Luas Permukaan Limas
Luas Permukaan Limas

Luas Permukaan Limas

Limas adalah bangun ruang tiga dimensi yang memiliki bentuk segitiga pada alas dan satu titik puncak. Luas permukaan limas adalah total area dari semua sisi yang membentuk limas tersebut.

Rumus Luas Permukaan Limas

Rumus luas permukaan limas adalah L = (Luas alas x 1/2 keliling alas) + (Luas segitiga sisi x jumlah sisi)

Luas alas adalah luas segitiga yang membentuk alas limas. Keliling alas adalah jumlah ketiga sisi segitiga tersebut. Luas segitiga sisi adalah luas dari segitiga yang membentuk sisi limas. Jumlah sisi adalah jumlah sisi segitiga pada limas.

Contoh Soal

Misalkan sebuah limas memiliki alas segitiga dengan panjang alas 6 cm dan tinggi alas 4 cm. Sisi limas memiliki panjang 5 cm. Berapakah luas permukaan limas tersebut?

Pertama-tama, kita dapat menggunakan rumus untuk mencari luas alas limas. Luas alas = 1/2 x alas x tinggi = 1/2 x 6 x 4 = 12 cm².

Selanjutnya, kita dapat mencari keliling alas dengan menjumlahkan ketiga sisi segitiga. Keliling alas = sisi A + sisi B + sisi C = 5 + 5 + 3 = 13 cm.

Setelah itu, kita dapat menggunakan rumus untuk mencari luas segitiga sisi. Luas segitiga sisi = 1/2 x alas x tinggi = 1/2 x 5 x 4 = 10 cm².

Terakhir, kita dapat menghitung luas permukaan limas dengan menggunakan rumus L = (Luas alas x 1/2 keliling alas) + (Luas segitiga sisi x jumlah sisi) = (12 x 1/2 x 13) + (10 x 4) = 98 cm².

Kesimpulan

Dalam menghitung luas permukaan limas, kita perlu menggunakan rumus yang sesuai dengan bentuk limas yang diberikan. Semoga artikel ini dapat membantu pembaca dalam memahami konsep luas permukaan limas.

ArtikelLuas Permukaan Limas

© Copyright 2023 TEKNOBGT.COM