Nama-Nama Planet
Nama-Nama Planet

Nama-Nama Planet

Planet adalah benda langit yang mengelilingi bintang atau matahari. Di tata surya kita, terdapat delapan planet yang mengelilingi matahari. Planet-planet tersebut memiliki nama yang berbeda-beda. Berikut adalah nama-nama planet yang ada di tata surya kita:

1. Merkurius

Merkurius adalah planet terdekat dengan matahari. Planet ini memiliki diameter sekitar 4.880 km dan hanya membutuhkan waktu 88 hari untuk mengelilingi matahari. Nama Merkurius diambil dari dewa Romawi yang dianggap sebagai pelindung dagang dan pengembara.

2. Venus

Venus adalah planet kedua dari matahari. Planet ini memiliki diameter sekitar 12.104 km dan mengelilingi matahari selama 225 hari. Venus dijuluki “planet kembaran bumi” karena memiliki ukuran yang hampir sama dengan bumi. Nama Venus diambil dari dewi cinta dan kecantikan dalam mitologi Romawi.

3. Bumi

Bumi adalah planet tempat tinggal kita. Planet ini memiliki diameter sekitar 12.742 km dan mengelilingi matahari selama 365 hari. Bumi adalah satu-satunya planet yang diketahui memiliki kehidupan. Nama Bumi berasal dari bahasa Inggris “Earth” yang artinya “tanah”.

4. Mars

Mars adalah planet keempat dari matahari. Planet ini memiliki diameter sekitar 6.779 km dan mengelilingi matahari selama 687 hari. Mars dijuluki “planet merah” karena warna permukaannya yang merah. Nama Mars diambil dari dewa perang dalam mitologi Romawi.

5. Jupiter

Jupiter adalah planet terbesar di tata surya kita. Planet ini memiliki diameter sekitar 139.822 km dan mengelilingi matahari selama 4.333 hari. Jupiter memiliki jumlah satelit alami terbanyak di antara planet-planet lainnya. Nama Jupiter diambil dari dewa langit dan petir dalam mitologi Romawi.

6. Saturnus

Saturnus adalah planet yang dikenal dengan cincinnya yang terbuat dari es dan debu. Planet ini memiliki diameter sekitar 116.460 km dan mengelilingi matahari selama 10.759 hari. Saturnus memiliki jumlah satelit alami kedua terbanyak di antara planet-planet lainnya. Nama Saturnus diambil dari dewa pertanian dalam mitologi Romawi.

7. Uranus

Uranus adalah planet yang dikenal dengan posisinya yang miring. Planet ini memiliki diameter sekitar 50.724 km dan mengelilingi matahari selama 30.687 hari. Uranus memiliki jumlah satelit alami ketiga terbanyak di antara planet-planet lainnya. Nama Uranus diambil dari dewa langit dalam mitologi Yunani.

8. Neptunus

Neptunus adalah planet terjauh dari matahari. Planet ini memiliki diameter sekitar 49.244 km dan mengelilingi matahari selama 60.190 hari. Neptunus memiliki jumlah satelit alami keempat terbanyak di antara planet-planet lainnya. Nama Neptunus diambil dari dewa laut dalam mitologi Romawi.

Kesimpulan

Itulah delapan nama planet yang ada di tata surya kita. Setiap planet memiliki ukuran, jarak, dan jumlah satelit alami yang berbeda-beda. Nama-nama planet tersebut diambil dari tokoh-tokoh atau dewa-dewi dalam mitologi Romawi atau Yunani.

Artikel Nama-Nama Planet

© Copyright 2023 TEKNOBGT.COM