Presbyopia Adalah – Penyebab, Gejala, dan Pengobatan
Presbyopia Adalah – Penyebab, Gejala, dan Pengobatan

Presbyopia Adalah – Penyebab, Gejala, dan Pengobatan

Apa Itu Presbyopia?

Presbyopia adalah kondisi di mana mata kehilangan kemampuan untuk fokus pada benda dekat. Ini adalah kondisi yang umum terjadi pada usia 40-an atau 50-an. Presbyopia bukanlah penyakit, tetapi merupakan bagian dari proses penuaan alami.

Penyebab Presbyopia

Presbyopia terjadi ketika lensa mata kehilangan elastisitasnya. Ketika kita muda, lensa mata kita bisa berubah bentuk untuk fokus pada benda dekat dan jauh. Namun, seiring bertambahnya usia, lensa mata menjadi kaku dan tidak bisa lagi berubah bentuk dengan mudah.

Gejala Presbyopia

Beberapa gejala presbyopia meliputi kesulitan membaca teks kecil, kelelahan mata saat membaca atau melihat benda dekat, dan kesulitan melihat benda dekat dalam kondisi pencahayaan rendah.

Pengobatan Presbyopia

Pengobatan presbyopia meliputi penggunaan kacamata, lensa kontak, atau pembedahan. Kacamata dan lensa kontak membantu merubah fokus mata untuk membantu melihat benda dekat. Pembedahan melibatkan penggantian lensa mata yang kaku dengan lensa buatan yang lebih elastis.

Kacamata dan Lensa Kontak

Kacamata presbyopia biasanya memiliki lensa bifokal atau progresif. Lensa bifokal memiliki dua kekuatan lensa yang berbeda, satu untuk melihat jauh dan satu untuk melihat dekat. Lensa progresif memiliki zona fokus yang berbeda di dalam satu lensa.Lensa kontak presbyopia juga tersedia dalam bentuk bifokal atau multifokal. Lensa kontak multifokal memiliki zona fokus yang berbeda di dalam satu lensa.

Pembedahan Presbyopia

Ada beberapa jenis pembedahan presbyopia, termasuk pembedahan multifokal dan pembedahan monovision. Pembedahan multifokal melibatkan penggantian lensa mata dengan lensa buatan multifokal. Pembedahan monovision melibatkan penggunaan lensa kontak yang berbeda untuk setiap mata, satu untuk melihat jauh dan satu untuk melihat dekat.

Pembedahan Multifokal

Pembedahan multifokal melibatkan penggantian lensa mata yang kaku dengan lensa buatan multifokal yang dapat membantu melihat benda dekat dan jauh dengan jelas. Pembedahan ini melibatkan membuat sayatan kecil pada kornea mata dan memasukkan lensa buatan melalui sayatan tersebut.

Pembedahan Monovision

Pembedahan monovision melibatkan penggunaan lensa kontak yang berbeda untuk setiap mata. Satu mata digunakan untuk melihat jauh dan satu mata digunakan untuk melihat dekat. Ini dapat membantu merubah fokus mata untuk membantu melihat benda dekat.

Keuntungan dan Kerugian Pembedahan

Keuntungan dari pembedahan presbyopia adalah kemampuan untuk melihat benda dekat dan jauh tanpa menggunakan kacamata atau lensa kontak. Namun, pembedahan memiliki risiko infeksi, perdarahan, dan kerusakan pada retina atau saraf optik.

Perawatan Setelah Pembedahan

Setelah pembedahan presbyopia, pasien harus menghindari aktivitas fisik yang berat dan menghindari menggosok mata. Pasien juga harus menggunakan tetes mata dan obat-obatan yang diresepkan oleh dokter.

Pencegahan Presbyopia

Tidak ada cara untuk mencegah presbyopia karena ini adalah bagian dari proses penuaan alami. Namun, ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan mata, seperti menghindari paparan sinar UV berlebihan dan merokok.

Pentingnya Pemeriksaan Mata Rutin

Pemeriksaan mata rutin sangat penting untuk mendeteksi masalah mata sejak dini, termasuk presbyopia. Dokter mata dapat membantu memeriksa mata dan memberikan saran tentang cara menjaga kesehatan mata.

Kesimpulan

Presbyopia adalah kondisi umum yang terjadi pada usia 40-an atau 50-an di mana mata kehilangan kemampuan untuk fokus pada benda dekat. Pengobatan presbyopia meliputi penggunaan kacamata, lensa kontak, atau pembedahan. Pembedahan melibatkan penggantian lensa mata yang kaku dengan lensa buatan yang lebih elastis. Penting untuk menjaga kesehatan mata dan melakukan pemeriksaan mata rutin untuk mendeteksi masalah mata sejak dini.

Artikel Presbyopia Adalah – Penyebab, Gejala, dan Pengobatan

© Copyright 2023 TEKNOBGT.COM