Juz 15: Kebaikan dan Khasiat dari Surah-Surah di Dalamnya
Juz 15: Kebaikan dan Khasiat dari Surah-Surah di Dalamnya

Juz 15: Kebaikan dan Khasiat dari Surah-Surah di Dalamnya

Pengenalan

Juz 15 adalah salah satu juz dalam Al-Quran yang terdiri dari 6 surah yaitu Al-Isra, Al-Kahfi, Maryam, Ta Ha, Al-Anbiya, dan Al-Hajj. Juz ini memiliki banyak manfaat dan khasiat bagi kehidupan sehari-hari. Berikut ini kami akan membahas kebaikan dan khasiat dari surah-surah di dalam juz 15.

Al-Isra

Surah Al-Isra merupakan surah ke-17 dalam Al-Quran. Surah ini mengandung banyak pelajaran dan hikmah bagi manusia. Salah satu ayat yang terkenal dari surah ini adalah ayat ke-23 yang berbunyi “Dan Tuhanmu telah memerintahkan supaya kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah berbuat baik kepada ibu bapa.” Ayat ini mengajarkan pentingnya berbakti kepada orang tua.

Al-Kahfi

Surah Al-Kahfi merupakan surah ke-18 dalam Al-Quran. Surah ini mengandung banyak kisah-kisah yang mengandung pelajaran moral. Salah satu kisah yang terkenal dari surah ini adalah kisah Ashabul Kahfi yang merupakan kisah tentang keberanian dan kesabaran dalam menjalankan agama.

Maryam

Surah Maryam merupakan surah ke-19 dalam Al-Quran. Surah ini mengandung kisah tentang kelahiran Nabi Isa dan keajaiban-keajaiban yang Allah berikan kepada beliau. Salah satu ayat yang terkenal dari surah ini adalah ayat ke-98 yang berbunyi “Dan bagaimana kamu dapat mengambil sesuatu yang kamu tidak mengetahuinya sedang Allah mengambil sumpah darimu bahwa kamu tidak akan menyangka bahwa sesuatu itu ada padamu.”

Ta Ha

Surah Ta Ha merupakan surah ke-20 dalam Al-Quran. Surah ini mengandung banyak pelajaran dan hikmah bagi manusia. Salah satu ayat yang terkenal dari surah ini adalah ayat ke-114 yang berbunyi “Maha Suci Allah yang menurunkan Al-Kitab kepada hamba-Nya, dan tidak ada kecurangan di dalamnya.”

Al-Anbiya

Surah Al-Anbiya merupakan surah ke-21 dalam Al-Quran. Surah ini mengandung banyak kisah-kisah tentang para nabi dan rasul. Salah satu ayat yang terkenal dari surah ini adalah ayat ke-35 yang berbunyi “Setiap jiwa akan merasakan mati. Dan sesungguhnya pada hari kiamat sajalah disempurnakan pahalamu. Barangsiapa dijauhkan dari neraka dan dimasukkan ke dalam surga, maka sungguh ia telah beruntung.”

Al-Hajj

Surah Al-Hajj merupakan surah ke-22 dalam Al-Quran. Surah ini berisi tentang hukum-hukum haji dan kewajiban berkumpul di Mekah. Salah satu ayat yang terkenal dari surah ini adalah ayat ke-77 yang berbunyi “Hai orang-orang yang beriman, bertasbihlah kamu kepada Allah dengan bertasbih yang sebenar-benarnya.”

Kesimpulan

Juz 15 merupakan juz yang sangat penting dalam Al-Quran. Surah-surah di dalamnya mengandung banyak pelajaran dan hikmah bagi kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu, sebaiknya kita rajin membaca dan mengamalkan ayat-ayat dari surah-surah di dalam juz 15 agar kita dapat menjadi manusia yang lebih baik dan lebih dekat dengan Allah SWT.

Artikel Juz 15: Kebaikan dan Khasiat dari Surah-Surah di Dalamnya

© Copyright 2023 TEKNOBGT.COM