Bolu Kukus Gula Merah
Bolu Kukus Gula Merah

Bolu Kukus Gula Merah

Bolu kukus gula merah adalah salah satu kue tradisional yang sangat populer di Indonesia. Kue ini memiliki cita rasa manis dan lembut yang membuatnya disukai oleh banyak orang. Bolu kukus gula merah sering dijadikan sebagai kue lebaran atau kue hari raya. Namun, kue ini juga bisa dinikmati kapan saja dan di mana saja, karena bahan-bahannya mudah ditemukan di pasaran.

Bahan-bahan

Untuk membuat bolu kukus gula merah, Anda membutuhkan beberapa bahan seperti tepung terigu, gula merah, telur, susu, baking powder, dan minyak goreng. Bahan-bahan tersebut bisa didapatkan di toko-toko bahan kue atau supermarket terdekat.

Cara Membuat

Pertama, campurkan gula merah dengan sedikit air dan masak hingga gula merah larut. Saring larutan gula merah untuk menghilangkan kotoran atau serat yang tidak diinginkan. Setelah itu, biarkan larutan gula merah dingin.

Selanjutnya, kocok telur dan gula pasir hingga mengembang. Tambahkan susu dan aduk rata. Campurkan tepung terigu dan baking powder ke dalam adonan telur bergantian dengan larutan gula merah. Aduk rata hingga tidak ada gumpalan.

Panaskan kukusan dengan api sedang hingga air di dalamnya mendidih. Olesi loyang dengan minyak goreng dan tuang adonan ke dalam loyang. Kukus adonan selama 30-40 menit atau hingga matang.

Setelah matang, keluarkan bolu dari loyang dan biarkan dingin. Bolu kukus gula merah siap dihidangkan.

Variasi

Bolu kukus gula merah bisa dimodifikasi dengan berbagai cara. Anda bisa menambahkan potongan kelapa atau kacang sebagai topping. Selain itu, Anda juga bisa mencampurkan adonan dengan buah-buahan seperti pisang atau ubi jalar untuk memberikan rasa yang berbeda.

Manfaat

Bolu kukus gula merah mengandung banyak nutrisi yang baik untuk tubuh. Gula merah mengandung mineral seperti zat besi, kalsium, dan fosfor yang baik untuk menjaga kesehatan tulang. Selain itu, telur yang menjadi bahan utama bolu kukus juga mengandung protein dan vitamin yang baik untuk pertumbuhan dan perkembangan tubuh.

Keunikan

Bolu kukus gula merah memiliki keunikan tersendiri karena menggunakan bahan utama gula merah. Gula merah memiliki rasa yang khas dan aroma yang harum sehingga membuat bolu ini terasa lebih istimewa. Selain itu, tekstur lembut dan empuk juga menjadi daya tarik tersendiri dari bolu kukus gula merah.

Kesimpulan

Bolu kukus gula merah merupakan kue tradisional Indonesia yang memiliki cita rasa manis dan lembut. Kue ini sangat cocok dihidangkan sebagai kue lebaran atau kue hari raya, namun juga bisa dinikmati kapan saja dan di mana saja. Bolu kukus gula merah mudah dibuat dan memiliki banyak manfaat untuk tubuh karena mengandung nutrisi yang baik. Tidak hanya itu, keunikan bolu kukus gula merah juga membuatnya menjadi favorit banyak orang.

Artikel Bolu Kukus Gula Merah

© Copyright 2023 TEKNOBGT.COM