TEKNOBGT
Rukun Umroh dan Haji
Rukun Umroh dan Haji

Rukun Umroh dan Haji

Umroh dan Haji adalah salah satu ibadah yang sangat penting bagi umat Muslim. Ibadah ini dilakukan untuk memperdalam iman dan taqwa kepada Allah SWT. Bagi yang ingin menunaikan Umroh atau Haji, harus mengetahui Rukun Umroh dan Haji. Rukun Umroh dan Haji merupakan tuntunan atau syarat yang harus dipenuhi untuk menjalankan ibadah tersebut.

Rukun Umroh

1. Niat

Niat adalah hal yang sangat penting dalam menjalankan ibadah Umroh. Niat harus dilakukan dengan sungguh-sungguh dan tulus dari hati. Niat harus diucapkan sebelum memasuki miqat atau batas wilayah yang ditentukan.

2. Tawaf

Tawaf merupakan mengelilingi Ka’bah sebanyak 7 kali dengan arah searah jarum jam. Tawaf ini dilakukan sebagai bentuk penghormatan kepada Allah SWT dan mengenang perjalanan Nabi Ibrahim AS bersama putranya, Nabi Ismail AS, dalam membangun Ka’bah.

3. Sa’i

Sa’i adalah berjalan cepat antara bukit Safa dan Marwah sebanyak 7 kali. Sa’i ini dilakukan untuk mengenang perjuangan Hajar AS, istri Nabi Ibrahim AS, dalam mencari air untuk putranya, Nabi Ismail AS.

4. Tahallul

Tahallul merupakan pemotongan rambut sebagai tanda berakhirnya ibadah Umroh. Tahallul ini dilakukan di Mekah atau di tempat lain sesuai dengan syarat yang telah ditentukan.

Rukun Haji

1. Niat

Niat adalah hal yang sangat penting dalam menjalankan ibadah Haji. Niat harus dilakukan dengan sungguh-sungguh dan tulus dari hati. Niat harus diucapkan sebelum memasuki miqat atau batas wilayah yang ditentukan.

2. Wukuf di Arafah

Wukuf di Arafah merupakan salah satu rukun Haji yang wajib dilakukan pada tanggal 9 Dzulhijjah. Wukuf di Arafah dilakukan sebagai bentuk penghormatan dan penyerahan diri kepada Allah SWT. Di sini, para jamaah melakukan doa dan dzikir kepada Allah SWT.

3. Tawaf Ifadhah

Tawaf Ifadhah dilakukan setelah selesai wukuf di Arafah. Tawaf ini dilakukan seperti tawaf umroh, yaitu mengelilingi Ka’bah sebanyak 7 kali dengan arah searah jarum jam. Setelah itu, jamaah melakukan sa’i di antara bukit Safa dan Marwah sebanyak 7 kali.

4. Tahallul

Tahallul merupakan pemotongan rambut sebagai tanda berakhirnya ibadah Haji. Tahallul ini dilakukan di Mekah atau di tempat lain sesuai dengan syarat yang telah ditentukan.

Kesimpulan

Menjalankan ibadah Umroh dan Haji merupakan kegiatan yang sangat penting bagi umat Muslim. Untuk menjalankan ibadah tersebut, terdapat Rukun Umroh dan Haji yang harus dipenuhi. Rukun Umroh terdiri dari niat, tawaf, sa’i, dan tahallul. Sedangkan Rukun Haji terdiri dari niat, wukuf di Arafah, tawaf Ifadhah, dan tahallul. Dengan memenuhi Rukun Umroh dan Haji, diharapkan ibadah yang dilakukan akan diterima oleh Allah SWT dan umat muslim akan semakin mendekatkan diri kepada-Nya.

Artikel Rukun Umroh dan Haji

© Copyright 2023 TEKNOBGT.COM