Doa Menerima Zakat Fitrah
Doa Menerima Zakat Fitrah

Doa Menerima Zakat Fitrah

Pengertian Zakat Fitrah

Zakat fitrah adalah zakat yang dikeluarkan oleh setiap muslim pada saat menjelang Idul Fitri. Zakat fitrah wajib dikeluarkan oleh setiap muslim yang telah memiliki kecukupan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya dan keluarganya selama satu hari Idul Fitri.

Fungsi Zakat Fitrah

Fungsi zakat fitrah adalah untuk membersihkan harta dari segala macam kekurangan dan keburukan serta sebagai sarana untuk membantu kaum fakir miskin dalam memenuhi kebutuhan hidupnya pada hari raya Idul Fitri.

Doa Menerima Zakat Fitrah

Berikut ini adalah doa menerima zakat fitrah yang dapat dibaca setelah menyalurkan zakat fitrah:

اللهم تقبل منا صيامنا وقيامنا وصلاتنا وزكاتنا، وتقبل منا هذا الصدقة التي نتصدق بها عندك، بارك الله في أموالنا وأعمارنا وأولادنا وأزواجنا، واجعلها لنا خالصة لوجهك الكريم يا رحمن يا رحيم

Artinya: “Ya Allah, terimalah dari kami puasa, shalat, zakat dan amal ibadah yang telah kami lakukan. Terimalah juga sedekah yang kami sumbangkan untukmu. Berkatilah harta, umur, anak-anak dan istri kami. Jadikanlah amal kami ini semata-mata hanya untuk mengharap keridhaan-Mu, ya Allah yang Maha Pengasih dan Penyayang.”

Syarat Zakat Fitrah

Syarat zakat fitrah adalah sebagai berikut:

1. Orang yang wajib membayar zakat fitrah adalah setiap muslim yang telah mencapai usia baligh.

2. Besarnya zakat fitrah yang harus dikeluarkan adalah satu sha’ (3,5 liter) bahan makanan pokok seperti beras, gandum, jagung, dan sejenisnya.

3. Zakat fitrah harus dikeluarkan sebelum shalat Idul Fitri dilaksanakan.

4. Zakat fitrah dapat diberikan kepada orang yang berhak menerimanya seperti fakir miskin, anak yatim, janda, dan sebagainya.

Keutamaan Zakat Fitrah

Keutamaan zakat fitrah adalah sebagai berikut:

1. Menyucikan harta dari segala macam kekurangan dan keburukan.

2. Mempererat tali persaudaraan antar sesama muslim.

3. Membantu kaum fakir miskin dalam memenuhi kebutuhan hidupnya pada hari raya Idul Fitri.

4. Membuka pintu rezeki yang lebih luas lagi dari Allah SWT.

Kesimpulan

Zakat fitrah merupakan kewajiban bagi setiap muslim yang telah memiliki kecukupan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya dan keluarganya selama satu hari Idul Fitri. Dalam menyalurkan zakat fitrah, kita juga perlu membaca doa menerima zakat fitrah untuk memohon agar amal kita diterima oleh Allah SWT. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua.

Selesai

ArtikelDoa Menerima Zakat Fitrah

© Copyright 2023 TEKNOBGT.COM