Cara Mengurangi Penggunaan RAM Laptop

Halo Sobat TeknoBgt, apakah kamu sering mengalami laptopmu menjadi lambat ketika dioperasikan? Tahukah kamu bahwa penggunaan RAM yang berlebihan bisa membuat laptopmu menjadi lambat? Nah, untuk mengatasi hal tersebut, kali ini kami akan memberikan tips cara mengurangi penggunaan RAM laptopmu. Simak terus artikel ini ya!

1. Matikan Program yang Tidak Digunakan

Program yang terus berjalan pada laptop akan memakan RAM dan memperlambat performa laptopmu. Maka, pastikan kamu menutup program yang tidak digunakan agar RAM yang digunakan tidak terlalu banyak.

Contohnya saat mengoperasikan Microsoft Office, setelah selesai menggunakan program tersebut pastikan kamu menutup programnya dengan benar agar tidak berjalan di background dan memakan RAM yang lebih banyak.

Selain itu, pastikan juga aplikasi yang berjalan pada startup sudah disesuaikan dan tidak berlebihan. Cara mengatur startup pada Windows bisa dilihat pada tabel berikut ini:

LangkahPenjelasan
1.Buka Task Manager dengan menekan tombol Ctrl + Shift + Esc
2.Pilih tab ‘Startup’
3.Pilih aplikasi yang ingin diatur dan klik tombol ‘Disable’

2. Hapus Program yang Tidak Dibutuhkan

Program yang sering tidak digunakan tapi masih terpasang pada laptopmu akan memakan RAM yang tidak perlu. Oleh karena itu, pastikan kamu menghapus program yang tidak dibutuhkan.

Caranya dengan membuka Control Panel, lalu pilih ‘Programs and Features’. Kemudian pilih program yang ingin dihapus dan klik tombol ‘Uninstall’.

3. Aktifkan Fitur ReadyBoost

ReadyBoost adalah fitur Windows yang bisa digunakan untuk menambahkan virtual RAM pada laptop. Cara mengaktifkannya adalah sebagai berikut:

LangkahPenjelasan
1.Hubungkan USB atau SD Card yang ingin digunakan dengan laptopmu
2.Buka Properties dari USB atau SD Card tersebut
3.Pilih tab ‘ReadyBoost’
4.Pilih opsi ‘Use this device’, lalu tentukan berapa RAM yang ingin ditambahkan
5.Klik tombol ‘Apply’ dan ‘OK’

4. Gunakan Antivirus yang Ringan

Antivirus yang berat memakan banyak RAM dan bisa membuat laptopmu menjadi lambat. Oleh karena itu, pastikan kamu menggunakan antivirus yang ringan dan tidak memakan banyak RAM.

5. Bersihkan File Sampah

File sampah seperti cache dan temporary file yang tidak terpakai bisa memakan ruang pada harddisk laptopmu dan memperlambat kinerja laptop. Maka, pastikan kamu membersihkan file-file tersebut secara teratur dengan menggunakan fitur ‘Disk Cleanup’ pada Windows.

6. Tambahkan RAM pada Laptop

Jika kamu sudah melakukan semua cara di atas namun masih merasa laptopmu lambat, maka cara terakhir adalah dengan menambahkan RAM pada laptopmu. Pastikan RAM yang kamu beli sesuai dengan spesifikasi laptopmu.

FAQ

1. Apa penyebab laptop menjadi lambat?

Penyebab laptop menjadi lambat bisa disebabkan karena penggunaan RAM yang berlebihan, harddisk yang penuh, atau karena virus pada laptop.

2. Apa itu RAM?

RAM (Random Access Memory) adalah komponen pada laptop yang digunakan untuk menyimpan data sementara dan memberikan akses cepat saat menggunakan program atau aplikasi.

3. Apa itu ReadyBoost?

ReadyBoost adalah fitur pada Windows yang memungkinkan kamu menambahkan virtual RAM pada laptop melalui USB atau SD Card.

4. Apa saja file sampah yang harus dihapus pada laptop?

File sampah yang harus dihapus pada laptop meliputi cache, temporary files, dan file yang tidak terpakai.

5. Berapa RAM yang sebaiknya dimiliki oleh laptop?

RAM yang sebaiknya dimiliki oleh laptop adalah minimal 4GB untuk penggunaan umum dan minimal 8GB untuk penggunaan yang lebih berat seperti gaming atau pemrograman.

Semoga Bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya.

Cara Mengurangi Penggunaan RAM Laptop