TEKNOBGT
Jelaskan kriteria masyarakat beradab dan sejahtera dari sudut pandang masyarakat madani
Jelaskan kriteria masyarakat beradab dan sejahtera dari sudut pandang masyarakat madani

Jelaskan kriteria masyarakat beradab dan sejahtera dari sudut pandang masyarakat madani

Jelaskan kriteria masyarakat beradab dan sejahtera dari sudut pandang masyarakat madani …

Jawaban :

Berikut ini adalah kunci jawaban untuk soal dari mata pelajaran PPKn Kelas 11 Bab : 3 – Menelusuri Dinamika Demokrasi dalam Kehidupan Bermasyarakat, Berbangsa dan Beragama.

Kriteria masyarakat beradab dan sejahtera dari sudut pandang masyarakat madani yaitu masyarakat yang menjunjung tinggi toleransi, hidup dalam ketentraman, dan memiliki sikap persatuan dan kesatuan dalam masyarakatnya.

Sedangkan prinsip-prinsip umum masyarakat yang beradab dan sejahtera adalah sebagai berikut :

  • Memiliki ruang publik yang bebas sebagai sarana mengemukakan pendapat.
  • Masyarakat berlaku demokratis di dalam kehidupan bermasyarakatnya serta tidak membedakan suku, ras, dan agama dari suatu individu atau kelompok.
  • Bersikap toleran dengan saling menghormati dan menghargai suatu kegiatan yang dilakukan orang lain, misalnya kegiatan agama.
  • Adanya pluralisme, atau menerima serta mengakui adanya perbedaan di dalam suatu masyarakat seperti suku, agama, ras, dan lainnya.
  • Keadilan sosial yaitu adanya kesetaraan antara hak dan kewajiban setiap warga negara yang mencakup seluruh aspek dari kehidupan.

Pembahasan

Masyarakat madani memiliki ciri utama yakni kemajemukan budaya dalam suatu masyarakat, adanya suatu hubungan timbal balik yang terjadi dalam masyarakat, dan sikap saling memahami dan menghargai terhadap perbedaan dari kemajemukan tersebut. Selain itu, masyarakat madani juga dapat diartikan sebagai proses penciptaan peradaban yang mengacu pada nilai-nilai kebijakan bersama.