TEKNOBGT
Cara Meredupkan Komputer Windows 10
Cara Meredupkan Komputer Windows 10

Cara Meredupkan Komputer Windows 10

Halo Sobat TeknoBgt! Apakah kamu sering merasa kesal dengan layar ter terang saat menggunakan komputer Windows 10? Terkadang, mata kita menjadi cepat lelah dan terganggu jika terlalu lama berada di depan layar yang terlalu terang. Nah, pada artikel kali ini, kami akan membahas cara meredupkan komputer Windows 10 dengan mudah dan cepat. Simak terus ya!

1. Menggunakan Night Light

Salah satu cara meredupkan komputer Windows 10 adalah dengan menggunakan fitur Night Light. Fitur ini dapat membantu mengurangi cahaya layar dan membuat tampilan layar menjadi lebih hangat dan nyaman untuk mata. Berikut cara mengaktifkan fitur Night Light di Windows 10:

Langkah-langkahGambar
1. Klik ikon Windows di pojok kiri bawah dan pilih ‘Settings’.
2. Pilih ‘System’.
3. Pilih ‘Display’.
4. Aktifkan ‘Night light’ dengan menggeser tombol ke kanan.

Jika kamu ingin mengatur waktu penggunaan Night Light, kamu bisa klik ‘Night light settings’ dan mengatur jadwal aktifnya.

Cara Mengatur Jadwal Aktif Night Light

1. Klik ‘Night light settings’ seperti pada gambar di atas.2. Atur ‘Schedule night light’ menjadi menyala atau mati sesuai keinginan kamu.3. Kamu juga bisa mengatur ‘Strength’ dan ‘Color temperature’ sesuai dengan preference kamu.

2. Menggunakan F.lux

Apabila kamu masih merasa layar terlalu terang setelah mengaktifkan Night Light, kamu bisa mencoba menggunakan F.lux. F.lux adalah aplikasi yang dapat membantu mengurangi cahaya layar dengan otomatis mengubah warna layar menjadi lebih hangat. Berikut cara menginstal dan mengatur F.lux di Windows 10:

Langkah-langkahGambar
1. Kunjungi situs https://justgetflux.com/ dan klik tombol ‘Download f.lux’.
2. Buka file yang sudah di download dan ikuti instruksi untuk menginstal F.lux.
3. Setelah menginstal, buka F.lux dan pilih ‘Change settings’.
4. Atur ‘Location’ kamu supaya F.lux dapat mengatur perubahan warna sesuai dengan waktu dan lokasi kamu.

Sekarang kamu sudah bisa merasakan perbedaan saat menggunakan F.lux. Warna layar kamu akan berubah lebih hangat dan nyaman untuk mata. Selain itu, kamu juga bisa mengatur jadwal aktif F.lux supaya sesuai dengan kebutuhan kamu.

Cara Mengatur Jadwal Aktif F.lux

1. Buka F.lux dan pilih ‘Change settings’.2. Klik ‘Options’.3. Atur jadwal aktif F.lux sesuai dengan preferensi kamu.

3. Mengatur Brightness

Mengatur brightness juga bisa membantu meredupkan komputer Windows 10. Kamu bisa mengurangi brightness layar dan membuat komputer kamu lebih hemat daya. Berikut tutorial cara mengatur brightness di Windows 10:

Langkah-langkahGambar
1. Klik ikon battery di pojok kanan bawah.
2. Geser tombol brightness ke kiri untuk mengurangi brightness.

Jangan mengurangi brightness terlalu banyak, karena bisa membuat layar terlalu gelap dan sulit dilihat. Cobalah untuk mencari settingan yang paling nyaman untuk kamu.

4. Menutup Jendela yang Tidak Diperlukan

Saat menggunakan komputer, biasanya kita membuka banyak jendela sekaligus. Namun, jendela-jendela tersebut bisa membuat kita merasa terganggu dan membuat layar terlihat semakin terang. Oleh karena itu, cobalah untuk menutup jendela yang tidak diperlukan dan fokus pada satu atau dua jendela saja.

Dengan menutup jendela yang tidak diperlukan, tidak hanya membuat layar terlihat lebih redup, namun juga dapat membantu meningkatkan produktivitas kamu.

5. Menggunakan Eye Protection Screen

Jika kamu sering menggunakan komputer dalam waktu yang lama, kamu bisa mempertimbangkan untuk menggunakan eye protection screen. Beberapa brand laptop sudah menyediakan fitur ini di laptop mereka, namun kamu juga bisa membelinya secara terpisah. Eye protection screen bisa membantu mengurangi cahaya biru dan membuat layar jadi lebih nyaman untuk mata.

Beberapa eye protection screen yang bisa kamu coba antara lain seperti ABLEWE 15.6 inch Eye Protection Screen dan Kiorafoto Eye Protection Screen.

FAQ

1. Apa itu Night Light?

Night Light adalah fitur di Windows 10 yang dapat membantu mengurangi cahaya layar dan membuat tampilan layar menjadi lebih hangat dan nyaman untuk mata.

2. Apakah Night Light berpengaruh pada kualitas gambar?

Night Light hanya mengubah suhu warna layar dan tidak berpengaruh pada kualitas gambar.

3. Apa bedanya F.lux dengan Night Light?

F.lux memiliki fitur yang lebih kompleks dibandingkan dengan Night Light. F.lux dapat mengatur perubahan warna layar sesuai dengan waktu dan lokasi pengguna untuk memberikan kenyamanan maksimal untuk mata.

4. Apakah pengurangan brightness bisa membuat komputer hemat daya?

Iya, mengurangi brightness bisa membuat komputer lebih hemat daya karena semakin redup layar, semakin sedikit daya yang dibutuhkan.

5. Apakah Eye Protection Screen bisa digunakan pada semua tipe laptop?

Tergantung pada ukuran layar laptop kamu, kamu bisa memilih ukuran yang sesuai dengan layar laptopmu.

Semoga Bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya!

Cara Meredupkan Komputer Windows 10