Rumusan Pancasila yang Sah Tercantum pada
Rumusan Pancasila yang Sah Tercantum pada

Rumusan Pancasila yang Sah Tercantum pada

Pengertian Pancasila

Pancasila adalah dasar negara Indonesia yang tercantum dalam UUD 1945. Pancasila memiliki arti lima sila yang menjadi landasan negara Indonesia. Pancasila mengandung nilai-nilai moral, sosial, dan politik yang menjadi dasar negara Indonesia.

Rumusan Pancasila

Rumusan Pancasila yang sah tercantum pada Pembukaan UUD 1945 adalah sebagai berikut:1. Ketuhanan Yang Maha Esa
2. Kemanusiaan yang Adil dan Beradab
3. Persatuan Indonesia
4. Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan/Perwakilan
5. Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat IndonesiaRumusan Pancasila ini merupakan hasil dari perumusan para pendiri negara Indonesia yang mewakili berbagai suku, agama, dan budaya yang ada di Indonesia.

Arti Setiap Sila Pancasila

1. Ketuhanan Yang Maha EsaSila pertama Pancasila adalah Ketuhanan Yang Maha Esa. Sila ini mengandung makna bahwa Indonesia adalah negara yang beragama dan mengakui keberadaan Tuhan Yang Maha Esa. Setiap individu memiliki kebebasan untuk beragama dan beribadah sesuai dengan agama yang dianut.2. Kemanusiaan yang Adil dan BeradabSila kedua Pancasila adalah Kemanusiaan yang Adil dan Beradab. Sila ini mengandung makna bahwa setiap manusia harus dihormati dan dianggap sama di hadapan hukum. Tidak ada diskriminasi yang dilakukan berdasarkan suku, agama, ras, dan jenis kelamin.3. Persatuan IndonesiaSila ketiga Pancasila adalah Persatuan Indonesia. Sila ini mengandung makna bahwa Indonesia adalah negara yang memiliki berbagai suku, agama, dan budaya yang berbeda-beda, namun tetap harus bersatu dalam satu negara yang merdeka dan berdaulat.4. Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan/PerwakilanSila keempat Pancasila adalah Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan/Perwakilan. Sila ini mengandung makna bahwa rakyat Indonesia adalah pemegang kekuasaan tertinggi dalam negara, namun kekuasaan tersebut harus dijalankan dengan bijaksana melalui mekanisme perwakilan.5. Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat IndonesiaSila kelima Pancasila adalah Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia. Sila ini mengandung makna bahwa setiap rakyat Indonesia memiliki hak yang sama dalam mendapatkan keadilan sosial, kesejahteraan, dan kesempatan yang sama dalam memperoleh pendidikan, kesehatan, dan pekerjaan yang layak.

Pentingnya Memahami Pancasila

Pancasila merupakan dasar negara Indonesia yang harus dipahami oleh seluruh rakyat Indonesia. Memahami Pancasila dapat membantu kita untuk menjaga persatuan dan kesatuan bangsa, serta memperkuat identitas nasional Indonesia.

Kesimpulan

Rumusan Pancasila yang sah tercantum pada Pembukaan UUD 1945 adalah dasar negara Indonesia yang mengandung nilai-nilai moral, sosial, dan politik yang penting untuk dipahami oleh seluruh rakyat Indonesia. Memahami Pancasila dapat membantu kita untuk menjaga persatuan dan kesatuan bangsa, serta memperkuat identitas nasional Indonesia.

Artikel Rumusan Pancasila yang Sah Tercantum pada

© Copyright 2023 TEKNOBGT.COM