TEKNOBGT
Bacaan Doa Sholat Jenazah: Panduan Lengkap untuk Muslim
Bacaan Doa Sholat Jenazah: Panduan Lengkap untuk Muslim

Bacaan Doa Sholat Jenazah: Panduan Lengkap untuk Muslim

Sholat Jenazah adalah salah satu ibadah wajib untuk umat Muslim ketika ada seseorang yang meninggal dunia. Bacaan doa sholat jenazah menjadi sangat penting dalam pelaksanaan sholat jenazah karena doa ini menjadi sarana kita sebagai umat Muslim untuk memohon ampun dan memohon agar arwah orang yang telah meninggal dunia diterima di sisi Allah SWT.

1. Tahiyat Awal

Pada tahap awal sholat jenazah, kita melaksanakan tahiyat awal seperti sholat pada umumnya. Namun, pada tahiyat awal ini, kita membaca doa khusus yaitu:

“At-tahiyyaatul mubaarakaatu wash-shalawaatu wat-tayyibaatu, as-salaamu ‘alayka ayyuhan-nabiyyu wa rahmatullaahi wa barakaatuhu, as-salaamu ‘alaynaa wa ‘alaa ‘ibaadillaahis-saaliheen, asyhadu anna laa ilaaha illallaah wa asyhadu anna Muhammadan ‘abduhu wa rasuuluhu.”

2. Doa Takbir

Pada tahap kedua, kita membaca doa takbir sebanyak empat kali. Doa takbir ini adalah sebagai tanda dimulainya sholat jenazah. Doa takbir yang dibaca adalah:

“Allahu Akbar.”

3. Doa Istiftah

Pada tahap ketiga, kita membaca doa istiftah. Doa ini adalah sebagai permohonan kita kepada Allah SWT agar sholat jenazah yang kita laksanakan diterima di sisi-Nya. Doa istiftah yang dibaca adalah:

“Subhaanaka Allaahumma wa bihamdika, wa tabaarakasmuka, wa ta’aalaa jadduka, wa laa ilaaha ghayruka.”

4. Bacaan Surat Al-Fatihah

Pada tahap keempat, kita membaca surat Al-Fatihah sebanyak satu kali. Surat Al-Fatihah adalah surat yang wajib dibaca dalam setiap sholat, termasuk sholat jenazah.

5. Doa untuk Orang yang Meninggal Dunia

Pada tahap kelima, kita membaca doa untuk orang yang meninggal dunia. Doa ini adalah sebagai bentuk penghormatan dan penghormatan terakhir kita kepada orang yang telah meninggal dunia. Doa untuk orang yang meninggal dunia yang dibaca adalah:

“Allaahumma ‘abduka wa ibn ‘amatika, nasiyati bi-yadika, maadin fiyya hukmuka, ‘adlun fiyya qadhaa’uka, as’aluka bi-kulli ismin huwa laka sammayta bihi nafsaka aw anzaltahu fi kitaabika aw ‘allamtahu ahadan min khalqika aw ista’tharta bihi fi ‘ilmil-ghaybi ‘indaka an taj’al al-Qur’aana rabee’a qalbi wa noora sadri wa jalaa’a huzni wa dhahaaba hammi.”

6. Doa untuk Orang Tua

Pada tahap keenam, kita membaca doa khusus untuk orang tua yang telah meninggal dunia. Doa ini adalah sebagai bentuk penghormatan dan penghormatan terakhir kita kepada orang tua kita yang telah meninggal dunia. Doa untuk orang tua yang meninggal dunia yang dibaca adalah:

“Allaahumma ighfir li-abi (atau ummi) wa rahimhuma wa ‘aafihi wa’fu ‘anhu (atau anha) wa akrim nuzulahuma wa wassi’ madkhalahuma waghsilhuma bil-maa’i wath-thalji wal-baradi wa naqqihi minal-khataayaa kamaa yunaqqath-thawbul-abyadhu minad-danasi, Allaahumma abdilhumaa daaran khayra min daarihim wa ahlan khayra min ahlihim wa zawjan khayra min zawjihim wa qihim ‘adhaaban naar..”

7. Doa untuk Anak yang Meninggal Dunia

Pada tahap ketujuh, kita membaca doa khusus untuk anak yang meninggal dunia. Doa ini adalah sebagai bentuk penghormatan dan penghormatan terakhir kita kepada anak kita yang telah meninggal dunia. Doa untuk anak yang meninggal dunia yang dibaca adalah:

“Allaahumma innaa nashkuruka wa nasta’eenka wa nastaghfiruka wa nu’minu bika wa natawakkalu ‘alayka wa nuthne ‘alaykal-khaira kulluhu wa nashkuruka wa laa nakfuruka wa nakhla’u wa natruku man yafjuruka, Allaahumma iyyaaka na’budu wa laka nusalli wa nasjudu wa ilayka nas’aa wa nahfidu wa narju rahmataka wa nakhsha ‘adhaabaka inna ‘adhaabaka bil-kuffaari mulhiq.”

8. Doa untuk Keluarga yang Ditinggalkan

Pada tahap kedelapan, kita membaca doa untuk keluarga yang ditinggalkan. Doa ini adalah sebagai bentuk penghiburan dan kekuatan bagi keluarga yang ditinggalkan. Doa untuk keluarga yang ditinggalkan yang dibaca adalah:

“Allaahumma ajirni fi musibati, wa akhlif li khayran minhaa, wa laa taqnatuni min rahmatika wa a’fini fihi wa akrimhu bi-ma a’taitanaa wa quzhu bi-adhaabikal-jahannam, Allaahumma laa tahrimnaa ajrahu wa laa tudhillanaa ba’dahu.”

9. Doa untuk Umat Muslim

Pada tahap kesembilan, kita membaca doa untuk umat Muslim. Doa ini adalah sebagai bentuk doa untuk seluruh umat Muslim agar senantiasa diberikan rahmat dan keberkahan oleh Allah SWT. Doa untuk umat Muslim yang dibaca adalah:

“Allaahumma ighfir lanaa wa lahum wa ahyiinaa ma’a al-sholaahin, wa tawaffanaa ‘alaa maa tahibbu wa tardhaa minnaa, Allaahumma innaa nas’aluka khayra maa sa’alaka bihi nabiyuka wa nasta’eedhuka min sharri maa ista’adzaka bihi nabiyuka wa anta al-musta’aanu wa ‘alayka al-balaa’u wa laa hawla wa laa quwwata illaa billaah.”

10. Doa untuk Orang yang Masih Hidup

Pada tahap kesepuluh, kita membaca doa untuk orang yang masih hidup. Doa ini adalah sebagai bentuk doa untuk orang yang masih hidup agar senantiasa diberikan keberkahan oleh Allah SWT. Doa untuk orang yang masih hidup yang dibaca adalah:

“Allaahumma innaa nas’aluka fi syiddati hazza al-amri wasqalatihi wa da’aafihi wa maa yakhofu wa yarju min huwa laka sholah, Allaahumma innaa na’tawwazu ilayka min syarri anfusinaa wa min sayyi’ati a’maalinaa, Allaahumma innaa natawakkalu ‘alayka wa laa yaj’aluka fi maqdoorinaa ya ‘izzal-jalali wal-ikram.”

11. Doa Penutup

Pada tahap kesebelas, kita membaca doa penutup. Doa ini adalah sebagai penutup dari sholat jenazah yang kita lakukan. Doa penutup yang dibaca adalah:

“Allaahumma salli ‘ala Muhammad wa

Artikel Bacaan Doa Sholat Jenazah: Panduan Lengkap untuk Muslim

© Copyright 2023 TEKNOBGT.COM