Niat Sujud Sahwi
Niat Sujud Sahwi

Niat Sujud Sahwi

Sujud sahwi adalah sujud yang dilakukan sebagai pengganti bagi seseorang yang lupa atau melakukan kesalahan dalam shalat. Sujud sahwi dilakukan setelah salam dan sebelum salam akhir. Namun sebelum melakukan sujud sahwi, seseorang harus membaca niat sujud sahwi terlebih dahulu.

Arti Niat Sujud Sahwi

Niat sujud sahwi merupakan niat yang dibaca sebelum melakukan sujud sahwi. Arti dari niat sujud sahwi adalah sebagai berikut:

“Aku berniat sujud sahwi dua kali karena Allah ta’ala.”

Dalam niat sujud sahwi, seseorang harus mengucapkan kalimat tersebut dengan hati yang tulus dan ikhlas. Dengan membaca niat sujud sahwi, maka sujud sahwi yang dilakukan akan menjadi sah sesuai dengan syariat Islam.

Cara Membaca Niat Sujud Sahwi

Sebelum membaca niat sujud sahwi, seseorang harus sudah berada dalam posisi duduk tasyahud akhir setelah salam. Kemudian, seseorang membaca niat sujud sahwi dengan mengucapkan kalimat:

“Aku berniat sujud sahwi dua kali karena Allah ta’ala.”

Setelah itu, seseorang dapat melakukan sujud sahwi sesuai dengan tata cara yang benar.

Keutamaan Membaca Niat Sujud Sahwi

Membaca niat sujud sahwi memiliki keutamaan tersendiri di dalam Islam. Berikut adalah beberapa keutamaan membaca niat sujud sahwi:

1. Menunjukkan bahwa seseorang menghargai shalat dan ingin menunaikannya dengan benar.

2. Menjadi sarana untuk memperbaiki kesalahan yang telah dilakukan dalam shalat.

3. Dapat menyempurnakan shalat yang sudah dilakukan sebelumnya.

4. Menambah pahala bagi seseorang yang mengamalkannya dengan sungguh-sungguh.

Penutup

Demikianlah artikel tentang niat sujud sahwi. Dengan membaca niat sujud sahwi, seseorang dapat melakukan sujud sahwi dengan benar dan sesuai dengan syariat Islam. Selain itu, membaca niat sujud sahwi juga memiliki keutamaan tersendiri dalam Islam. Semoga artikel ini bermanfaat bagi pembaca yang ingin menambah pengetahuan tentang Islam.

Artikel Niat Sujud Sahwi

© Copyright 2023 TEKNOBGT.COM