Nama Nama Bulan dalam Kalender Indonesia
Nama Nama Bulan dalam Kalender Indonesia

Nama Nama Bulan dalam Kalender Indonesia

Kalender adalah alat yang digunakan untuk mengukur waktu dan menandai perubahan musim. Di Indonesia, kalender yang digunakan adalah kalender Masehi. Bulan adalah salah satu unit waktu dalam kalender dan ada 12 bulan dalam setahun. Setiap bulan memiliki nama yang unik dan mempunyai makna tertentu. Berikut adalah nama-nama bulan dalam kalender Indonesia.

Januari

Januari adalah bulan pertama dalam kalender Masehi dan diartikan sebagai “januarius” yang berarti “dari Janus”. Janus adalah dewa Romawi yang memiliki dua wajah, yang satu menghadap ke masa lalu dan yang lainnya menghadap ke masa depan. Bulan Januari juga menandai awal tahun baru dan di Indonesia sering dirayakan dengan pesta kembang api.

Februari

Februari adalah bulan kedua dalam kalender Masehi dan diartikan sebagai “februarius” yang berarti “bulan pemurnian”. Pada zaman Romawi, bulan Februari adalah bulan pembersihan dan pengampunan dosa. Di Indonesia, bulan Februari juga dirayakan sebagai Hari Kasih Sayang atau Valentine’s Day.

Maret

Maret adalah bulan ketiga dalam kalender Masehi dan diartikan sebagai “martius” yang berarti “dari Mars”. Mars adalah dewa perang Romawi dan bulan Maret sering dianggap sebagai awal musim perang. Di Indonesia, bulan Maret juga dirayakan sebagai Hari Perempuan Internasional.

April

April adalah bulan keempat dalam kalender Masehi dan diartikan sebagai “aprilis” yang berarti “dari Aphrodite”. Aphrodite adalah dewi cinta dan kecantikan Yunani dan bulan April sering dianggap sebagai awal musim semi. Di Indonesia, bulan April juga dirayakan sebagai Hari Kartini.

Mei

Mei adalah bulan kelima dalam kalender Masehi dan diartikan sebagai “maius” yang berarti “bulan untuk dewa Latin”. Pada zaman Romawi, bulan Mei adalah bulan untuk memuja dewa-dewa Romawi. Di Indonesia, bulan Mei juga dirayakan sebagai Hari Kebangkitan Nasional.

Juni

Juni adalah bulan keenam dalam kalender Masehi dan diartikan sebagai “junius” yang berarti “dari dewa Juno”. Juno adalah dewi perkawinan dan kelahiran Romawi dan bulan Juni sering dianggap sebagai awal musim panas. Di Indonesia, bulan Juni juga dirayakan sebagai Hari Ayah.

Juli

Juli adalah bulan ketujuh dalam kalender Masehi dan diartikan sebagai “julius” yang berarti “dari Julius Caesar”. Julius Caesar adalah seorang jenderal dan politikus Romawi yang memerintah pada abad ke-1 SM. Bulan Juli juga sering dianggap sebagai awal musim panas.

Agustus

Agustus adalah bulan kedelapan dalam kalender Masehi dan diartikan sebagai “augustus” yang berarti “dari Augustus Caesar”. Augustus Caesar adalah kaisar Romawi pertama yang memerintah pada abad ke-1 SM. Di Indonesia, bulan Agustus juga dirayakan sebagai Hari Kemerdekaan.

September

September adalah bulan kesembilan dalam kalender Masehi dan diartikan sebagai “september” yang berarti “bulan ketujuh”. Pada zaman Romawi, bulan September adalah bulan untuk mempersiapkan musim panen. Di Indonesia, bulan September juga dirayakan sebagai Hari Anak Nasional.

Oktober

Oktober adalah bulan kesepuluh dalam kalender Masehi dan diartikan sebagai “oktober” yang berarti “bulan kedelapan”. Pada zaman Romawi, bulan Oktober adalah bulan untuk mempersiapkan musim dingin. Di Indonesia, bulan Oktober juga dirayakan sebagai Hari Sumpah Pemuda.

November

November adalah bulan kesebelas dalam kalender Masehi dan diartikan sebagai “november” yang berarti “bulan kesembilan”. Pada zaman Romawi, bulan November adalah bulan untuk mempersiapkan musim dingin dan menghormati leluhur. Di Indonesia, bulan November juga dirayakan sebagai Hari Pahlawan.

Desember

Desember adalah bulan terakhir dalam kalender Masehi dan diartikan sebagai “december” yang berarti “bulan kesepuluh”. Pada zaman Romawi, bulan Desember adalah bulan untuk merayakan hari raya Saturnalia. Di Indonesia, bulan Desember juga dirayakan sebagai Hari Natal.

Kesimpulan

Nama-nama bulan dalam kalender Indonesia memiliki makna dan sejarah yang unik. Setiap bulan juga sering dirayakan dengan acara dan perayaan tertentu. Dengan mengetahui nama-nama bulan ini, kita dapat lebih memahami perjalanan waktu dan tradisi di Indonesia.

ArtikelNama Nama Bulan dalam Kalender Indonesia

© Copyright 2023 TEKNOBGT.COM