TEKNOBGT

Cara Menghitung Morfem

Halo Sobat TeknoBgt! Kamu pasti sudah tahu tentang morfem, bukan? Morfem adalah satuan terkecil dalam bahasa yang memiliki arti. Pada artikel kali ini, kita akan membahas cara menghitung morfem dengan mudah dan cepat. Yuk, simak selengkapnya!

Apa itu Morfem?

Sebelum kita membahas cara menghitung morfem, ada baiknya kita memahami terlebih dahulu apa itu morfem. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, morfem adalah satuan terkecil dalam bahasa yang memiliki arti. Satuan ini bisa terdiri dari satu huruf atau beberapa huruf.

Contohnya, dalam kata “buku”, terdapat satu morfem yaitu “bu”. Sedangkan dalam kata “membaca”, terdapat dua morfem yaitu “mem” dan “baca”.

Morfem Bebas dan Morfem Terikat

Dalam bahasa, terdapat dua jenis morfem yaitu morfem bebas dan morfem terikat. Morfem bebas adalah morfem yang dapat berdiri sendiri dan memiliki arti. Sedangkan morfem terikat adalah morfem yang tidak bisa berdiri sendiri dan harus digabungkan dengan morfem lain untuk membentuk kata yang memiliki arti.

Contohnya, morfem bebas dalam kata “rumah” adalah “rumah” itu sendiri. Sedangkan morfem terikat dalam kata “berlari” adalah “ber-” dan “-lari”.

Morfem Dasar dan Morfem Turunan

Selain itu, terdapat juga morfem dasar dan morfem turunan. Morfem dasar adalah morfem yang tidak dapat lagi dipecah menjadi morfem yang lebih kecil dan merupakan dasar dari semua kata turunan.

Contohnya, morfem dasar dalam kata “sekolah” adalah “sekolah” itu sendiri. Sedangkan morfem turunan adalah morfem yang berasal dari morfem dasar dengan ditambahkan awalan, sisipan, atau akhiran.

Contohnya, morfem turunan dalam kata “pelajar” adalah “pelajar” yang berasal dari morfem dasar “sekolah” dengan tambahan awalan “pe-“.

Cara Menghitung Morfem dalam Kata

1. Pisahkan kata menjadi morfem-morfem yang ada

Langkah pertama dalam menghitung morfem adalah dengan memisahkan kata menjadi morfem-morfem yang ada. Caranya adalah dengan memperhatikan morfem-morfem terikat yang ada dalam kata. Setelah itu, kita bisa menentukan morfem-morfem dasar yang ada.

Contohnya, kita akan menghitung morfem dalam kata “membaca”. Morfem-morfem yang ada pada kata tersebut adalah “me-“, “-m-“, dan “-aca”. Sedangkan morfem dasarnya adalah “baca”.

2. Hitung morfem dasar

Setelah morfem-morfem dasar telah ditentukan, langkah selanjutnya adalah menghitung jumlah morfem dasar yang ada pada kata tersebut. Jumlah inilah yang akan menjadi hasil akhir dari cara menghitung morfem dalam kata.

Contohnya, pada kata “membaca” terdapat satu morfem dasar yaitu “baca”. Sehingga jumlah morfem dalam kata tersebut adalah satu.

Tabel Contoh Perhitungan Morfem

KataMorfem DasarJumlah Morfem
bukubuku1
membacabaca1
berlarilari1
sekolahsekolah1
pelajarsekolah1

FAQ

1. Apa itu morfem?

Morfem adalah satuan terkecil dalam bahasa yang memiliki arti.

2. Apa itu morfem bebas?

Morfem bebas adalah morfem yang dapat berdiri sendiri dan memiliki arti.

3. Apa itu morfem terikat?

Morfem terikat adalah morfem yang tidak bisa berdiri sendiri dan harus digabungkan dengan morfem lain untuk membentuk kata yang memiliki arti.

4. Apa itu morfem dasar?

Morfem dasar adalah morfem yang tidak dapat lagi dipecah menjadi morfem yang lebih kecil dan merupakan dasar dari semua kata turunan.

5. Bagaimana cara menghitung morfem dalam kata?

Cara menghitung morfem dalam kata adalah dengan memisahkan kata menjadi morfem-morfem yang ada dan menghitung jumlah morfem dasar yang ada pada kata tersebut.

Penutup

Demikianlah cara menghitung morfem dengan mudah dan cepat. Dengan mengetahui cara ini, kita bisa lebih memahami struktur bahasa dan meningkatkan kemampuan bahasa kita. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya!

Cara Menghitung Morfem