TEKNOBGT
Cara Memperbaiki Printer Epson L220 Yang Tidak Bisa Print
Cara Memperbaiki Printer Epson L220 Yang Tidak Bisa Print

Cara Memperbaiki Printer Epson L220 Yang Tidak Bisa Print

Printer Epson L220 merupakan salah satu printer yang banyak digunakan untuk mencetak dokumen, foto, dan lainnya. Nantinya, hasil cetakan dari printer ini akan memuaskan Anda. Namun, tak jarang printer Epson L220 juga mengalami masalah seperti tidak bisa print. Hal ini tentu menjadi masalah yang cukup membuat kecewa, terutama jika Anda sedang membutuhkan dokumen yang harus segera Anda cetak. Oleh karena itu, Anda harus segera mengetahui cara memperbaiki printer Epson L220 agar dapat bekerja seperti semula.

Memastikan Konektivitas

Pertama Anda harus memastikan bahwa printer Epson L220 Anda terhubung dengan komputer atau laptop dengan baik. Jika koneksi belum terjalin, maka printer tidak akan dapat bekerja atau print. Untuk itu, pastikan bahwa kabel USB yang terhubung ke printer dan komputer/laptop Anda ter-connect dengan baik. Periksa pula apakah kabel USB yang Anda gunakan masih bagus atau sudah rusak. Jika ternyata kabel USB yang Anda gunakan sudah rusak, maka Anda harus segera mengganti dengan yang baru.

Mengatasi Driver Printer

Selanjutnya, Anda juga harus memastikan apakah driver printer telah terinstal dengan benar atau belum. Driver yang tidak benar akan menyebabkan printer tidak dapat berfungsi dengan baik, bahkan tidak dapat print sama sekali. Maka dari itu, pastikan bahwa driver yang digunakan telah terinstal dengan benar. Jika driver belum terinstal, maka Anda harus melakukan instalasi dengan cara mendownloadnya dari situs resmi Epson. Setelah proses instalasi selesai, maka Anda bisa langsung menjalankan perintah print.

Mencoba USB Port Lain

Selain itu, jika Anda menggunakan USB port yang berbeda, Anda juga bisa mencobanya untuk mengatasi printer Epson L220 yang tidak bisa print. Hal ini dikarenakan terkadang USB port yang Anda gunakan sudah rusak atau sudah tidak dapat berfungsi dengan baik, sehingga printer tidak dapat bekerja. Maka dari itu, cobalah untuk menggunakan USB port yang berbeda, agar printer bisa bekerja dengan baik.

Menggunakan Software Printer

Selain itu, Anda juga bisa mencoba menggunakan software printer yang disediakan oleh Epson. Software ini dapat membantu Anda dalam mengecek apakah printer Anda telah terpasang dengan benar atau belum. Selain itu, software ini juga bisa membantu Anda dalam mengecek apakah ada masalah dengan printer Anda atau tidak. Jika ternyata ada masalah dengan printer Anda, maka Anda harus segera melakukan perbaikan.

Menonaktifkan Firewall

Jika Anda menggunakan Windows, maka ada kemungkinan bahwa firewall yang terinstal telah menonaktifkan printer Epson L220 Anda. Hal ini dikarenakan firewall dapat memblokir koneksi antara komputer dan printer. Untuk itu, Anda harus segera menonaktifkan firewall di komputer Anda agar printer bisa bekerja dengan baik. Caranya, buka Control Panel, lalu pilih System and Security dan klik Windows Firewall. Setelah itu, pilih Turn Windows Firewall on or off. Di sana Anda harus mematikan firewall untuk koneksi jaringan lokal.

Mengubah Setting Printer

Selain itu, Anda juga bisa mengubah setting printer untuk menghindari masalah tidak bisa print. Caranya, buka Control Panel, lalu pilih Devices and Printers. Setelah itu, klik kanan pada printer Epson L220 Anda dan pilih Printer Properties. Di sana Anda harus mengubah settingnya, seperti mengubah jenis kertas, jenis tinta, ukuran kertas, dan lainnya. Jika sudah selesai, maka Anda bisa mencoba untuk mencetak dokumen.

Memperbarui Firmware Printer

Terakhir, Anda juga harus memperbarui firmware printer Anda agar printer bisa bekerja dengan baik. Untuk melakukannya, Anda harus mengunjungi situs resmi Epson dan mengunduh firmware yang sesuai dengan printer Anda. Setelah itu, Anda harus menginstal firmware tersebut ke printer Anda. Caranya, buka Control Panel, lalu pilih Devices and Printers. Setelah itu, klik kanan pada printer Epson l220 Anda dan pilih Printer Properties. Di sana Anda akan melihat menu Update Firmware, lalu Anda harus mencari file firmware yang telah Anda download tadi.

Kesimpulan

Dengan demikian, itulah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk memperbaiki printer Epson L220 yang tidak bisa print. Semoga cara di atas dapat membantu Anda mengatasi masalah printer Anda. Jika masih ada masalah yang Anda hadapi, maka Anda harus segera menghubungi layanan teknisi printer untuk memperoleh bantuan teknis.