TEKNOBGT
Ayat Alquran Tentang Sombong
Ayat Alquran Tentang Sombong

Ayat Alquran Tentang Sombong

Sombong adalah perilaku yang tidak disukai oleh Allah SWT. Hal ini ditegaskan dalam Alquran dengan banyak ayat. Sombong adalah perilaku merasa lebih baik dari orang lain dan meremehkan orang lain. Berikut adalah beberapa ayat Alquran tentang sombong.

1. QS Al-A’raf ayat 13

“(yaitu) karena keduanya sombong di muka bumi dan berbuat jahat dan tidak akan dapat meloloskan diri (dari siksa Allah).”

Ayat ini menceritakan tentang Fir’aun dan Haman yang sombong dan berbuat jahat. Mereka akhirnya menerima hukuman dari Allah SWT.

2. QS Al-Baqarah ayat 206

“Dan apabila dikatakan kepadanya: ‘Bertakwalah kepada Allah’, sombonglah dia sehingga membawanya kepada kejahatan. Maka cukuplah Jahannam itu baginya dan sungguh Jahannam itu seburuk-buruk tempat kembali.”

Ayat ini menggambarkan perilaku orang yang sombong. Mereka tidak mau bertakwa kepada Allah SWT dan akhirnya akan mendapatkan hukuman yang setimpal.

3. QS Al-Qalam ayat 29-31

“Dan janganlah kamu mengikuti orang yang hatinya telah Kami lupakan dari mengingat Kami, dan yang menuruti hawa nafsunya serta adalah keadaannya melampaui batas. Dan kamu katakanlah: ‘Kebenaran itu dari Tuhanmu, maka barang siapa yang menghendaki, hendaklah ia beriman, dan barang siapa yang menghendaki, hendaklah ia kafir.’ Sesungguhnya Kami telah sediakan bagi orang-orang yang zalim itu api yang dikelilingi oleh tembok yang menutupinya, dan jika mereka meminta minum, mereka akan diberi minum dari air yang mendidih yang rasanya sangat pahit. (yaitu) balasan yang pantas karena mereka selalu bersikap sombong di dunia.”

Ayat ini menggambarkan hukuman bagi orang yang sombong dan zalim. Mereka akan mendapatkan hukuman berupa api neraka yang sangat menyakitkan.

4. QS Al-An’am ayat 82

“Orang-orang yang beriman dan tidak bercampur keimanan mereka dengan kezaliman (sombong), mereka itulah orang-orang yang mendapat kedamaian, dan mereka itu adalah orang-orang yang mendapat petunjuk.”

Ayat ini menggambarkan bahwa orang yang beriman dan tidak sombong akan mendapatkan kedamaian dan petunjuk dari Allah SWT.

5. QS Al-Isra ayat 37

“Dan janganlah kamu berjalan-jalan di muka bumi dengan sombong. Sesungguhnya kamu sekali-kali tidak dapat menembus bumi dan tidak akan menyamai gunung-gunung tinggi.”

Ayat ini mengingatkan kita untuk tidak sombong dan merasa lebih hebat dari orang lain. Kita harus selalu rendah hati dan menghargai orang lain.

6. QS Al-Mukminun ayat 67

“Bukankah mereka memperhatikan burung-burung yang di atas mereka terbang dengan mengembangkan sayap-sayapnya dan mengatupkannya? Tidak ada yang menahan (burung-burung itu) selain Allah Yang Maha Pemurah. Sesungguhnya Dia Maha Melihat segala sesuatu.”

Ayat ini mengajarkan kita untuk memperhatikan burung-burung yang terbang di langit. Mereka tidak sombong meskipun bisa terbang di atas kita. Kita harus belajar dari burung-burung tersebut untuk tidak sombong dan merendah hati.

7. QS Al-Ma’arij ayat 17-19

“Sesungguhnya manusia dijadikan sangat kelamahan. Apabila ia ditimpa bencana, ia menjadi putus asa, dan apabila ia diberi kebahagiaan oleh Allah, ia menjadi sombong dan berkata: ‘Sesungguhnya kekuasaanku lebih besar dari pada kesulitan yang menimpa orang lain’.”

Ayat ini mengingatkan kita bahwa manusia sangat lemah dan rentan terhadap bencana. Kita tidak boleh sombong ketika mendapatkan kebahagiaan dan meremehkan orang lain yang sedang mengalami kesulitan.

8. QS Al-Ma’arij ayat 35-36

“Sesungguhnya manusia diciptakan dalam kesulitan. Apabila ia ditimpa kesusahan, ia meratap dan mengadu kepada Tuhan Yang Maha Pemurah, maka apabila Allah memberinya karunia dari-Nya, ia melupakan apa yang telah ia minta sebelumnya, dan ia mengatakan: ‘Sesungguhnya aku telah diberi karunia yang banyak’.”

Ayat ini mengingatkan kita bahwa manusia seringkali lupa diri ketika mendapatkan karunia dari Allah SWT. Kita harus selalu bersyukur dan tidak sombong karena karunia yang diberikan Allah SWT.

9. QS Al-Hadid ayat 23

“Agar kamu jangan merasa bahwa kamu sendirian yang akan mendapat keuntungan, sesungguhnya orang-orang yang sebelum kamu telah mendapat keuntungan dan mereka hidup bahagia di tempat-tempat tinggal mereka meskipun mereka telah berbuat dosa yang besar. Dan agar kamu jangan merasa aman dari siksa Allah, karena sesungguhnya tidak ada yang aman dari siksa Allah melainkan orang-orang yang merugi.”

Ayat ini mengingatkan kita bahwa orang lain sebelum kita juga pernah mendapatkan keuntungan dan hidup bahagia meskipun berbuat dosa. Kita tidak boleh merasa sombong dan aman dari siksa Allah SWT.

10. QS Al-Anfal ayat 47-48

“Dan janganlah kamu seperti orang-orang yang keluar dari kampung mereka dengan sombong dan berbuat fasik terhadap perintah Allah, karena Allah selalu mengawasi perbuatanmu.”

Ayat ini mengingatkan kita untuk tidak sombong dan berbuat fasik terhadap perintah Allah SWT. Kita harus selalu menghormati perintah Allah SWT.

11. QS Al-Hujurat ayat 11-12

“Hai orang-orang yang beriman, janganlah suatu kaum mengolok-olok kaum yang lain (karena) boleh jadi mereka (yang diolok-olokkan) lebih baik dari mereka (yang mengolok-olokkan), dan janganlah pula wanita-wanita (mengolok-olokkan) wanita-wanita lain (karena) boleh jadi wanita-wanita itu lebih baik dari wanita yang mengolok-olokkan. Janganlah kamu saling mencela dengan gelar-gelar yang buruk. Seburuk-buruk panggilan adalah (panggilan) yang buruk sesudah iman, dan barangsiapa yang tidak bertobat, maka mereka itulah orang-orang yang zalim.”

Ayat ini mengajarkan kita untuk tidak mengolok-olokkan orang lain dan saling mencela dengan gelar-gelar yang buruk. Kita harus menghormati orang lain dan tidak sombong.

12. QS Al-Isra ayat 37-38

“Janganlah kamu berjalan-jalan di muka bumi dengan sombong; sesungguhnya kamu tidak akan dapat menembus bumi dan tidak akan mencapai ketinggian gunung. Semua itu adalah kejelekan-kejelekan yang amat buruk dan semuanya itu adalah termasuk perbuatan-perbuatan yang buruk.”

Ayat ini mengingatkan kita untuk tidak sombong dan merasa lebih hebat dari orang lain. Kita harus selalu rendah hati dan menghargai orang lain.

13. QS Al-Mu’min ayat 67

“Bukankah mereka mem

Artikel Ayat Alquran Tentang Sombong

© Copyright 2023 TEKNOBGT.COM