TEKNOBGT
Macam-macam Zakat
Macam-macam Zakat

Macam-macam Zakat

Zakat adalah salah satu dari lima rukun Islam yang wajib dilakukan oleh umat muslim. Zakat berasal dari kata “zaka” yang artinya suci atau bersih. Zakat diberikan sebanyak 2,5 persen dari harta yang telah mencapai nisab, yaitu jumlah tertentu yang ditetapkan oleh agama Islam. Namun, terdapat beberapa jenis zakat yang harus diketahui oleh umat muslim. Berikut adalah macam-macam zakat:

Zakat Fitrah

Zakat fitrah adalah zakat yang wajib diberikan oleh setiap muslim yang mampu sebelum hari raya Idul Fitri. Zakat fitrah berupa makanan pokok seperti beras, gandum, atau tepung sebanyak 2,5 kilogram untuk setiap orang yang dikeluarkan zakatnya. Zakat fitrah bertujuan untuk membersihkan diri dari dosa-dosa kecil yang terjadi selama bulan Ramadhan dan sebagai bentuk solidaritas sosial kepada kaum fakir miskin.

Zakat Mal

Zakat mal adalah zakat yang diberikan dari harta yang telah mencapai nisab. Nisab zakat mal adalah jumlah harta yang mencapai batas tertentu dalam satu tahun. Jika harta seseorang telah mencapai nisab, maka dia wajib mengeluarkan zakat sebesar 2,5 persen dari harta tersebut. Zakat mal bertujuan untuk menolong kaum fakir miskin dan memperbaiki ekonomi umat muslim.

Zakat Profesi

Zakat profesi adalah zakat yang diberikan dari penghasilan yang diperoleh dari pekerjaan atau profesi tertentu. Besarnya zakat profesi adalah 2,5 persen dari penghasilan yang didapat setiap bulannya. Zakat profesi bertujuan untuk membantu kaum fakir miskin dan memperbaiki kesejahteraan umat muslim yang kurang mampu.

Zakat Pertanian

Zakat pertanian adalah zakat yang diberikan dari hasil panen atau tanaman tertentu seperti padi, jagung, atau buah-buahan. Besarnya zakat pertanian bervariasi tergantung jenis tanaman dan kondisi tanah. Zakat pertanian bertujuan untuk membantu kaum fakir miskin dan memperbaiki ekonomi umat muslim di pedesaan.

Zakat Hewan Ternak

Zakat hewan ternak adalah zakat yang diberikan dari hewan ternak seperti sapi, kambing, atau domba yang telah mencapai usia tertentu. Besarnya zakat hewan ternak bervariasi tergantung jenis hewan dan jumlahnya. Zakat hewan ternak bertujuan untuk membantu kaum fakir miskin dan memperbaiki ekonomi umat muslim di pedesaan.

Zakat Emas dan Perak

Zakat emas dan perak adalah zakat yang diberikan dari emas dan perak yang telah mencapai nisab. Nisab zakat emas sebesar 85 gram dan nisab zakat perak sebesar 595 gram. Besarnya zakat emas dan perak adalah 2,5 persen dari jumlah emas dan perak yang dimiliki. Zakat emas dan perak bertujuan untuk membantu kaum fakir miskin dan memperbaiki ekonomi umat muslim.

Zakat Tabungan

Zakat tabungan adalah zakat yang diberikan dari tabungan atau simpanan tertentu yang telah mencapai nisab. Nisab zakat tabungan berbeda-beda tergantung pada kondisi keuangan setiap individu. Besarnya zakat tabungan adalah 2,5 persen dari jumlah tabungan atau simpanan yang dimiliki. Zakat tabungan bertujuan untuk membantu kaum fakir miskin dan memperbaiki kesejahteraan umat muslim yang kurang mampu.

Zakat Fidyah

Zakat fidyah adalah zakat yang diberikan oleh mereka yang tidak mampu berpuasa pada bulan Ramadhan karena sakit atau usia lanjut. Besarnya zakat fidyah adalah sebesar satu sha’ atau kurang lebih 3 kilogram beras atau makanan pokok lainnya. Zakat fidyah bertujuan untuk membersihkan diri dari dosa-dosa kecil karena tidak mampu berpuasa pada bulan Ramadhan.

Zakat Kafarat

Zakat kafarat adalah zakat yang diberikan sebagai jalan keluar dari kesalahan atau dosa yang telah dilakukan. Terdapat beberapa jenis kesalahan atau dosa yang dapat dihapuskan dengan zakat kafarat, antara lain mengeluarkan sumpah palsu, tidak berpuasa pada bulan Ramadhan tanpa alasan yang sah, atau membunuh hewan yang dilindungi dalam Islam. Besarnya zakat kafarat bervariasi tergantung pada jenis kesalahan atau dosa yang dilakukan.

Zakat Infaq

Zakat infaq adalah zakat yang diberikan secara sukarela untuk membantu kaum fakir miskin atau untuk kepentingan umum seperti pembangunan masjid, sekolah, atau rumah sakit. Besarnya zakat infaq tidak ditentukan oleh agama Islam, tetapi disesuaikan dengan kemampuan masing-masing individu. Zakat infaq bertujuan untuk memperbaiki kesejahteraan umat muslim dan membantu pembangunan umat Islam.

Zakat Waqaf

Zakat waqaf adalah zakat yang diberikan sebagai bentuk investasi sosial untuk kepentingan umum seperti pembangunan masjid, sekolah, atau rumah sakit. Zakat waqaf dapat berupa tanah, bangunan, atau harta lain yang diberikan dengan tujuan tidak boleh dijual atau dipindahtangankan. Zakat waqaf bertujuan untuk memperbaiki kesejahteraan umat muslim dan membantu pembangunan umat Islam.

Zakat Adha

Zakat adha adalah zakat yang diberikan pada hari raya Idul Adha sebagai bentuk syukur atas nikmat hewan qurban yang diberikan oleh Allah SWT. Besarnya zakat adha bervariasi tergantung pada jenis hewan qurban yang dipilih. Zakat adha bertujuan untuk membantu kaum fakir miskin dan memperbaiki kesejahteraan umat muslim.

Zakat Amil

Zakat amil adalah zakat yang diberikan kepada para amil atau pengumpul zakat. Besarnya zakat amil tidak ditentukan oleh agama Islam, tetapi disesuaikan dengan kesepakatan antara pihak yang memberikan zakat dan pihak yang mengumpulkan zakat. Zakat amil bertujuan untuk memperbaiki kesejahteraan umat muslim dan membantu pengumpulan zakat.

Zakat Infak

Zakat infak adalah zakat yang diberikan untuk membantu kaum fakir miskin atau untuk kepentingan umum seperti pembangunan masjid, sekolah, atau rumah sakit. Besarnya zakat infak tidak ditentukan oleh agama Islam, tetapi disesuaikan dengan kemampuan masing-masing individu. Zakat infak bertujuan untuk memperbaiki kesejahteraan umat muslim dan membantu pembangunan umat Islam.

Zakat Domba

Zakat domba adalah zakat yang diberikan dari kepemilikan domba yang telah mencapai usia tertentu. Besarnya zakat domba bervariasi tergantung pada jenis domba dan jumlahnya. Zakat domba bertujuan untuk membantu kaum fakir miskin dan memperbaiki ekonomi umat muslim di pedesaan.

Zakat Makanan Ringan

Zakat makanan ringan adalah zakat yang diberikan dari makanan ringan atau camilan tertentu yang telah mencapai nisab. Besarnya zakat makanan ringan adalah 2,5 persen dari jumlah makanan ringan atau camilan

Artikel Macam-macam Zakat

© Copyright 2023 TEKNOBGT.COM