Cara Menghitung Perolehan Kursi DPRD Pemilu 2019
Cara Menghitung Perolehan Kursi DPRD Pemilu 2019

Cara Menghitung Perolehan Kursi DPRD Pemilu 2019

Hello Sobat TeknoBgt! Bagi sebagian besar masyarakat Indonesia, istilah pemilihan umum atau Pemilu sudah tidak asing lagi. Seperti yang kita tahu, pemilihan umum dilakukan untuk memilih anggota legislatif dan presiden serta wakil presiden. Di dalam pemilihan umum, kita juga akan menentukan siapa saja anggota DPRD yang akan mewakili kita selama lima tahun ke depan.

Apa itu DPRD?

DPRD adalah Dewan Perwakilan Rakyat Daerah. DPRD memiliki tugas dan fungsi untuk mewakili rakyat di tingkat daerah. DPRD bertanggung jawab untuk membuat dan mengesahkan peraturan daerah yang berhubungan dengan kepentingan rakyat serta mengawasi kebijakan pemerintah daerah.

Siapa saja anggota DPRD?

Anggota DPRD terdiri dari beberapa partai politik yang mengikuti pemilihan umum. Setiap partai politik yang mengikuti pemilihan umum akan menentukan calon anggota DPRD yang akan diusung. Jumlah kursi DPRD yang ditempati oleh masing-masing partai politik akan ditentukan berdasarkan perolehan suara yang didapat.

Bagaimana cara menghitung perolehan kursi DPRD?

Perhitungan perolehan kursi DPRD dilakukan menggunakan rumus D’Hondt. Rumus ini akan membantu kita untuk menentukan jumlah kursi DPRD yang akan ditempati oleh masing-masing partai politik berdasarkan perolehan suara yang didapat.

Apa itu rumus D’Hondt?

Rumus D’Hondt adalah metode matematika yang digunakan untuk mendistribusikan kursi di parlemen. Metode ini dinamakan sesuai dengan nama pendirinya yaitu Victor D’Hondt, seorang pengacara dan politikus Belgia. Metode D’Hondt digunakan di banyak negara termasuk di Indonesia untuk menghitung perolehan kursi DPRD.

Bagaimana cara menggunakan rumus D’Hondt?

Untuk menghitung perolehan kursi DPRD dengan menggunakan rumus D’Hondt, kamu harus mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Hitung total suara sah pada pemilihan umum.
  2. Tentukan jumlah kursi DPRD yang akan diperebutkan.
  3. Bagikan total suara dengan angka 1, 2, 3, dan seterusnya sampai dengan jumlah kursi yang diperebutkan.
  4. Partai politik yang memiliki hasil pembagian terbesar akan memenangkan kursi pertama dan seterusnya hingga kursi yang diperebutkan telah habis.

Contoh perhitungan menggunakan rumus D’Hondt

Partai PolitikJumlah SuaraHasil D’HondtKursi DPRD
Partai A1000010000/1 = 100001
Partai B80008000/1 = 80001
Partai C50005000/1 = 5000
Partai D40004000/1 = 4000
Partai E30003000/1 = 3000
Partai F20002000/1 = 2000

Pada contoh di atas, terdapat enam partai politik yang mengikuti pemilihan umum DPRD. Jumlah kursi DPRD yang diperebutkan adalah dua. Berdasarkan hasil perhitungan di atas, Partai A dan Partai B akan memenangkan kursi DPRD.

FAQ

1. Apakah rumus D’Hondt digunakan di seluruh dunia?

Ya, rumus D’Hondt digunakan di banyak negara di seluruh dunia termasuk di Indonesia.

2. Apakah setiap partai politik dijamin untuk memenangkan kursi DPRD?

Tidak, perolehan kursi DPRD hanya diberikan kepada partai politik yang memiliki perolehan suara terbanyak berdasarkan rumus D’Hondt.

3. Apakah perhitungan perolehan kursi DPRD dilakukan secara manual atau menggunakan sistem komputerisasi?

Perhitungan perolehan kursi DPRD dilakukan menggunakan sistem komputerisasi untuk menghindari terjadinya kesalahan dalam perhitungan.

4. Apa saja tugas dan fungsi anggota DPRD?

Tugas dan fungsi anggota DPRD adalah mewakili rakyat di tingkat daerah, membuat dan mengesahkan peraturan daerah yang berhubungan dengan kepentingan rakyat serta mengawasi kebijakan pemerintah daerah.

5. Apa yang harus saya lakukan jika merasa tidak puas dengan hasil perolehan kursi DPRD?

Saat ini, terdapat mekanisme pengajuan gugatan hasil pemilihan umum ke Mahkamah Konstitusi (MK) sebagai badan yang berwenang untuk menangani perselisihan hasil pemilihan umum.

Semoga Bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya.

Cara Menghitung Perolehan Kursi DPRD Pemilu 2019