Cara Melakukan Sholat Dhuha
Cara Melakukan Sholat Dhuha

Cara Melakukan Sholat Dhuha

Sholat Dhuha adalah salah satu sholat sunnah yang dianjurkan bagi umat muslim. Sholat ini dilakukan setelah matahari terbit hingga menjelang waktu sholat zuhur. Sholat Dhuha sangat dianjurkan bagi mereka yang ingin mendapatkan keberkahan dan keberlimpahan rezeki dari Allah SWT. Berikut adalah cara melakukan sholat Dhuha yang benar:

1. Menyiapkan Niat

Sebelum memulai sholat Dhuha, sebaiknya kita menyiapkan niat terlebih dahulu bahwa kita akan melaksanakan sholat sunnah Dhuha. Niat ini harus dilakukan dengan tulus dan ikhlas karena kita melakukan sholat bukan untuk menunjukkan kepada orang lain, tetapi hanya untuk meraih ridho Allah SWT.

2. Membaca Niat Sholat Dhuha

Setelah menyiapkan niat, kita harus membaca niat sholat Dhuha dengan mengucapkan kalimat “Ushalli sunnatan Dhuhaa rok’batayni lillahi ta’ala”. Niat ini bersifat sunnah dan tidak wajib dilakukan, namun sangat dianjurkan untuk menguatkan niat dalam melaksanakan sholat Dhuha.

3. Membaca Doa Sholat Dhuha

Sebelum memulai sholat Dhuha, sebaiknya kita membaca doa sholat Dhuha terlebih dahulu dengan mengucapkan kalimat “Allahumma ashrah liy sadriy, wa yassir liy amry, wah-lul’uqdatan min lisan-yafqahu qawliy”.

4. Memulai Sholat

Setelah membaca niat dan doa sholat Dhuha, kita bisa memulai sholat dengan mengucapkan takbiratul ihram. Kemudian, lakukan rakaat pertama seperti sholat biasa dengan membaca surat Al-Fatihah dan surat pendek lainnya.

5. Melakukan Ruku dan Sujud

Setelah membaca surat Al-Fatihah dan surat pendek, kita harus melakukan ruku dan sujud seperti sholat biasa. Ruku dan sujud harus dilakukan dengan khusyuk dan tunduk kepada Allah SWT.

6. Membaca Doa Setelah Ruku dan Sujud

Setelah melakukan ruku dan sujud, kita harus membaca doa setelah ruku dan sujud dengan mengucapkan kalimat “Sami’allahu liman hamidah, Rabbana walakal-hamd”.

7. Membaca Surat Al-Ikhlas Setelah Sujud

Setelah membaca doa setelah ruku dan sujud, kita harus membaca surat Al-Ikhlas sebanyak tiga kali sebelum bangkit dari sujud. Surat Al-Ikhlas adalah surat yang paling dicintai oleh Allah SWT, sehingga sangat dianjurkan untuk dibaca dalam sholat Dhuha.

8. Melakukan Rakaat Kedua

Setelah selesai membaca surat Al-Ikhlas, kita bisa melanjutkan sholat dengan melakukan rakaat kedua seperti rakaat pertama dengan membaca surat Al-Fatihah dan surat pendek lainnya.

9. Melakukan Ruku dan Sujud Kedua

Setelah membaca surat Al-Fatihah dan surat pendek pada rakaat kedua, kita harus melakukan ruku dan sujud seperti pada rakaat pertama. Ruku dan sujud harus dilakukan dengan khusyuk dan tunduk kepada Allah SWT.

10. Membaca Doa Setelah Ruku dan Sujud Kedua

Setelah melakukan ruku dan sujud pada rakaat kedua, kita harus membaca doa setelah ruku dan sujud dengan mengucapkan kalimat “Sami’allahu liman hamidah, Rabbana walakal-hamd”.

11. Membaca Surat Al-Ikhlas Setelah Sujud Kedua

Setelah membaca doa setelah ruku dan sujud pada rakaat kedua, kita harus membaca surat Al-Ikhlas sebanyak tiga kali sebelum bangkit dari sujud. Surat Al-Ikhlas adalah surat yang paling dicintai oleh Allah SWT, sehingga sangat dianjurkan untuk dibaca dalam sholat Dhuha.

12. Melakukan Tasyahud Akhir

Setelah selesai melakukan rakaat kedua, kita harus melakukan tasyahud akhir dengan mengucapkan kalimat “Attahiyyatu lillahi wassalawatu wattayyibatu, assalamu’alayka ayyuhan-nabiyyu wa rahmatullahi wa barakatuh”.

13. Membaca Doa Setelah Tasyahud Akhir

Setelah melakukan tasyahud akhir, kita harus membaca doa setelah tasyahud akhir dengan mengucapkan kalimat “Allahumma salli ‘ala Muhammadin wa ‘ala ali Muhammadin, kama sallayta ‘ala Ibrahima wa ‘ala ali Ibrahima innaka hamidum majid. Allahumma barik ‘ala Muhammadin wa ‘ala ali Muhammadin, kama barakta ‘ala Ibrahima wa ‘ala ali Ibrahima innaka hamidum majid”.

14. Membaca Doa Penutup

Setelah membaca doa setelah tasyahud akhir, kita harus membaca doa penutup dengan mengucapkan kalimat “Allahumma inni a’udzubika min ‘adzabil qabri, wa min ‘adzabil Jahannam, wa min fitnatil mahya wal mamat, wa min syarri fitnatil masihid dajjal”.

15. Membaca Doa Setelah Sholat Dhuha

Setelah selesai melaksanakan sholat Dhuha, kita harus membaca doa setelah sholat Dhuha dengan mengucapkan kalimat “Allahumma ajirni minan naar, ya mujiibu da’watit taa’ibin, ya mujibassailin, ya rahmanu ya rahim”.

16. Berdoa dan Bertawakal Kepada Allah SWT

Setelah selesai membaca doa setelah sholat Dhuha, kita harus berdoa dan bertawakal kepada Allah SWT. Kita harus berdoa agar Allah SWT memberikan keberkahan dan keberlimpahan rezeki kepada kita serta menjauhkan kita dari segala bentuk kesulitan dan musibah.

17. Melakukan Amalan Sunnah Setelah Sholat Dhuha

Setelah selesai sholat Dhuha, kita bisa melakukan amalan sunnah seperti membaca Al-Quran, berdzikir, atau membaca wirid-wirid pilihan. Amalan sunnah setelah sholat Dhuha akan membuat hati kita semakin tenang dan damai.

18. Memperbanyak Sholat Sunnah

Setelah melaksanakan sholat Dhuha, kita sebaiknya memperbanyak sholat sunnah yang lain seperti sholat Tahajud, sholat Witir, dan sholat sunnah lainnya. Sholat sunnah akan membuat kita semakin dekat dengan Allah SWT dan mendatangkan berbagai keberkahan dan keberlimpahan rezeki.

19. Menjaga Sholat Dhuha

Setelah melaksanakan sholat Dhuha, kita harus menjaga sholat Dhuha agar tetap terjaga dan tidak terputus-putus. Kita harus terus berusaha untuk melaksanakan sholat Dhuha setiap harinya karena sholat ini sangat dianjurkan oleh Rasulullah SAW dan memiliki banyak manfaat bagi kehidupan kita di dunia dan akhirat.

20. Kesimpulan

Sholat Dhuha adalah salah satu sholat sunnah yang

Artikel Cara Melakukan Sholat Dhuha

© Copyright 2023 TEKNOBGT.COM