TEKNOBGT
Ayat Alquran Tentang Kebesaran Allah
Ayat Alquran Tentang Kebesaran Allah

Ayat Alquran Tentang Kebesaran Allah

Alquran adalah kitab suci bagi umat Islam yang mengandung banyak sekali ayat-ayat yang memberikan pedoman dalam kehidupan sehari-hari. Salah satu topik yang sering dibahas dalam Alquran adalah kebesaran Allah. Allah adalah Sang Pencipta alam semesta dan segala isinya, dan Alquran memberikan banyak ayat yang menunjukkan betapa besarnya kekuasaan dan keagungan Allah.

1. QS. Al Fathir: 13

Allah SWT berfirman dalam Surat Al Fathir ayat 13, “Dia mengeluarkan air dari langit, lalu menghidupkan dengan air itu bumi setelah mati. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang mendengarkan.” Ayat ini menunjukkan betapa besar kekuasaan Allah dalam menciptakan air yang menjadi sumber kehidupan bagi makhluk hidup di bumi.

2. QS. An Nahl: 65

Allah SWT juga berfirman dalam Surat An Nahl ayat 65, “Dan Allah telah menurunkan air dari langit, lalu menghidupkan dengan air itu bumi sesudah mati. Sesungguhnya (yang demikian itu) benar-benar terdapat tanda-tanda (kebesaran Allah) bagi orang-orang yang mau mendengar (pelajaran).” Ayat ini menegaskan kembali betapa pentingnya air sebagai sumber kehidupan yang diturunkan oleh Allah SWT.

3. QS. Al Baqarah: 255

Salah satu ayat yang paling terkenal dalam Alquran tentang kebesaran Allah adalah QS. Al Baqarah ayat 255, “Allah, tidak ada tuhan selain Dia, yang hidup kekal lagi terus menerus mengurus (makhluk-Nya). Dia tidak mengantuk dan tidak tidur. Kepunyaan-Nya apa yang di langit dan di bumi. Siapakah yang dapat memberi syafa’at di sisi Allah tanpa izin-Nya? Allah mengetahui apa-apa yang di hadapan mereka dan di belakang mereka, dan mereka tidak mengetahui apa-apa dari ilmu Allah melainkan apa yang dikehendaki-Nya. Kursi Allah meliputi langit dan bumi. Dan Allah tidak merasa berat memelihara keduanya, dan Allah Maha Tinggi lagi Maha Besar.”

4. QS. Al Hijr: 21

QS. Al Hijr ayat 21 menyatakan, “Dan tidaklah Kami menciptakan langit dan bumi dan apa yang di antara keduanya itu melainkan dengan tujuan yang benar dan untuk waktu yang ditentukan. Dan orang-orang kafir berpaling dari apa yang telah diberitakan kepada mereka.” Ayat ini menegaskan kembali bahwa segala sesuatu yang ada di alam semesta ini diciptakan oleh Allah SWT dengan tujuan yang jelas.

5. QS. Al Baqarah: 164

Allah SWT berfirman dalam QS. Al Baqarah ayat 164, “Sesungguhnya pada penciptaan langit dan bumi, silih bergantinya malam dan siang, bahtera yang berlayar di laut membawa apa yang berguna bagi manusia, dan apa yang Allah turunkan dari langit berupa air, lalu dengan air itu diberi-Nya kehidupan kepada bumi yang sudah mati, dan Dia sebarluaskan di bumi itu segala jenis makhluk, dan pengaturan angin dan awan yang dikendalikan antara langit dan bumi; benar-benar terdapat tanda-tanda (kebesaran Allah) bagi orang-orang yang memikirkan.”

6. QS. Al Baqarah: 255

QS. Al Baqarah ayat 255, yang juga dikenal sebagai Ayat Kursi, menyebutkan, “Allah, tidak ada tuhan selain Dia, yang hidup kekal lagi terus menerus mengurus (makhluk-Nya). Dia tidak mengantuk dan tidak tidur. Kepunyaan-Nya apa yang di langit dan di bumi. Siapakah yang dapat memberi syafa’at di sisi Allah tanpa izin-Nya? Allah mengetahui apa-apa yang di hadapan mereka dan di belakang mereka, dan mereka tidak mengetahui apa-apa dari ilmu Allah melainkan apa yang dikehendaki-Nya. Kursi Allah meliputi langit dan bumi. Dan Allah tidak merasa berat memelihara keduanya, dan Allah Maha Tinggi lagi Maha Besar.”

7. QS. Al Baqarah: 117

Allah SWT berfirman dalam QS. Al Baqarah ayat 117, “Dia-lah yang menciptakan langit dan bumi dengan benar. Pada hari Dia berfirman, ‘Kun!’ maka terjadilah. Dan firman-Nya itu benar-benar menjadi kenyataan. Dan Dia-lah Yang Maha Mengetahui segala sesuatu.”

8. QS. Ar Ra’d: 2

Allah SWT juga berfirman dalam QS. Ar Ra’d ayat 2, “Allah-lah yang meninggikan langit tanpa tiang yang kamu lihat, kemudian Dia bersemayam di atas ‘Arsy-Nya dan menundukkan matahari dan bulan. Masing-masing beredar sampai waktu yang ditentukan. Dia mengatur segala urusan dan menjelaskan tanda-tanda kebesaran-Nya agar kamu meyakini bertemu dengan Tuhanmu.”

9. QS. Al An’am: 59

Allah SWT berfirman dalam QS. Al An’am ayat 59, “Dan pada sisi Allah-lah kunci-kunci semua yang ghaib, tidak ada yang mengetahuinya kecuali Dia sendiri. Dan Dia mengetahui apa yang ada di daratan dan di laut, dan tiada sehelai daun pun yang gugur melainkan Dia mengetahuinya, dan tidak jatuh sebutir biji pun dari buah kurma melainkan Dia mengetahuinya. Dan tidak ada sehelai daun yang rontok dari suatu pohon melainkan Dia mengetahuinya. Dan tidak ada sebutir biji dalam kegelapan bumi dan tidak sesuatu yang basah atau yang kering melainkan tertulis dalam kitab yang nyata.”

10. QS. Al Baqarah: 29

Allah SWT berfirman dalam QS. Al Baqarah ayat 29, “Dialah yang menciptakan untukmu apa yang ada di bumi semuanya dan kemudian Dia berpaling kepada langit, lalu dijadikannya tujuh langit. Dan Dia Maha Mengetahui segala sesuatu.”

11. QS. Al Hajj: 73

QS. Al Hajj ayat 73 menyatakan, “Hai manusia, suatu perumpamaan telah dikemukakan kepadamu, maka dengarkanlah perumpamaan itu: Sesungguhnya orang-orang yang kamu seru selain Allah tidak akan dapat menciptakan seekor lalat pun, sekalipun mereka bersatu untuk melakukannya. Dan jika lalat itu merampas sesuatu dari mereka, mereka tidak dapat merebutnya kembali. Lemahlah si pengampas dan lemah (pula) si yang dirampas.”

12. QS. Al Ahqaf: 33

Allah SWT berfirman dalam QS. Al Ahqaf ayat 33, “Hai jin dan manusia, jika kamu sanggup menembus (melintasi) penjuru langit dan bumi, maka lintasilah (semuanya)! Tidak akan dapat kamu menembusnya melainkan dengan kekuatan (yang besar).”

13. QS. Al An’am: 103

Allah SWT berfirman dalam QS. Al An’am ayat 103, “Dan tidaklah Kami membinasakan suatu negeri melainkan dengan kehendaknya sendiri. Tiada suatu umatpun yang dapat mendahului ajalnya dan tidak (pula) dapat menundanya.”

14. QS. Al Hadid: 4

Allah SWT berfirman

Artikel Ayat Alquran Tentang Kebesaran Allah

© Copyright 2023 TEKNOBGT.COM