TEKNOBGT
Ayat Al-Quran Tentang Asmaul Husna
Ayat Al-Quran Tentang Asmaul Husna

Ayat Al-Quran Tentang Asmaul Husna

Asmaul Husna adalah nama-nama Allah SWT yang indah dan mulia. Nama-nama tersebut menggambarkan sifat-sifat Allah yang maha sempurna dan maha agung. Dalam Al-Quran, terdapat banyak ayat yang menyebutkan Asmaul Husna. Berikut ini adalah beberapa ayat Al-Quran tentang Asmaul Husna.

QS. Al-A’raf 7:180

Dan bagi Allah-lah asmaa’ul husna, maka bermohonlah kepada-Nya dengan menyebut asmaa’ tersebut, dan tinggalkanlah orang-orang yang menyimpang dari kebenaran dalam (menyebut) nama-nama-Nya; nanti mereka akan mendapat balasan terhadap apa yang telah mereka kerjakan.

Ayat ini menjelaskan bahwa Allah memiliki Asmaul Husna yang indah dan mulia. Manusia dapat berdoa kepada-Nya dengan menyebut Asmaul Husna tersebut. Namun, manusia juga harus menjauhi orang-orang yang menyimpang dari kebenaran dalam menyebut nama-nama Allah.

QS. Thaha 20:8

Allah, tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) melainkan Dia. Ia mempunyai asmaa’ul husna.

Ayat ini menjelaskan bahwa Allah adalah satu-satunya Tuhan yang berhak disembah. Dia memiliki Asmaul Husna yang sempurna dan indah. Sebagai manusia, kita harus mengenal dan menghormati Asmaul Husna tersebut.

QS. Al-Isra 17:110

Katakanlah: “Berdoalah kepada Allah atau berdoalah kepada Ar-Rahman, dengan nama yang dengan nama-Nya saja kamu berdoa; karena Dia mempunyai asmaa’ul husna”. Dan janganlah kamu mengeraskan suaramu dalam mengeraskan doamu dan janganlah (pula) merendahkannya dan carilah jalan tengah diantara kedua itu.

Ayat ini mengajarkan bahwa manusia dapat berdoa kepada Allah atau Ar-Rahman dengan menyebut Asmaul Husna. Namun, manusia harus berdoa dengan tenang dan tidak mengeraskan suara. Hal ini menunjukkan bahwa berdoa harus dilakukan dengan hati yang tulus dan khusyuk.

QS. Al-Baqarah 2:255

Allah, tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) melainkan Dia, yang hidup kekal lagi terus menerus mengurus (makhluk-Nya); tidak mengantuk dan tidak tidur. Kepunyaan-Nya apa yang di langit dan di bumi. Tiadalah yang dapat memberi syafa’at di sisi Allah tanpa izin-Nya. Allah mengetahui apa-apa yang di hadapan mereka dan di belakang mereka, dan mereka tidak mengetahui apa-apa dari ilmu Allah melainkan apa yang dikehendaki-Nya. Kursi Allah meliputi langit dan bumi. Dan Allah tidak merasa berat memelihara keduanya, dan Allah Maha Tinggi lagi Maha Besar.”

Ayat ini menggambarkan sifat-sifat Allah yang maha agung dan maha sempurna. Allah adalah satu-satunya Tuhan yang hidup kekal dan mengurus makhluk-Nya. Dia tidak mengantuk dan tidak tidur. Kepunyaan-Nya adalah apa yang ada di langit dan di bumi.

QS. Al-Hasyr 59:24

Dia-lah Allah yang Maha Esa, tiada Tuhan selain Dia, Yang Maha Mengetahui yang ghaib dan yang nyata, Dia-lah Yang Maha Penyayang, Yang Maha Penyayang.

Ayat ini juga menggambarkan sifat-sifat Allah yang maha agung. Allah adalah satu-satunya Tuhan yang Maha Esa. Dia mengetahui semua yang ghaib dan yang nyata. Dia juga adalah Yang Maha Penyayang.

QS. Al-Furqan 25:58

Dan bertawakkallah kepada Tuhan Yang Maha Hidup, yang tidak mati, dan bertasbihlah dengan memuji-Nya. Dan cukuplah Dia Maha Mengetahui akan dosa-dosamu.

Ayat ini mengajarkan kita untuk selalu bertawakkal kepada Allah yang maha hidup dan tidak mati. Kita juga harus bertasbih dengan memuji-Nya. Allah adalah Yang Maha Mengetahui akan dosa-dosamu.

QS. Al-Mulk 67:19

Apakah kamu tidak melihat bahwa sesungguhnya Allah yang menciptakan tujuh langit yang berlapis-lapis, dan Dia menjadikan bulan di dalamnya sebagai cahaya dan menjadikan matahari sebagai pelita?

Ayat ini mengajarkan kita untuk mengagumi kebesaran Allah sebagai pencipta langit dan bumi. Allah menciptakan tujuh langit yang berlapis-lapis dan menjadikan bulan dan matahari sebagai cahaya dan pelita.

QS. Al-An’am 6:103

Dialah yang memperlihatkan kepada kamu tanda-tanda kekuasaan-Nya, dan Dia menurunkan kepadamu rezki dari surga. Dan tidaklah kamu mengingati kecuali dengan mengingat Allah.

Ayat ini mengajarkan kita untuk mengingat Allah dalam setiap hal yang kita lakukan. Allah adalah yang memberikan tanda-tanda kekuasaan-Nya dan rezeki dari surga.

QS. Al-Baqarah 2:186

Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku, maka sesungguhnya Aku dekat. Aku kabulkan permohonan orang yang berdoa apabila ia memohon kepada-Ku, maka hendaklah mereka itu memenuhi (segala perintah-Ku) dan hendaklah mereka beriman kepada-Ku, agar mereka selalu berada dalam kebenaran.

Ayat ini mengajarkan kita untuk selalu berdoa dan memohon kepada Allah. Allah adalah dekat dengan hamba-hamba-Nya dan akan mengabulkan permohonan orang yang berdoa dengan tulus. Namun, manusia juga harus memenuhi segala perintah-Nya dan beriman kepada-Nya.

QS. Al-Anbiya 21:87

Dan (ingatlah) Dzun Nun (Yunus), ketika ia pergi dengan hati yang penuh kesusahan, lalu ia berdoa: “Tiada Tuhan selain Engkau. Maha Suci Engkau, sesungguhnya aku termasuk orang-orang yang zalim.”

Ayat ini mengajarkan kita untuk selalu berdoa dengan hati yang tulus dan khusyuk seperti yang dilakukan oleh Dzun Nun (Yunus). Dalam berdoa, kita harus menyadari bahwa hanya Allah yang maha suci dan maha sempurna.

QS. Al-Isra 17:110

Katakanlah: “Berdoalah kepada Allah atau berdoalah kepada Ar-Rahman, dengan nama yang dengan nama-Nya saja kamu berdoa; karena Dia mempunyai asmaa’ul husna”. Dan janganlah kamu mengeraskan suaramu dalam mengeraskan doamu dan janganlah (pula) merendahkannya dan carilah jalan tengah diantara kedua itu.

Ayat ini mengajarkan kita untuk selalu berdoa dengan hati yang tulus dan khusyuk. Manusia dapat berdoa kepada Allah atau Ar-Rahman dengan menyebut Asmaul Husna. Namun, manusia harus berdoa dengan tenang dan tidak mengeraskan suara. Hal ini menunjukkan bahwa berdoa harus dilakukan dengan hati yang tulus dan khusyuk.

QS. Al-An’am 6:59

Dan pada sisi Allah-lah kunci-kunci semua yang ghaib, tidak ada yang mengetahuinya selain Dia sendiri. Dan Dia mengetahui apa yang di daratan dan di lautan, dan tiada sehelai daun yang gugur melain

ArtikelAyat Al-Quran Tentang Asmaul Husna

© Copyright 2023 TEKNOBGT.COM