Al Qoriah: Kisah dari Surah Al-Qariah
Al Qoriah: Kisah dari Surah Al-Qariah

Al Qoriah: Kisah dari Surah Al-Qariah

Al-Qoriah adalah salah satu surah dalam Al-Quran yang menceritakan tentang hari kiamat dan kehancuran yang akan datang. Surah ini memiliki arti “Hari Kiamat” atau “Hari Kegelapan”.

Makna dari Al Qoriah

Dalam surah Al-Qoriah, Allah SWT memberikan peringatan kepada manusia tentang kehancuran yang akan datang pada hari kiamat. Ayat pertama surah ini menggambarkan hari kiamat sebagai sebuah kehancuran besar yang akan menimpa manusia dan membinasakan segala sesuatu yang ada di bumi.

Namun, surah Al-Qoriah juga mengajarkan bahwa orang yang beriman dan beramal saleh akan mendapatkan pahala yang besar dari Allah SWT. Oleh karena itu, manusia harus selalu berusaha untuk memperbaiki diri dan beramal saleh agar mendapatkan pahala yang besar di akhirat nanti.

Penafsiran Ayat-Al Qoriah

Ayat pertama dari surah Al-Qoriah menggambarkan hari kiamat sebagai “Hari Kegelapan”. Hal ini menggambarkan kehancuran besar yang akan terjadi pada hari kiamat dan membuat manusia merasa takut dan cemas.

Ayat kedua dan ketiga dari surah Al-Qoriah menggambarkan bahwa manusia akan dihukum dengan cara yang adil dan setimpal dengan perbuatan mereka selama hidup di dunia. Orang yang beramal saleh akan mendapatkan pahala yang besar, sedangkan orang yang berbuat jahat akan mendapatkan hukuman yang setimpal dengan perbuatannya.

Ayat keempat dan kelima dari surah Al-Qoriah menggambarkan bahwa manusia akan dihisab dan dipertanggungjawabkan atas segala perbuatannya di hadapan Allah SWT. Oleh karena itu, manusia harus selalu berusaha untuk berbuat baik dan meninggalkan perbuatan yang buruk agar mendapatkan pahala yang besar di akhirat nanti.

Ayat Penting dari Surah Al-Qoriah

Beberapa ayat penting dari surah Al-Qoriah antara lain:

– “Dan tahukah kamu apakah Al-Qoriah itu? (1)”

– “Yaitu hari ketika manusia seperti laron yang bergerak-gerak (2)”

– “Dan gunung-gunung seperti bulu yang dihambur-hamburkan (3)”

– “Maka barangsiapa yang berat timbangan kebaikannya (7)”

– “Maka mereka yang berat timbangan keburukannya (8)”

Kesimpulan

Surah Al-Qoriah merupakan surah dalam Al-Quran yang memberikan peringatan tentang hari kiamat dan kehancuran yang akan datang. Surah ini mengajarkan bahwa manusia harus selalu berusaha untuk berbuat baik dan meninggalkan perbuatan yang buruk agar mendapatkan pahala yang besar di akhirat nanti. Oleh karena itu, mari kita selalu berusaha untuk beramal saleh dan memperbaiki diri agar mendapatkan kebahagiaan di dunia dan akhirat.

Artikel Al Qoriah: Kisah dari Surah Al-Qariah

© Copyright 2023 TEKNOBGT.COM