TEKNOBGT

Surat Al Qariah: Pengertian, Makna, dan Keutamaannya

Pengertian Surat Al Qariah

Surat Al Qariah adalah salah satu surat dalam Al-Quran yang terdiri dari 11 ayat. Surat ini termasuk ke dalam golongan surat-surat Makkiyah yang diturunkan di Mekah pada masa awal kenabian Nabi Muhammad SAW.

Makna Surat Al Qariah

Surat Al Qariah membahas tentang hari kiamat dan keadaan orang-orang yang terdampak oleh kehancuran pada hari tersebut. Surat ini menunjukkan bahwa pada hari kiamat, kehidupan manusia akan berakhir dan mereka akan dipertanggungjawabkan atas segala perbuatan yang telah dilakukan selama hidup di dunia.

Keutamaan Surat Al Qariah

Surat Al Qariah memiliki keutamaan yang sangat besar bagi umat Islam. Salah satu keutamaannya adalah membaca surat ini setiap hari dengan penuh keikhlasan dapat membuat kita terhindar dari kesulitan hidup dan mendapatkan keberkahan dari Allah SWT.

Ayat Pertama

“Pada hari kiamat, bumi dan gunung-gunung akan bergetar dengan getaran yang sangat kuat.”Ayat ini menjelaskan bahwa pada hari kiamat, segala sesuatu yang ada di bumi akan hancur dan musnah. Bahkan gunung-gunung yang kokoh dan besar sekalipun akan bergetar dan runtuh.

Ayat Kedua

“Dan manusia akan terpecah menjadi tiga golongan.”Ayat ini menggambarkan bahwa pada hari kiamat, manusia akan terbagi menjadi tiga golongan. Golongan pertama adalah orang-orang yang beriman dan beramal shalih. Golongan kedua adalah orang-orang yang tidak beriman dan tidak beramal shalih. Dan golongan ketiga adalah orang-orang yang ragu-ragu dalam keimanannya.

Ayat Ketiga

“Orang-orang yang beriman dan beramal shalih akan berada di surga yang penuh dengan kenikmatan.”Ayat ini memberikan kabar gembira kepada orang-orang yang beriman dan beramal shalih. Mereka akan mendapatkan surga yang penuh dengan kenikmatan dan kebahagiaan.

Ayat Keempat

“Orang-orang yang tidak beriman dan tidak beramal shalih akan berada di neraka yang sangat panas.”Ayat ini memberikan peringatan kepada orang-orang yang tidak beriman dan tidak beramal shalih. Mereka akan mendapatkan siksaan yang sangat pedih di neraka yang sangat panas.

Ayat Kelima

“Dan orang-orang yang ragu-ragu dalam keimanannya akan mendapatkan siksaan yang sangat pedih di neraka yang sangat panas.”Ayat ini memberikan peringatan kepada orang-orang yang ragu-ragu dalam keimanannya. Mereka juga akan mendapatkan siksaan yang sangat pedih di neraka yang sangat panas.

Ayat Keenam

“Dan mereka akan terus berada di dalamnya.”Ayat ini menjelaskan bahwa siksaan di neraka adalah kekal dan tidak ada jalan keluar dari siksaan tersebut.

Ayat Ketujuh

“Dan apa yang membuatmu tahu apa itu hari kiamat?”Ayat ini mengajukan pertanyaan kepada manusia tentang pengetahuan mereka mengenai hari kiamat. Hanya Allah SWT yang mengetahui kapan terjadinya hari kiamat.

Ayat Kedelapan

“Pada hari itu, manusia akan menceritakan segala perbuatannya.”Ayat ini menjelaskan bahwa pada hari kiamat, manusia akan dipertanggungjawabkan atas segala perbuatan yang telah dilakukan selama hidup di dunia.

Ayat Kesembilan

“Dan timbangan amal perbuatan manusia akan ditimbang dengan sangat adil.”Ayat ini menjelaskan bahwa timbangan amal perbuatan manusia akan ditimbang dengan sangat adil pada hari kiamat. Tidak ada yang terlewatkan atau terabaikan.

Ayat Kesepuluh

“Dan siapa yang berat timbangan amal perbuatannya, maka dia akan mendapatkan kesenangan yang abadi.”Ayat ini memberikan kabar gembira kepada orang-orang yang beramal shalih. Mereka akan mendapatkan kesenangan yang abadi di surga Allah SWT.

Ayat Sebelas

“Dan siapa yang ringan timbangan amal perbuatannya, maka dia akan mendapatkan neraka sebagai tempat tinggalnya.”Ayat ini memberikan peringatan kepada orang-orang yang tidak beramal shalih. Mereka akan mendapatkan neraka sebagai tempat tinggal mereka.

Kesimpulan

Surat Al Qariah adalah surat dalam Al-Quran yang membahas tentang hari kiamat dan keadaan manusia pada saat itu. Surat ini memberikan peringatan dan kabar gembira bagi umat Islam. Membaca surat ini setiap hari dengan penuh keikhlasan dapat membuat kita terhindar dari kesulitan hidup dan mendapatkan keberkahan dari Allah SWT. Kita juga diajarkan untuk selalu beriman dan beramal shalih agar mendapatkan surga yang penuh dengan kenikmatan dan kebahagiaan. Jangan lupa pula untuk selalu berdoa kepada Allah SWT agar diberikan kemudahan dan keberkahan dalam kehidupan kita.