TEKNOBGT

Cara Masuk BIOS Komputer PC

Hello Sobat TeknoBgt! Apakah kamu pernah mengalami kesulitan untuk masuk ke BIOS pada komputer PC kamu? Jangan khawatir, karena dalam artikel ini kita akan membahas cara-cara untuk mengakses BIOS pada PC dengan berbagai cara yang mudah dan cepat.

Apa itu BIOS?

Sebelum kita masuk ke cara-cara untuk masuk ke BIOS, alangkah baiknya jika kita memahami terlebih dahulu apa itu BIOS. BIOS atau Basic Input/Output System adalah program firmware yang berfungsi untuk mengatur semua hardware pada komputer sebelum sistem operasi diload. BIOS umumnya terdapat pada motherboard yang terdiri dari chip firmware BIOS.

Apakah BIOS Penting?

Tentu saja, BIOS sangat penting dalam operasi komputer kamu. BIOS berfungsi untuk mengatur konfigurasi hardware yang nantinya akan digunakan oleh sistem operasi. Tanpa BIOS, sistem operasi tidak akan dapat dijalankan dengan semestinya. Oleh karena itu, penting bagi kamu untuk mengetahui bagaimana cara untuk masuk ke BIOS saat komputer kamu dinyalakan.

Cara Masuk BIOS dengan Tombol F2

Cara pertama untuk masuk ke BIOS adalah dengan menekan tombol F2 saat komputer kamu dinyalakan. Tapi, sebelum kamu menekan tombol F2, pastikan kamu menekannya dengan benar. Tekan tombol tersebut sebelum munculnya tampilan Windows atau OS yang kamu gunakan. Jika berhasil, kamu akan masuk ke Menu BIOS. Cara ini dapat digunakan pada komputer dengan merk Acer, Asus, Lenovo dan lainnya.

Yang perlu diperhatikan

Apabila kamu ingin melakukan setting BIOS, kamu harus sangat berhati-hati karena kesalahan dalam melakukan setting akan menyebabkan kerusakan pada hardware dan software. Pastikan kamu memahami betul tentang konfigurasi hardware sebelum melakukan perubahan apapun pada setting BIOS.

Cara Masuk BIOS dengan Tombol F12

Cara kedua untuk masuk ke BIOS adalah dengan menekan tombol F12. Cara ini mirip dengan cara pertama, hanya saja pada beberapa tipe laptop atau PC, kamu harus menekan tombol F12 agar masuk ke Menu BIOS. Hal ini dapat ditemukan pada merk laptop Dell dan lainnya.

Catatan Penting

Apabila kamu salah menekan tombol F12 dan tidak masuk ke Menu BIOS, kamu harus menunggu Windows atau OS selesai loading terlebih dahulu. Selanjutnya kamu harus restart ulang komputermu dan menekan tombol F12 dengan benar saat komputer dinyalakan.

Cara Masuk BIOS dengan Tombol Delete

Selain F2 dan F12, cara lain untuk masuk ke BIOS adalah dengan menekan tombol Delete saat komputer kamu dinyalakan. Hal ini dapat ditemukan pada PC Desktop maupun Laptop tertentu. Saat kamu menekan tombol Delete, kamu akan langsung masuk ke Menu BIOS.

Pentingnya Mengetahui Tombol yang Benar

Sangat penting bagi kamu untuk mengetahui tombol yang tepat untuk masuk ke Menu BIOS pada PC yang kamu gunakan. Hal ini tidak hanya memudahkan kamu dalam melakukan setting pada BIOS, tetapi juga meminimalisir kesalahan saat melakukan setting.

Cara Masuk BIOS dengan Windows 10

Bagi kamu yang menggunakan OS Windows 10, cara untuk masuk ke BIOS agak sedikit berbeda. Ikuti langkah-langkah berikut untuk masuk ke BIOS pada Windows 10:

  1. Pilih opsi Start dan pilih Settings
  2. Pilih Update & Security
  3. Pilih Recovery
  4. Pilih Restart now dibawah Advanced startup
  5. Pilih Troubleshoot
  6. Pilih Advanced options
  7. Pilih UEFI Firmware Settings
  8. Pilih Restart

Masuk ke BIOS dengan Mudah

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, kamu dapat dengan mudah masuk ke BIOS pada PC atau Laptop yang menggunakan OS Windows 10.

Cara Mematikan Secure Boot

Secure Boot adalah fitur pada BIOS yang dirancang untuk memastikan bahwa sistem hanya memuat perangkat lunak yang telah diverifikasi oleh produsen. Namun, pada beberapa kasus, kamu mungkin perlu mematikan Secure Boot untuk mengaktifkan beberapa sistem operasi atau untuk memuat perangkat lunak yang tidak ditandatangani.

Langkah-Langkah Mematikan Secure Boot

  1. Masuk Menu BIOS pada PC atau Laptop kamu
  2. Pilih tab Security
  3. Pilih Secure Boot Configuration
  4. Pilih Secure Boot Option
  5. Pilih Disabled
  6. Saat selesai, pilih Save Changes and Exit BIOS

Frequently Asked Questions (FAQ)

Apa itu BIOS?

BIOS atau Basic Input/Output System adalah program firmware yang berfungsi untuk mengatur semua hardware pada komputer sebelum sistem operasi diload.

Apakah BIOS Penting?

Tentu saja, BIOS sangat penting dalam operasi komputer kamu. BIOS berfungsi untuk mengatur konfigurasi hardware yang nantinya akan digunakan oleh sistem operasi. Tanpa BIOS, sistem operasi tidak akan dapat dijalankan dengan semestinya.

Apakah Saya Bisa Mengubah Setting BIOS?

Ya, kamu bisa mengubah setting BIOS. Namun kamu harus berhati-hati karena kesalahan dalam melakukan setting akan menyebabkan kerusakan pada hardware dan software.

Apa yang Harus Dilakukan Jika BIOS Terkunci?

Jika BIOS terkunci, kamu harus mereset password BIOS. Ada beberapa cara yang dapat dilakukan, tetapi kamu harus berhati-hati dalam melakukan ini dan pastikan kamu memahami betul tentang konfigurasi hardware sebelum melakukan perubahan apapun pada setting BIOS.

Simak Video Tutorial Cara Masuk BIOS Komputer PC Berikut Ini!

Itulah beberapa cara untuk masuk ke BIOS pada PC atau Laptop kamu. Pastikan kamu benar-benar memahami semua langkah-langkah yang dijelaskan sebelum melakukan setting pada BIOS. Semoga Bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya!.

Cara Masuk BIOS Komputer PC