Cara Setting Jam pada Komputer Agar Tidak Berubah
Cara Setting Jam pada Komputer Agar Tidak Berubah

Cara Setting Jam pada Komputer Agar Tidak Berubah

Halo Sobat TeknoBgt! Pernahkah kamu mengalami masalah dengan jam pada komputer kamu yang seringkali berubah-ubah dan tidak sinkron dengan jam di dunia luar? Hal ini tentu sangat menjengkelkan terutama jika kamu menggunakannya untuk keperluan yang membutuhkan waktu yang tepat dan akurat.

Nah, pada artikel kali ini akan dibahas mengenai cara setting jam pada komputer agar tidak berubah. Simak terus artikel ini ya!

Pengenalan

Memiliki waktu yang tepat dan akurat pada komputer mengikuti waktu di dunia luar sangat penting untuk berbagai keperluan, terutama untuk yang berkaitan dengan pekerjaan. Namun, seringkali jam pada komputer menjadi tidak sinkron dengan waktu di dunia luar, hal ini dapat terjadi karena beberapa faktor. Berikut adalah beberapa faktor yang dapat menyebabkan jam pada komputer kamu menjadi tidak sinkron:

NoFaktor Penyebab
1Kurangnya koneksi internet
2Baterai CMOS habis atau rusak
3Kegagalan sistem pada komputer

Untuk mengatasi masalah ini, kamu bisa mengikuti beberapa cara setting jam pada komputer agar tidak berubah.

Cara Setting Jam pada Komputer Agar Tidak Berubah

1. Sinkronisasi Manual

Cara pertama yang bisa kamu coba adalah dengan melakukan sinkronisasi manual pada jam di komputer kamu. Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Klik pada jam di bagian kanan bawah tampilan desktop kamu.

2. Pilih “Ubah tanggal dan waktu”.

3. Pilih “Ubah zona waktu”.

4. Pilih zona waktu yang sesuai dengan lokasi kamu sekarang.

5. Klik “OK”.

Dengan melakukan sinkronisasi manual ini, kamu dapat menyesuaikan zona waktu pada komputer kamu dengan zona waktu di lokasi kamu sekarang.

2. Sinkronisasi Otomatis dengan Internet

Cara kedua yang bisa kamu coba adalah dengan melakukan sinkronisasi otomatis dengan internet. Komputer kamu dapat melakukan sinkronisasi otomatis dengan menggunakan server waktu internet. Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Klik pada jam di bagian kanan bawah tampilan desktop kamu.

2. Pilih “Ubah tanggal dan waktu”.

3. Pilih “Sinkronisasi Internet Time”.

4. Pilih server waktu yang diinginkan atau tambahkan server waktu baru.

5. Klik “OK”.

Dengan melakukan sinkronisasi otomatis ini, komputer kamu akan melakukan sinkronisasi jam secara teratur dan menghindari perubahan jam yang tidak diinginkan.

3. Mengganti Baterai CMOS yang Rusak

Salah satu faktor dari perubahan jam pada komputer adalah baterai CMOS yang habis atau rusak. Jika baterai CMOS kamu rusak, kamu bisa menggantinya dengan baterai yang baru dan sesuai dengan jenis yang dibutuhkan pada motherboard kamu.

FAQ

1. Apa itu CMOS pada komputer?

CMOS atau Complementary Metal-Oxide-Semiconductor adalah sebuah teknologi dalam pembuatan transistor pada sebuah chip atau IC pada motherboard. Baterai CMOS sendiri digunakan untuk menyimpan pengaturan yang disimpan pada BIOS komputer kamu.

2. Apakah bisa waktu pada komputer dapat berubah sendiri tanpa sebab?

Ya, komputer bisa mengalami perubahan waktu sendiri tanpa sebab yang jelas. Hal ini dapat terjadi karena beberapa faktor seperti kurangnya koneksi internet atau kegagalan sistem pada komputer kamu.

3. Apakah harus selalu melakukan sinkronisasi pada jam komputer?

Iya, sebaiknya kamu selalu melakukan sinkronisasi pada jam komputer kamu terutama jika kamu menggunakannya untuk keperluan yang membutuhkan waktu yang tepat dan akurat.

Penutup

Itulah beberapa cara setting jam pada komputer agar tidak berubah. Dengan melakukan salah satu cara di atas, kamu dapat menghindari perubahan jam pada komputer kamu yang tidak diinginkan. Jangan lupa untuk selalu memperhatikan waktu pada komputer kamu terutama jika kamu menggunakannya untuk keperluan yang membutuhkan waktu yang tepat dan akurat.

Semoga bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya!

Cara Setting Jam pada Komputer Agar Tidak Berubah