TEKNOBGT
Kerajaan Bercorak Hindu Budha di Indonesia
Kerajaan Bercorak Hindu Budha di Indonesia

Kerajaan Bercorak Hindu Budha di Indonesia

Indonesia merupakan negara yang kaya akan sejarah dan budaya. Salah satu bukti kekayaan sejarah Indonesia adalah adanya kerajaan bercorak Hindu Budha yang pernah berdiri di Indonesia pada masa lampau. Kerajaan ini merupakan bukti sejarah bahwa Indonesia pernah menjadi pusat kebudayaan Hindu Budha di Asia Tenggara.

Kerajaan Sriwijaya

Kerajaan Sriwijaya adalah salah satu kerajaan bercorak Hindu Budha yang terkenal di Indonesia. Kerajaan ini berdiri pada abad ke-7 hingga abad ke-14 dan terletak di Sumatera Selatan. Sriwijaya menjadi salah satu pusat perdagangan di Asia Tenggara pada masa itu dan berhasil memperluas wilayah kekuasaannya hingga ke Jawa Tengah.

Salah satu ciri khas kerajaan Sriwijaya adalah adanya bangunan candi dan stupa sebagai tempat ibadah. Candi Borobudur yang terkenal di Magelang, Jawa Tengah, juga merupakan peninggalan dari kerajaan Sriwijaya.

Kerajaan Majapahit

Kerajaan Majapahit juga merupakan salah satu kerajaan bercorak Hindu Budha yang terkenal di Indonesia. Kerajaan ini berdiri pada abad ke-13 hingga abad ke-16 dan terletak di Jawa Timur. Majapahit menjadi salah satu kerajaan terbesar di Indonesia pada masa itu dan berhasil memperluas wilayah kekuasaannya hingga ke Kalimantan, Sumatera, dan Semenanjung Malaya.

Salah satu ciri khas kerajaan Majapahit adalah adanya bangunan candi dan pura sebagai tempat ibadah. Candi Prambanan yang terkenal di Yogyakarta, Jawa Tengah, juga merupakan peninggalan dari kerajaan Majapahit.

Kerajaan Singasari

Kerajaan Singasari adalah salah satu kerajaan bercorak Hindu Budha yang terkenal di Indonesia. Kerajaan ini berdiri pada abad ke-13 dan terletak di Jawa Timur. Singasari merupakan kerajaan yang singkat namun dikenal sebagai kerajaan yang sukses dalam memperluas wilayah kekuasaannya.

Salah satu ciri khas kerajaan Singasari adalah adanya bangunan candi dan stupa sebagai tempat ibadah. Candi Singosari yang terkenal di Malang, Jawa Timur, juga merupakan peninggalan dari kerajaan Singasari.

Kerajaan Kediri

Kerajaan Kediri adalah salah satu kerajaan bercorak Hindu Budha yang terkenal di Indonesia. Kerajaan ini berdiri pada abad ke-11 hingga abad ke-13 dan terletak di Jawa Timur. Kediri dikenal sebagai kerajaan yang sukses dalam memperluas wilayah kekuasaannya dan menjadi salah satu kerajaan terbesar di Indonesia pada masa itu.

Salah satu ciri khas kerajaan Kediri adalah adanya bangunan candi dan pura sebagai tempat ibadah. Candi Jawi yang terkenal di Kediri, Jawa Timur, juga merupakan peninggalan dari kerajaan Kediri.

Kerajaan Tarumanegara

Kerajaan Tarumanegara adalah salah satu kerajaan bercorak Hindu Budha yang terkenal di Indonesia. Kerajaan ini berdiri pada abad ke-4 hingga abad ke-7 dan terletak di Jawa Barat. Tarumanegara dikenal sebagai kerajaan yang sukses dalam perdagangan dan pertanian.

Salah satu ciri khas kerajaan Tarumanegara adalah adanya bangunan candi dan stupa sebagai tempat ibadah. Candi Batujaya yang terkenal di Karawang, Jawa Barat, juga merupakan peninggalan dari kerajaan Tarumanegara.

Kerajaan Medang

Kerajaan Medang adalah salah satu kerajaan bercorak Hindu Budha yang terkenal di Indonesia. Kerajaan ini berdiri pada abad ke-8 hingga abad ke-10 dan terletak di Jawa Tengah. Medang dikenal sebagai kerajaan yang sukses dalam memperluas wilayah kekuasaannya dan menjadi salah satu kerajaan terbesar di Indonesia pada masa itu.

Salah satu ciri khas kerajaan Medang adalah adanya bangunan candi dan pura sebagai tempat ibadah. Candi Mendut yang terkenal di Magelang, Jawa Tengah, juga merupakan peninggalan dari kerajaan Medang.

Kerajaan Kutai

Kerajaan Kutai adalah salah satu kerajaan bercorak Hindu Budha yang terkenal di Indonesia. Kerajaan ini berdiri pada abad ke-4 hingga abad ke-5 dan terletak di Kalimantan Timur. Kutai merupakan kerajaan tertua yang pernah ditemukan di Indonesia.

Salah satu ciri khas kerajaan Kutai adalah adanya bangunan candi dan stupa sebagai tempat ibadah. Candi Muara Kaman yang terkenal di Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur, juga merupakan peninggalan dari kerajaan Kutai.

Kerajaan Kahuripan

Kerajaan Kahuripan adalah salah satu kerajaan bercorak Hindu Budha yang terkenal di Indonesia. Kerajaan ini berdiri pada abad ke-7 hingga abad ke-10 dan terletak di Jawa Timur. Kahuripan dikenal sebagai kerajaan yang sukses dalam perdagangan dan pertanian.

Salah satu ciri khas kerajaan Kahuripan adalah adanya bangunan candi dan pura sebagai tempat ibadah. Candi Penataran yang terkenal di Blitar, Jawa Timur, juga merupakan peninggalan dari kerajaan Kahuripan.

Kerajaan Galuh

Kerajaan Galuh adalah salah satu kerajaan bercorak Hindu Budha yang terkenal di Indonesia. Kerajaan ini berdiri pada abad ke-4 hingga abad ke-7 dan terletak di Jawa Barat. Galuh dikenal sebagai kerajaan yang kaya akan sumber daya alam.

Salah satu ciri khas kerajaan Galuh adalah adanya bangunan candi dan stupa sebagai tempat ibadah. Candi Cangkuang yang terkenal di Garut, Jawa Barat, juga merupakan peninggalan dari kerajaan Galuh.

Kerajaan Sunda

Kerajaan Sunda adalah salah satu kerajaan bercorak Hindu Budha yang terkenal di Indonesia. Kerajaan ini berdiri pada abad ke-7 hingga abad ke-16 dan terletak di Jawa Barat. Sunda dikenal sebagai kerajaan yang kaya akan seni dan budaya.

Salah satu ciri khas kerajaan Sunda adalah adanya bangunan candi dan pura sebagai tempat ibadah. Pura Parahyangan yang terkenal di Bandung, Jawa Barat, juga merupakan peninggalan dari kerajaan Sunda.

Kesimpulan

Kerajaan bercorak Hindu Budha merupakan bukti sejarah bahwa Indonesia pernah menjadi pusat kebudayaan Hindu Budha di Asia Tenggara. Kerajaan-kerajaan tersebut memiliki ciri khas masing-masing seperti adanya bangunan candi dan stupa sebagai tempat ibadah. Peninggalan-peninggalan tersebut menjadi bukti sejarah bahwa Indonesia memiliki sejarah yang kaya dan patut untuk dijaga dan dilestarikan.

Artikel Kerajaan Bercorak Hindu Budha di Indonesia

© Copyright 2023 TEKNOBGT.COM