TEKNOBGT
Hewan Vertebrata dan Invertebrata
Hewan Vertebrata dan Invertebrata

Hewan Vertebrata dan Invertebrata

Hewan adalah makhluk hidup yang membutuhkan oksigen dan makanan untuk bertahan hidup. Hewan dapat dibagi menjadi dua kelompok besar yaitu vertebrata dan invertebrata.

Vertebrata

Vertebrata adalah hewan yang memiliki tulang belakang atau vertebrae. Kelompok ini terdiri dari mamalia, burung, reptil, amfibi, dan ikan. Tulang belakang berfungsi untuk melindungi sumsum tulang belakang yang bertanggung jawab atas pengiriman impuls saraf ke seluruh tubuh.

Mamalia adalah hewan yang menyusui anaknya dengan susu dari kelenjar susu. Contoh mamalia adalah kucing, anjing, sapi, dan manusia. Burung adalah hewan yang memiliki sayap dan dapat terbang di udara. Contoh burung adalah burung merpati, burung hantu, dan burung beo.

Reptil adalah hewan yang memiliki sisik dan bertelur. Contoh reptil adalah ular, kadal, dan buaya. Amfibi adalah hewan yang hidup di air dan darat. Contoh amfibi adalah katak dan salamander. Ikan adalah hewan yang hidup di air dan bernafas dengan insang. Contoh ikan adalah ikan mas, ikan lele, dan hiu.

Invertebrata

Invertebrata adalah hewan yang tidak memiliki tulang belakang. Kelompok ini terdiri dari serangga, kepiting, ubur-ubur, dan cacing. Meskipun tidak memiliki tulang belakang, invertebrata memiliki struktur tubuh yang kuat dan dapat beradaptasi dengan lingkungan yang berbeda.

Serangga adalah hewan yang memiliki tiga bagian tubuh yaitu kepala, dada, dan perut. Contoh serangga adalah nyamuk, lalat, dan semut. Kepiting adalah hewan yang hidup di air dan darat. Contoh kepiting adalah kepiting bakau dan kepiting rajungan.

Ubur-ubur adalah hewan yang hidup di laut dan memiliki tentakel. Contoh ubur-ubur adalah ubur-ubur kotak dan ubur-ubur bulan. Cacing adalah hewan yang hidup di dalam tanah dan memiliki tubuh yang lentur. Contoh cacing adalah cacing tanah dan cacing sutera.

Kesimpulan

Hewan vertebrata dan invertebrata adalah kelompok hewan yang berbeda namun sama-sama memiliki peran penting dalam ekosistem. Pemahaman tentang kelompok-kelompok hewan ini dapat membantu kita untuk memahami keanekaragaman alam dan mempertahankan keberlanjutan lingkungan hidup.

Artikel Hewan Vertebrata dan Invertebrata

© Copyright 2023 TEKNOBGT.COM