TEKNOBGT

Doa Sesudah Sholat Magrib

Sholat Magrib adalah salah satu sholat wajib yang dilakukan oleh umat muslim setiap harinya. Setelah selesai melaksanakan sholat Magrib, sebaiknya kita membaca doa sesudah sholat Magrib sebagai wujud syukur dan pengharapan kepada Allah SWT. Berikut ini adalah beberapa doa sesudah sholat Magrib yang bisa kita amalkan:

Doa Pertama

“Allahumma antas salam wa minkas salam, tabarakta ya dzaljalali wal ikram.”

Artinya: Ya Allah, Engkau Maha Pemberi Kesejahteraan dan dari-Mu kesejahteraan, Maha Suci Engkau wahai Dzat yang memiliki kebesaran dan kemuliaan.

Doa ini mengandung makna bahwa Allah SWT adalah sumber segala kebaikan dan kesejahteraan. Dengan membaca doa ini, kita memohon agar Allah senantiasa memberikan kesejahteraan dan keberkahan dalam hidup kita.

Doa Kedua

“Allahumma inni as’aluka ilman naafi’a, wa rizqan waasi’a, wa shifa’an min kulli daa’in.”

Artinya: Ya Allah, aku memohon kepada-Mu ilmu yang bermanfaat, rizki yang luas, dan kesembuhan dari segala penyakit.

Doa ini mengandung makna bahwa kita memohon kepada Allah SWT agar diberikan ilmu yang bermanfaat, rejeki yang melimpah, dan kesembuhan dari segala macam penyakit yang bisa mengganggu kesehatan kita.

Doa Ketiga

“Allahumma inni a’udzu bika min adzabi jahannam, wa min adzabil qabr, wa min fitnatil mahya wal mamat, wa min syarri fitnatil masihid dajjal.”

Artinya: Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari siksa neraka, siksa kubur, fitnah kehidupan dan mati, dan dari kejahatan fitnah Dajjal.

Doa ini mengandung makna bahwa kita memohon perlindungan kepada Allah SWT dari siksa neraka, siksa kubur, dan segala macam fitnah yang bisa mengganggu kehidupan kita.

Doa Keempat

“Allahumma kfirli dzunubi wawassi’li fi dariyati, wabarik li fi rizqi.”

Artinya: Ya Allah, ampunilah dosa-dosaku dan lapangkanlah rezekiku, berkahilah rezekiku.

Doa ini mengandung makna bahwa kita memohon kepada Allah SWT agar dosa-dosa kita diampuni, rezeki kita dilapangkan, dan diberikan keberkahan dalam segala hal yang kita lakukan.

Doa Kelima

“Allahumma inni as’aluka jannata wa ma qarrab ilaiha min qawlin wa ‘amal, wa a’udzu bika min an-nari wa ma qarrab ilaiha min qawlin wa ‘amal.”

Artinya: Ya Allah, aku memohon kepada-Mu surga dan segala hal yang mendekatkan diri kepadanya baik dari ucapan maupun perbuatan, aku berlindung kepada-Mu dari neraka dan segala hal yang mendekatkan diri kepadanya baik dari ucapan maupun perbuatan.

Doa ini mengandung makna bahwa kita memohon kepada Allah SWT agar diberikan surga dan segala hal yang mendekatkan kita kepada-Nya. Sebaliknya, kita juga berlindung kepada-Nya dari neraka dan segala hal yang bisa menjauhkan diri dari-Nya.

Doa Keenam

“Allahumma inni a’udzu bika min ‘adzabil qabr, wa a’udzu bika min fitnatil masihid dajjal, wa a’udzu bika min fitnatil mahya wal mamat, Allahumma inni a’udzu bika minal ma’thami wal maghrom.”

Artinya: Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari siksa kubur, aku berlindung kepada-Mu dari fitnah Dajjal, aku berlindung kepada-Mu dari fitnah kehidupan dan mati, ya Allah aku juga berlindung kepada-Mu dari dosa dan kesengsaraan.

Doa ini mengandung makna bahwa kita memohon agar diberikan perlindungan dari segala macam bahaya dan kesengsaraan yang bisa mengganggu kehidupan kita.

Doa Ketujuh

“Allahumma inna nas’aluka ridaka wal jannah, wa na’udzu bika min sakhatika wan naar.”

Artinya: Ya Allah, kami memohon ridha-Mu dan surga-Mu, dan kami berlindung kepada-Mu dari kemarahan-Mu dan neraka-Mu.

Doa ini mengandung makna bahwa kita memohon kepada Allah SWT agar senantiasa diberikan ridha-Nya dan diberikan surga sebagai tempat kita beristirahat kelak. Dan kita juga berlindung kepada-Nya dari kemarahan dan siksa neraka.

Doa Kedelapan

“Allahumma inni a’udzu bika minal ‘ajzi wal kasali, wal bukhli wal harami, wa ‘adzabil qobri, wa fitnatil mahya wal mamat.”

Artinya: Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari rasa lemah, kemalasan, kikir, perbuatan haram, siksa kubur, dan fitnah kehidupan dan mati.

Doa ini mengandung makna bahwa kita memohon agar diberikan kekuatan untuk senantiasa melakukan kebaikan dan menghindari segala macam perbuatan yang diharamkan.

Doa Kesembilan

“Allahumma ajirni min an-naar wa ajirni min adzabil qabr.”

Artinya: Ya Allah, selamatkanlah aku dari neraka dan siksa kubur.

Doa ini mengandung makna bahwa kita memohon kepada Allah SWT agar diberikan perlindungan dari siksa neraka dan siksa kubur.

Doa Kesepuluh

“Allahumma inni a’udzu bika min adzabil qabr, wa min fitnatil masihid dajjal, wa min fitnatil mahya wal mamat, wa min syarri fitnatil ghabir.”

Artinya: Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari siksa kubur, fitnah Dajjal, fitnah kehidupan dan mati, dan kejahatan fitnah orang yang merasa pandai.

Doa ini mengandung makna bahwa kita memohon agar diberikan perlindungan dari segala macam bahaya dan kesengsaraan yang bisa mengganggu kehidupan kita.

Doa Kesebelas

“Allahumma inna nas’aluka ilman naafi’a wa rizqan waasi’a wa ‘amalan mutaqabbala.”

Artinya: Ya Allah, kami memohon kepada-Mu ilmu yang bermanfaat, rezeki yang melimpah, dan amal yang diterima.

Doa ini mengandung makna bahwa kita memohon kepada Allah SWT agar diberikan ilmu yang bermanfaat, rejeki yang melimpah, dan amal yang diterima di sisi-Nya.

Doa Keduabelas

“Allahumma inni a’udzu bika min ‘adzabil qabr, wa a’udzu bika min fitnatil masihid dajjal, wa a’udzu bika min fitnatil mahya wal mamat.”

Artinya: Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari siksa kubur,