Niat Shalat Tahiyatul Masjid
Niat Shalat Tahiyatul Masjid

Niat Shalat Tahiyatul Masjid

Shalat adalah salah satu kewajiban bagi setiap muslim. Selain diwajibkan untuk dilakukan lima kali sehari, shalat juga memiliki beberapa jenis yang harus dipahami oleh setiap muslim. Salah satunya adalah shalat tahiyatul masjid. Tahiyatul masjid adalah shalat sunnah yang dianjurkan untuk dilakukan setiap kali masuk ke dalam masjid.

Pengertian Shalat Tahiyatul Masjid

Shalat tahiyatul masjid adalah shalat sunnah yang dilakukan setiap kali seseorang memasuki masjid. Shalat ini terdiri dari dua rakaat dan bisa dilakukan setiap saat, kecuali pada waktu-waktu yang dilarang untuk shalat.

Ada beberapa niat yang harus dibaca sebelum melakukan shalat tahiyatul masjid. Dalam artikel ini, kita akan membahas lebih lanjut mengenai niat shalat tahiyatul masjid.

Niat Shalat Tahiyatul Masjid

Niat shalat tahiyatul masjid adalah sebagai berikut:

أُصَلِّي سُنَّةَ تَحِيَّةِ الْمَسْجِدِ رَكْعَتَيْنِ لِلَّهِ تَعَالَى

Artinya: Saya niat shalat sunnah tahiyatul masjid dua rakaat karena Allah Ta’ala.

Niat ini harus diucapkan dengan tegas dalam hati sebelum melakukan shalat tahiyatul masjid. Selain itu, niat juga bisa diucapkan dengan lisan jika memang diperlukan.

Keutamaan Shalat Tahiyatul Masjid

Shalat tahiyatul masjid memiliki banyak keutamaan yang bisa didapatkan oleh setiap muslim yang melakukannya. Berikut adalah beberapa keutamaan dari shalat tahiyatul masjid:

1. Mendapatkan pahala yang besar

Shalat tahiyatul masjid adalah salah satu shalat sunnah yang pahalanya besar. Dalam hadis riwayat Muslim, Rasulullah SAW bersabda, “Siapa yang memasuki masjid, maka hendaklah dia shalat dua rakaat sebelum duduk.”

2. Menghindari kegelisahan

Shalat tahiyatul masjid juga bisa menghilangkan rasa gelisah dan cemas dalam hati. Dalam sebuah hadis, Rasulullah SAW bersabda, “Jika seseorang masuk ke masjid, maka hendaklah dia shalat dua rakaat sebelum duduk. Itu akan menghilangkan kegelisahan yang ada dalam hatinya.”

3. Mendapatkan keberkahan

Shalat tahiyatul masjid juga bisa membawa keberkahan dalam hidup seseorang. Dalam sebuah hadis, Rasulullah SAW bersabda, “Siapa yang memasuki masjid dengan tujuan beribadah, maka Allah akan mencatatkan baginya satu kebaikan untuk setiap langkah yang ia ambil menuju masjid dan satu kebaikan lagi untuk setiap langkah yang ia ambil meninggalkan masjid.”

Waktu Pelaksanaan Shalat Tahiyatul Masjid

Shalat tahiyatul masjid bisa dilakukan kapan saja, kecuali pada waktu-waktu yang dilarang untuk shalat. Waktu pelaksanaannya adalah setelah masuk ke dalam masjid dan sebelum duduk.

Dalam sebuah hadis, Rasulullah SAW bersabda, “Jika seseorang masuk ke masjid, maka hendaklah dia shalat dua rakaat sebelum duduk.”

Tata Cara Melakukan Shalat Tahiyatul Masjid

Berikut adalah tata cara melakukan shalat tahiyatul masjid:

1. Berdiri menghadap kiblat dengan pikiran dan hati yang khusyuk

2. Membaca niat shalat tahiyatul masjid

3. Membaca takbiratul ihram dengan mengangkat kedua tangan hingga sejajar dengan bahu

4. Membaca surat Al-Fatihah

5. Membaca surat pendek dari Al-Quran atau membaca doa sesuai dengan keinginan

6. Ruku’ dengan khusyuk dan mengucapkan tasbih sebanyak tiga kali

7. I’tidal dengan khusyuk dan mengucapkan “Sami’Allahu liman hamidah”

8. Sujud pertama dengan khusyuk dan mengucapkan tasbih sebanyak tiga kali

9. Duduk di antara dua sujud dengan khusyuk dan membaca doa sesuai dengan keinginan

10. Sujud kedua dengan khusyuk dan mengucapkan tasbih sebanyak tiga kali

11. Duduk tasyahud akhir dengan khusyuk dan membaca doa sesuai dengan keinginan

12. Salam dengan mengucapkan salam sebanyak satu atau dua kali

Kesimpulan

Shalat tahiyatul masjid adalah salah satu shalat sunnah yang dianjurkan untuk dilakukan setiap kali masuk ke dalam masjid. Shalat ini terdiri dari dua rakaat dan bisa dilakukan setiap saat, kecuali pada waktu-waktu yang dilarang untuk shalat.

Sebelum melakukan shalat tahiyatul masjid, kita harus membaca niat dengan tegas dalam hati. Niat shalat tahiyatul masjid adalah “Saya niat shalat sunnah tahiyatul masjid dua rakaat karena Allah Ta’ala.”

Shalat tahiyatul masjid memiliki banyak keutamaan, seperti mendapatkan pahala yang besar, menghindari kegelisahan, dan mendapatkan keberkahan. Oleh karena itu, setiap muslim sebaiknya rutin melaksanakan shalat tahiyatul masjid.

ArtikelNiat Shalat Tahiyatul Masjid

© Copyright 2023 TEKNOBGT.COM