Sa’i Adalah
Sa’i Adalah

Sa’i Adalah

Pengertian Sa’i

Sa’i adalah salah satu ritual ibadah dalam rangkaian ibadah haji yang dilakukan oleh jamaah haji di Makkah. Sa’i merupakan rangkaian pawai diantara bukit Safa dan Marwah sebanyak tujuh kali. Sa’i dilakukan sebagai bagian dari ibadah haji yang harus dilaksanakan oleh umat Islam.

Sejarah Sa’i

Menurut sejarah, sa’i dilakukan sebagai penghormatan kepada Siti Hajar, istri Nabi Ibrahim AS yang ditinggalkan di Lembah Makkah bersama putranya, Ismail AS. Siti Hajar berlari-lari mencari air untuk minum dan akhirnya menemukan mata air Zamzam. Sa’i dilakukan sebagai penghormatan kepada Siti Hajar yang telah berjuang mencari air di lembah Makkah.

Prosedur Sa’i

Prosedur sa’i dimulai dari bukit Safa dan diakhiri di bukit Marwah. Jamaah haji harus berlari-lari sebanyak tujuh kali di antara bukit Safa dan Marwah. Sa’i harus dilakukan pada waktu tertentu, yaitu pada tanggal 8 Dzulhijjah hingga tanggal 12 Dzulhijjah.

Makna Sa’i

Makna sa’i adalah simbol dari keberanian, kesabaran, dan keteguhan hati dalam mencari ridha Allah SWT. Sa’i juga merupakan pengingat bagi kita bahwa hidup ini penuh dengan perjuangan dan ujian, sehingga kita harus selalu berusaha dan tidak mudah menyerah.

Keutamaan Sa’i

Keutamaan sa’i adalah mendapat pahala yang besar dari Allah SWT. Sa’i juga dapat membuka pintu-pintu rezeki dan keberkahan bagi jamaah haji yang melaksanakannya dengan ikhlas dan sungguh-sungguh.

Tata Cara Sa’i

Tata cara sa’i adalah sebagai berikut:

  • Berdiri di bukit Safa dan membaca doa tertentu
  • Berjalan menuju bukit Marwah
  • Berlari-lari di antara bukit Safa dan Marwah sebanyak 7 kali
  • Setelah selesai, membaca doa tertentu

Kesimpulan

Sa’i adalah ritual ibadah dalam rangkaian ibadah haji yang dilakukan oleh jamaah haji di Makkah. Sa’i dilakukan sebagai penghormatan kepada Siti Hajar yang telah berjuang mencari air di lembah Makkah. Sa’i juga memiliki makna yang dalam sebagai simbol dari keberanian, kesabaran, dan keteguhan hati dalam mencari ridha Allah SWT. Sa’i memiliki keutamaan yang besar dan harus dilaksanakan dengan sungguh-sungguh dan ikhlas.

Artikel Sa’i Adalah

© Copyright 2023 TEKNOBGT.COM