TEKNOBGT
Dalil Tentang Rukun Islam
Dalil Tentang Rukun Islam

Dalil Tentang Rukun Islam

Islam adalah agama yang memiliki lima rukun utama. Rukun Islam adalah prinsip-prinsip dasar yang harus dipatuhi oleh setiap umat muslim. Pengamalan rukun Islam merupakan kewajiban bagi setiap muslim. Dalam artikel ini, kita akan membahas dalil tentang rukun Islam.

Rukun Pertama: Syahadat

Rukun pertama Islam adalah syahadat. Syahadat adalah sebuah kalimat sederhana yang menyatakan keyakinan umat Islam bahwa tidak ada Tuhan selain Allah dan Nabi Muhammad adalah utusan Allah. Dalil tentang syahadat dapat ditemukan dalam surah Al-Baqarah ayat 163 yang berbunyi,

“Dan Tuhanmu ialah Tuhan Yang Maha Esa; tidak ada Tuhan selain Dia. Yang Maha Penyayang lagi Maha Mengasihani.”

Dalam hadis Sahih Bukhari, Rasulullah SAW bersabda,

“Barangsiapa yang mengucapkan ‘لا إله إلا الله وحده لا شريك له، وأن محمدا عبده ورسوله’, maka Allah akan memberikan pahala sepuluh kali lipat dari amal kebaikan yang dilakukannya.”

Rukun Kedua: Shalat

Rukun kedua Islam adalah shalat. Shalat adalah ibadah yang dilakukan lima kali sehari. Dalil tentang shalat dapat ditemukan dalam surah Al-Baqarah ayat 43 yang berbunyi,

“Dan dirikanlah shalat, tunaikanlah zakat dan rukuklah beserta orang-orang yang rukuk.”

Rasulullah SAW juga bersabda dalam hadis Sahih Bukhari,

“Shalat adalah tiang agama, barangsiapa yang mendirikan shalat maka dia telah mendirikan agamanya dan barangsiapa yang meruntuhkan shalat maka dia telah meruntuhkan agamanya.”

Rukun Ketiga: Zakat

Rukun ketiga Islam adalah zakat. Zakat adalah ibadah yang wajib dilakukan oleh setiap muslim yang memiliki harta yang mencukupi. Dalil tentang zakat dapat ditemukan dalam surah Al-Baqarah ayat 177 yang berbunyi,

“Sesungguhnya shalat itu mencegah dari perbuatan keji dan mungkar dan sesungguhnya pengingat (zikir) Allah itu adalah lebih besar (keutamaannya). Dan Allah mengetahui apa yang kamu kerjakan.”

Rasulullah SAW juga bersabda dalam hadis Sahih Bukhari,

“Barangsiapa yang memberikan zakatnya maka dia akan mendapatkan pahala dan barangsiapa yang menolak memberikan zakatnya maka dia akan disiksa oleh Allah di hari kiamat.”

Rukun Keempat: Puasa

Rukun keempat Islam adalah puasa. Puasa adalah ibadah yang dilakukan selama sebulan penuh pada bulan Ramadhan. Dalil tentang puasa dapat ditemukan dalam surah Al-Baqarah ayat 183 yang berbunyi,

“Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa.”

Rasulullah SAW juga bersabda dalam hadis Sahih Bukhari,

“Barangsiapa yang berpuasa di bulan Ramadhan dengan iman dan harapan akan pahala dari Allah, maka dosa-dosanya akan diampuni.”

Rukun Kelima: Haji

Rukun kelima Islam adalah haji. Haji adalah ibadah yang dilakukan sekali seumur hidup bagi muslim yang mampu secara finansial dan fisik untuk melaksanakannya. Dalil tentang haji dapat ditemukan dalam surah Ali Imran ayat 97 yang berbunyi,

“Dan bagi orang yang sanggup menempuh perjalanan ke Baitullah (Mekah) untuk berhaji, maka kewajiban manusia terhadap Allah ialah mengunjungi Baitullah itu.”

Rasulullah SAW juga bersabda dalam hadis Sahih Bukhari,

“Barangsiapa yang mampu untuk berhaji namun tidak melakukannya, maka biarkanlah dia mati sebagai orang Yahudi atau Nasrani.”

Kesimpulan

Dalil tentang rukun Islam sangatlah jelas tercantum dalam Al-Quran dan hadis. Dalam menjalankan rukun Islam, kita harus memahami dan mengamalkan dalil-dalil tersebut. Kita sebagai muslim harus menjadikan rukun Islam sebagai dasar dalam kehidupan sehari-hari.

Artikel Dalil Tentang Rukun Islam

© Copyright 2023 TEKNOBGT.COM