TEKNOBGT
Gambar Alat Musik Tradisional Beserta Namanya
Gambar Alat Musik Tradisional Beserta Namanya

Gambar Alat Musik Tradisional Beserta Namanya

Indonesia memiliki beragam alat musik tradisional yang beraneka ragam dan unik. Setiap daerah di Indonesia memiliki alat musik tradisional yang berbeda-beda, namun semuanya mempunyai keunikan tersendiri. Berikut adalah gambar beberapa alat musik tradisional Indonesia beserta namanya.

1. Angklung

Angklung merupakan alat musik tradisional khas Sunda, Jawa Barat. Terbuat dari bambu yang berbentuk tabung dengan ukuran yang berbeda-beda. Caranya dimainkan dengan digoyangkan, sehingga menghasilkan bunyi yang merdu. Angklung digunakan dalam berbagai acara seperti upacara adat, hajatan, hingga pertunjukan musik.

2. Gong

Gong adalah alat musik tradisional yang berasal dari Bali. Gong terbuat dari bahan logam dengan ukuran yang berbeda-beda. Gong dimainkan dengan dipukul menggunakan palu yang berbeda-beda ukurannya. Gong sering digunakan dalam upacara adat seperti ngaben, meskipun sekarang sudah digunakan dalam pertunjukan musik modern.

3. Gamelan

Gamelan adalah alat musik tradisional khas Jawa yang terdiri dari beberapa jenis instrumen seperti gong, saron, kendang, dan lain sebagainya. Gamelan dimainkan dalam berbagai acara seperti upacara adat, pertunjukan musik, hingga acara pernikahan.

4. Sasando

Sasando adalah alat musik tradisional khas Nusa Tenggara Timur. Terbuat dari rotan yang disusun membentuk corong dengan ukuran yang berbeda-beda. Sasando dimainkan dengan cara dipetik, sehingga menghasilkan bunyi yang merdu. Sasando digunakan dalam berbagai acara seperti upacara adat, hingga pertunjukan musik.

5. Kolintang

Kolintang adalah alat musik tradisional khas Sulawesi Utara. Terdiri dari beberapa jenis instrumen seperti suling, gong, dan lain sebagainya. Kolintang dimainkan dengan cara dipukul menggunakan stik, sehingga menghasilkan bunyi yang merdu. Kolintang digunakan dalam berbagai acara seperti upacara adat dan pertunjukan musik.

6. Serunai

Serunai adalah alat musik tradisional khas Minangkabau, Sumatera Barat. Terbuat dari kayu dengan bentuk seperti terompet. Serunai dimainkan dengan cara ditiup, sehingga menghasilkan bunyi yang merdu. Serunai digunakan dalam berbagai acara seperti upacara adat, hingga pertunjukan musik.

7. Rebana

Rebana adalah alat musik tradisional khas Melayu. Terbuat dari bahan kayu dengan bentuk seperti drum. Rebana dimainkan dengan cara dipukul menggunakan tangan, sehingga menghasilkan bunyi yang merdu. Rebana digunakan dalam berbagai acara seperti upacara adat, hingga pertunjukan musik.

8. Saluang

Saluang adalah alat musik tradisional khas Minangkabau, Sumatera Barat. Terbuat dari bambu dengan bentuk seperti seruling. Saluang dimainkan dengan cara ditiup, sehingga menghasilkan bunyi yang merdu. Saluang digunakan dalam berbagai acara seperti upacara adat, hingga pertunjukan musik.

9. Talempong

Talempong adalah alat musik tradisional khas Minangkabau, Sumatera Barat. Terdiri dari beberapa jenis instrumen seperti gong, dan lain sebagainya. Talempong dimainkan dengan cara dipukul menggunakan stik, sehingga menghasilkan bunyi yang merdu. Talempong digunakan dalam berbagai acara seperti upacara adat dan pertunjukan musik.

10. Calung

Calung adalah alat musik tradisional khas Sunda, Jawa Barat. Terbuat dari bambu dengan bentuk seperti xylophone. Calung dimainkan dengan cara dipukul menggunakan stik, sehingga menghasilkan bunyi yang merdu. Calung digunakan dalam berbagai acara seperti upacara adat, hingga pertunjukan musik.

11. Rebab

Rebab adalah alat musik tradisional khas Betawi. Terbuat dari bahan kayu dengan bentuk seperti biola. Rebab dimainkan dengan cara digesek menggunakan busur, sehingga menghasilkan bunyi yang merdu. Rebab digunakan dalam berbagai acara seperti upacara adat, hingga pertunjukan musik.

12. Kendang

Kendang adalah alat musik tradisional khas Jawa yang terbuat dari bahan kayu atau kulit binatang. Kendang dimainkan dengan cara dipukul menggunakan tangan, sehingga menghasilkan bunyi yang merdu. Kendang digunakan dalam berbagai acara seperti upacara adat, hingga pertunjukan musik.

13. Kecapi

Kecapi adalah alat musik tradisional khas Sunda, Jawa Barat. Terbuat dari kayu dengan bentuk seperti gitar. Kecapi dimainkan dengan cara dipetik, sehingga menghasilkan bunyi yang merdu. Kecapi digunakan dalam berbagai acara seperti upacara adat, hingga pertunjukan musik.

14. Terbang

Terbang adalah alat musik tradisional khas Kalimantan Selatan. Terbuat dari kayu dan kulit binatang. Terbang dimainkan dengan cara dipukul menggunakan stik, sehingga menghasilkan bunyi yang merdu. Terbang digunakan dalam berbagai acara seperti upacara adat, hingga pertunjukan musik.

15. Suling

Suling adalah alat musik tradisional yang terbuat dari bambu dengan bentuk seperti seruling. Suling dimainkan dengan cara ditiup, sehingga menghasilkan bunyi yang merdu. Suling digunakan dalam berbagai acara seperti upacara adat, hingga pertunjukan musik.

16. Kendi

Kendi adalah alat musik tradisional yang terbuat dari tanah liat dengan ukuran yang berbeda-beda. Caranya dimainkan dengan cara ditiup pada bagian lehernya, sehingga menghasilkan bunyi yang merdu. Kendi digunakan dalam berbagai acara seperti upacara adat, hingga pertunjukan musik.

17. Bedug

Bedug adalah alat musik tradisional khas Jawa yang terbuat dari kayu atau kulit binatang. Bedug dimainkan dengan cara dipukul menggunakan stik, sehingga menghasilkan bunyi yang merdu. Bedug digunakan dalam berbagai acara seperti upacara adat, hingga pertunjukan musik.

18. Kompang

Kompang adalah alat musik tradisional khas Melayu. Terbuat dari kayu dengan bentuk seperti drum. Kompang dimainkan dengan cara dipukul menggunakan tangan, sehingga menghasilkan bunyi yang merdu. Kompang digunakan dalam berbagai acara seperti upacara adat, hingga pertunjukan musik.

19. Gong Kebyar

Gong Kebyar adalah alat musik tradisional khas Bali yang terdiri dari beberapa jenis instrumen seperti gong, kempur, ceng-ceng, dan lain sebagainya. Gong Kebyar dimainkan dalam berbagai acara seperti upacara adat, pertunjukan musik, hingga acara pernikahan.

20. Tifa

Tifa adalah alat musik tradisional khas Papua. Terbuat dari kulit binatang dan kayu dengan ukuran yang berbeda-beda. Tifa dimainkan dengan cara dipukul menggunakan tangan atau stik, sehingga menghasilkan bunyi yang merdu. Tifa digunakan dalam berbagai acara seperti upacara adat, hingga pertunjukan musik.

Kesimp

Artikel Gambar Alat Musik Tradisional Beserta Namanya

© Copyright 2023 TEKNOBGT.COM