Wingko Babat, Makanan Khas dari Jawa Timur
Wingko Babat, Makanan Khas dari Jawa Timur

Wingko Babat, Makanan Khas dari Jawa Timur

Jika Anda pernah berkunjung ke Jawa Timur, pasti tidak akan sulit menemukan jajanan khas daerah ini yang satu ini. Wingko babat adalah makanan yang terbuat dari kelapa parut dan gula merah yang dicampurkan dengan tepung ketan, kemudian dibentuk bulat dan dipanggang hingga matang.

Asal Usul Wingko Babat

Wingko babat berasal dari daerah Babat, Lamongan, Jawa Timur. Makanan ini pertama kali dibuat oleh seorang ibu rumah tangga pada awal abad ke-20. Karena rasanya yang enak, wingko babat kemudian menjadi makanan yang populer di Babat dan sekitarnya.

Cara Membuat Wingko Babat

Untuk membuat wingko babat, pertama-tama kelapa parut dicampurkan dengan gula merah hingga tercampur rata. Kemudian, tepung ketan ditambahkan sedikit-sedikit sambil terus diaduk hingga adonan menjadi kalis. Setelah itu, adonan dibentuk bulat-bulat dan dipanggang di atas bara api hingga matang dan berwarna kecoklatan.

Keunikan Wingko Babat

Salah satu keunikan dari wingko babat adalah teksturnya yang lembut dan kenyal. Selain itu, rasa manis dari gula merah dan aroma kelapa yang khas membuat makanan ini sangat enak dan cocok dinikmati sebagai camilan.

Cara Menikmati Wingko Babat

Wingko babat biasanya disajikan dalam keadaan dingin. Anda dapat menikmatinya dengan cara membelahnya menjadi dua bagian, kemudian mengambil sepotong demi sepotong dan memakannya perlahan-lahan sambil menikmati rasa manis dari gula merah dan aroma kelapa yang harum.

Variasi Wingko Babat

Meskipun wingko babat memiliki rasa yang enak, namun tidak semua orang menyukai makanan yang hanya terdiri dari kelapa parut dan gula merah ini. Oleh karena itu, beberapa penjual wingko babat membuat variasi dengan menambahkan bahan lain seperti kacang hijau, wijen, atau cokelat.

Tempat Membeli Wingko Babat

Wingko babat dapat ditemukan di pasar tradisional, toko kue, atau warung-warung kecil di Jawa Timur. Namun, jika Anda berada di luar kota, Anda tetap dapat membeli wingko babat melalui toko online atau marketplace yang menjual makanan khas daerah.

Harga Wingko Babat

Harga wingko babat bervariasi tergantung dari tempat dan ukuran. Biasanya harga per biji wingko babat berkisar antara Rp 1.000 hingga Rp 2.000.

Kelezatan Wingko Babat yang Sulit Ditolak

Bagi pecinta makanan manis, wingko babat merupakan camilan yang sulit ditolak. Rasanya yang lezat dan teksturnya yang kenyal dan lembut membuat makanan ini menjadi favorit di kalangan masyarakat Jawa Timur dan sekitarnya.

Camilan Sehat yang Mengenyangkan

Meskipun terbuat dari kelapa parut dan gula merah, wingko babat tidak mengandung bahan pengawet dan pewarna buatan sehingga aman untuk dikonsumsi. Selain itu, kandungan karbohidrat dari tepung ketan membuat wingko babat dapat mengenyangkan dan cocok dikonsumsi sebagai camilan di antara waktu makan.

Potensi Bisnis Wingko Babat

Bisnis wingko babat dapat menjadi peluang bisnis yang menjanjikan. Karena wingko babat memiliki rasa yang enak dan khas, banyak orang yang mencari makanan ini sebagai oleh-oleh ketika berkunjung ke Jawa Timur. Selain itu, harga bahan baku yang relatif murah juga membuat bisnis ini cukup menguntungkan.

Resep Wingko Babat

Berikut adalah resep sederhana untuk membuat wingko babat:

Bahan:

– 500 gram kelapa parut
– 250 gram gula merah, serut
– 250 gram tepung ketan
– 1/2 sendok teh garam
– Daun pisang secukupnya

Cara membuat:

1. Campurkan kelapa parut dan gula merah hingga tercampur rata
2. Tambahkan tepung ketan sedikit-sedikit sambil terus diaduk hingga adonan menjadi kalis
3. Tambahkan garam dan aduk rata
4. Ambil sejumput adonan dan bentuk bulat
5. Letakkan di atas daun pisang
6. Panggang di atas bara api hingga matang

Kesimpulan

Wingko babat merupakan makanan khas dari Jawa Timur yang terbuat dari kelapa parut dan gula merah. Makanan ini memiliki rasa yang enak dan tekstur yang kenyal dan lembut. Wingko babat dapat dinikmati sebagai camilan sehat yang mengenyangkan dan dapat menjadi peluang bisnis yang menjanjikan. Bagi Anda yang ingin mencoba membuat wingko babat sendiri, Anda dapat mengikuti resep sederhana di atas. Selamat mencoba!

Artikel Wingko Babat, Makanan Khas dari Jawa Timur

© Copyright 2023 TEKNOBGT.COM