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir terdapat seratus biji. Allah melipat gandakan ganjaran bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah Maha Luas karunia-Nya lagi Maha Mengetahui.”

13. Mendapatkan Berkah dalam Hidup

Membaca Al-Quran juga dapat memberikan berkah dalam hidup kita. Dalam surat Al-An’am ayat 155, Allah SWT berfirman, “Dan sesungguhnya ini adalah jalan-Ku yang lurus, maka ikutilah dia, dan janganlah kamu ikuti jalan-jalan yang lain, karena jalan-jalan yang lain itu akan menyimpang kamu dari jalan-Nya. Yang demikian itu diperintahkan Allah kepadamu supaya kamu bertakwa.”

14. Memperoleh Kebahagiaan Hidup

Membaca Al-Quran juga dapat memberikan kebahagiaan hidup bagi kita. Dalam surat Ar-Ra’d ayat 28, Allah SWT berfirman, “Orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingat Allah hati menjadi tenteram.”

15. Menjadi Lebih Bersemangat dalam Beribadah

Saat kita membaca Al-Quran, kita akan menjadi lebih bersemangat dalam beribadah. Dalam surat Al-An’am ayat 162, Allah SWT berfirman, “Katakanlah, ‘Sesungguhnya shalatku, ibadatku, hidupku, dan matiku hanyalah untuk Allah, Tuhan semesta alam.”

16. Mendapatkan Perlindungan dari Setan

Membaca Al-Quran juga dapat memberikan perlindungan dari setan. Dalam surat Al-Isra ayat 82, Allah SWT berfirman, “Dan Kami turunkan dari Al-Quran apa yang menjadi penyembuh dan rahmat bagi orang-orang yang beriman, dan Al-Quran itu tidak menambah bagi orang-orang yang zalim sel

Artikel Keutamaan Membaca Al-Quran

© Copyright 2023 TEKNOBGT.COM