Cara Menghitung Rumus Berat Badan Ideal
Cara Menghitung Rumus Berat Badan Ideal

Cara Menghitung Rumus Berat Badan Ideal

Daftar Isi tampilkan

Pendahuluan

Salam semua, kali ini kita akan membahas tentang cara menghitung rumus berat badan ideal. Bagi sebagian orang, memiliki berat badan yang ideal merupakan impian yang tak tercapai. Padahal, memiliki berat badan yang ideal sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh.

Berat badan ideal akan mempengaruhi tingkat metabolisme, kesehatan jantung, kekuatan tulang, serta menurunkan risiko terkena beberapa penyakit terkait obesitas. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk menghitung berat badan ideal kita sendiri.

Dalam artikel ini, kita akan membahas cara menghitung berat badan ideal serta metode yang digunakan.

Sebelum kita masuk pada poin-poin utama artikel ini, mari kita kenali terlebih dahulu rumus dasar dan metode yang digunakan dalam menghitung berat badan ideal.

1. Rumus Dasar Menghitung Berat Badan Ideal

Rumus dasar menghitung berat badan ideal adalah dengan menggunakan rumus Broca. Berat badan ideal menurut rumus Broca diperoleh dengan cara memotong angka 100 dari tinggi badan kita.

Contohnya, seseorang yang memiliki tinggi badan 170 cm, maka berat badan idealnya adalah 170 – 100 = 70 kg.

2. Metode Menghitung Berat Badan Ideal

Selain menggunakan rumus Broca, terdapat pula metode lain yang dapat digunakan untuk menghitung berat badan ideal. Beberapa metode tersebut adalah:

a. Metode Body Mass Index (BMI)

Metode BMI atauindeks massa tubuh adalah salah satu metode yang paling populer digunakan. Metode ini sangat mudah dan cepat dilakukan dengan cara menghitung berat badan sesuai tinggi badan, kemudian dibagi dua.

Contohnya, seseorang yang memiliki tinggi badan 165 cm dan berat 60 kg, maka berat badan idealnya adalah 65 kg (BMI = (60/((165/100)*(165/100))))

b. Metode Lingkar Perut dan Pinggang

Dalam metode Lingkar Perut dan Pinggang, perhitungannya berdasarkan lingkar pinggang atau perut dari seseorang.

Lingkar pinggang sebesar 80 cm untuk wanita dan 90 cm untuk pria dipertimbangkan baik untuk kesehatan.

c. Metode Penilaian Tubuh Skala Visual (PTSV)

Metode ini adalah metode yang paling mudah dilakukan tanpa perlu perhitungan apapun, yaitu hanya dengan memeriksa bentuk tubuh.

Jika bentuk tubuh terlihat ideal dan simetris, maka berat badan dikatakan ideal.

d. Metode DuPont

Metode DuPont mempertimbangkan berat badan ideal seseorang berdasarkan usia dan jenis kelamin. Metode ini juga mempertimbangkan persentase lemak tubuh sehingga dapat menentukan berat badan ideal dengan lebih akurat.

Cara Menghitung Berat Badan Ideal Menggunakan Rumus Broca

1. Siapkan Alat dan Bahan yang Dibutuhkan

Sebelum menghitung berat badan, pastikan Anda telah menyiapkan alat dan bahan yang dibutuhkan seperti meteran, timbangan, dan kalkulator.

2. Ukur Tinggi Badan

Ukur tinggi badan Anda menggunakan meteran. Pastikan kondisi tubuh dalam keadaan tegak, kepala terangkat, dan berdiri di atas permukaan yang rata.

3. Gunakan Rumus Broca

Hasil pengurangan tinggi badan dengan angka 100 akan menghasilkan angka berat badan ideal Anda. Contoh: seseorang dengan tinggi badan 170cm maka berat badan idealnya adalah 170 – 100 = 70 kg.

4. Evaluasi Berat Badan

Jangan terlalu khawatir atau terlalu senang jika hasil perhitungan berat badan Anda tidak sama dengan yang Anda perkirakan.

Evaluasi alasan mengapa hasil perhitungannya berbeda dan apa yang perlu Anda lakukan agar berat badan Anda benar-benar ideal.

Cara Menghitung Berat Badan Ideal Menggunakan Metode BMI

1. Siapkan Timbangan dan Meteran

Sebelum menghitung BMI, pastikan Anda telah menyiapkan timbangan dan meteran.

2. Ukur Tinggi Badan Anda

Ukur tinggi badan Anda dalam centimeter.

3. Timbang Berat Badan Anda

Timbang berat badan Anda dalam kilogram.

4. Hitung BMI Anda

Gunakan rumus BMI = (berat badan (kg) / tinggi badan (m) kuadrat). Contohnya, jika tinggi badan Anda 165 cm dan berat badan Anda 60 kg, maka rumusnya adalah 60 / (1,65 x 1,65) = 22,03.

5. Evaluasi Hasil BMI Anda

Periksa hasil BMI Anda pada tabel untuk mengetahui apakah berat badan Anda termasuk normal atau tidak. Pasien dengan BMI di atas 30 dianggap mengalami obesitas dan memerlukan penanganan medis.

Cara Menghitung Berat Badan Ideal Menggunakan Metode Lingkar Perut dan Pinggang

1. Siapkan Gulungan Pita Pengukur

Pastikan Anda telah menyiapkan gulungan pita pengukur. Gulungan pita pengukur ini layaknya pita pengukur pada umumnya, namun harus mampu melingkupi tubuh pada area perut dan lingkar pinggang.

2. Ukur Lingkar Pinggang

Letakkan pengukur tepat di atas tulang panggul dan bawah perut. Pastikan pengukur berada tepat di garis tengah badan Anda dan sejajar dengan lantai.

Jangan menarik pengukur terlalu ketat atau terlalu longgar, cukup dalam keadaan normal atau sekitar satu jari ketatnya agar dapat dengan mudah membaca hasilnya.

3. Ukur Lingkar Perut

Letakkan pengukur pada posisi yang sama tepat dua jari di atas pusar dan jika memiliki lemak berlebih cenderung agak meruncing di bagian bawah.

Letakkan pengukuran ke atas dan bawah garis garis pinggang Anda. Ingat agar tidak menarik pengukuran terlalu ketat atau longgar.

4. Evaluasi Hasil Pengukuran

Hasil yang baik atau normal adalah hasil pengukuran melewati garis pinggang dan kurang dari pada dua kali garis pinggang. Jika lebih dari dua garis pinggang, maka ditandai sebagai bentuk obesitas genital.

Jika hasil pengukuran menunjukkan angka garis pinggang atau BMI melebihi angka normal, segeralah berkonsultasi dengan dokter untuk meminta saran dalam mengambil langkah untuk menurunkan berat badan.

Cara Menghitung Berat Badan Ideal Menggunakan Metode Penilaian Tubuh Skala Visual (PTSV)

1. Perhatikan Bentuk Tubuh Anda

Perhatikan bagian tubuh seperti perut, lengan, betis, dan pipi. Jika bentuk tubuh Anda ideal serta simetris, maka berat badan Anda dapat dikatakan ideal.

2. Evaluasi Bentuk Tubuh Anda

Jika Anda meragukan bentuk tubuh Anda, segeralah merencanakan diet dengan mengatur asupan makanan yang tepat dan melakukan beberapa olahraga ringan untuk mengoptimalkan pembakaran kalori dalam menurunkan berat badan.

Cara Menghitung Berat Badan Ideal Menggunakan Metode DuPont

1. Lakukan Pengukuran Tubuh

Lakukan pengukuran tinggi badan, lingkar pinggang, dan lebar dada dalam keadaan yang sehat.

2. Lakukan Pengukuran Lemak Tubuh

Lakukan juga pengukuran persentase lemak tubuh. Namun, pengukuran ini harus dilakukan di tempat khusus seperti pusat olahraga atau dokter spesialis dalam keadaan sehat.

3. Lakukan Pengamatan Pertumbuhan Tubuh

Lakukan pengamatan pertumbuhan tubuh. Jika Anda telah mengalami pertumbuhan di bawah rata-rata, maka berat badan ideal Anda seharusnya di bawah rata-rata, dan sebaliknya.

4. Masukkan Informasi dalam Rumus DuPont

Masukkan informasi yang telah diukur pada rumus DuPont. Rumus ini akan memberikan hasil berat badan ideal Anda berdasarkan usia, jenis kelamin, dan persentase lemak tubuh.

Kelebihan Aplikasi Menghitung Berat Badan Ideal

Aplikasi yang membantu menghitung berat badan ideal memiliki beberapa kelebihan sebagai berikut:

1. Mudah Digunakan

Aplikasi ini sangat mudah digunakan karena hanya memerlukan beberapa masukan informasi dalam waktu singkat untuk menampilkan hasil akurat.

2. Tidak Memerlukan Alat Tambahan

Aplikasi ini tidak memerlukan alat tambahan selain smartphone Anda.

3. Dapat Menghemat Waktu

Dengan menggunakan aplikasi ini, Anda tidak perlu menuangkan informasi baru saat ingin melakukan penghitungan ulang, sehingga sangat menghemat waktu.

4. Tips Kesehatan

Aplikasi ini juga membantu memberikan beberapa tips kesehatan dan diet yang berkaitan dengan berat badan ideal Anda.

Kekurangan Aplikasi Menghitung Berat Badan Ideal

Seperti semua aplikasi, aplikasi menghitung berat badan ideal juga memiliki kekurangan sebagai berikut:

1. Hasil Tidak Selalu Akurat

Beberapa aplikasi menghitung berat badan ideal dapat menampilkan hasil yang tidak akurat karena tidak mempertimbangkan faktor lingkungan tubuh dan kebiasaan makan tertentu.

2. Tidak Mampu Membedakan Antara Lemak dan Otot

Beberapa aplikasi menghitung berat badan ideal juga tidak mampu membedakan antara lemak dan otot, sehingga dapat menimbulkan kesalahan dalam hasil penghitungan.

3. Dapat Menimbulkan Kecemasan yang Tidak Perlu

Beberapa aplikasi juga dapat menimbulkan kecemasan yang tidak perlu jika hasil rekomendasi berat badannya tidak sejalan dengan aspek kebahagiaan dan kesehatan seseorang.

4. Tidak dapat Menjadi Acuan yang Mutlak

Aplikasi ini hanya dapat menjadi alat bantu dalam penghitungan berat badan ideal, namun tidak dapat menjadi acuan yang mutlak. Konsultasilah dengan dokter untuk hasil yang lebih akurat.

FAQ

1. Kenapa penting menghitung berat badan ideal?

Menghitung berat badan ideal penting untuk menjaga kesehatan tubuh dan mencegah risiko terkena beberapa penyakit terkait obesitas seperti penyakit jantung, stroke, dan lain-lain.

2. Apa saja faktor-faktor yang mempengaruhi berat badan ideal?

Faktor-faktor tersebut seperti tinggi badan, jenis kelamin, usia, dan level aktivitas fisik.

3. Apa yang dapat mempengaruhi hasil perhitungan berat badan ideal?

Beberapa faktor seperti asupan makanan, jam tidur yang cukup, dan olahraga rutin dapat mempengaruhi hasil perhitungan berat badan ideal Anda.

4. Bisakah berat badan ideal sangat rendah?

Berat badan ideal seharusnya tidak terlalu rendah, karena dapat membahayakan kesehatan tubuh dalam jangka panjang. Namun, tiap individu mempunyai berat badan ideal masing-masing.

5. Apakah aplikasi menghitung berat badan ideal di App Store dan Google Playstore memiliki kualitas yang sama?

Tidak, tingkat kualitas aplikasi dapat bervariasi pendapatannya dari review yang ada pada platform tersebut.

6. Berapa kisaran hasil berat badan ideal berdasarkan pengukuran BMI?

Pasien dengan skor BMI lebih dari 30 dianggap mengalami obesitas dan memerlukan penanganan medis.

7. Penggunaan aplikasi meng

Cara Menghitung Rumus Berat Badan Ideal