TEKNOBGT
Nama Nama Permainan Tradisional
Nama Nama Permainan Tradisional

Nama Nama Permainan Tradisional

Permainan tradisional merupakan salah satu warisan budaya yang harus dijaga dan dilestarikan. Di Indonesia, terdapat berbagai macam permainan tradisional yang sering dimainkan oleh masyarakat dari generasi ke generasi. Berikut ini adalah beberapa nama permainan tradisional yang masih populer hingga saat ini.

1. Congklak

Congklak merupakan permainan tradisional yang dimainkan oleh dua orang. Permainan ini menggunakan sebuah papan yang terdiri dari dua belas lubang dan beberapa biji kelereng sebagai media permainannya. Tujuan dari permainan ini adalah untuk mengumpulkan biji kelereng sebanyak-banyaknya dari lubang di sisi lawan.

2. Sepak Takraw

Sepak Takraw adalah permainan tradisional yang berasal dari Asia Tenggara, termasuk Indonesia. Permainan ini dimainkan oleh dua tim yang masing-masing terdiri dari tiga orang. Media permainannya adalah bola bulu yang disepak dengan kaki dan kepala. Tujuan dari permainan ini adalah untuk memasukkan bola ke dalam lapangan lawan dan menghindari bola jatuh ke dalam lapangan sendiri.

3. Karinding

Karinding adalah permainan tradisional yang berasal dari Jawa Barat. Permainan ini menggunakan alat musik tradisional yang terbuat dari bambu dan dimainkan dengan cara ditiup. Tujuan dari permainan ini adalah untuk menciptakan melodi yang enak didengar.

4. Egrang

Egrang adalah permainan tradisional yang dimainkan dengan menggunakan alat yang disebut egrang. Alat ini terdiri dari dua potongan kayu yang diikatkan dengan tali dan diletakkan di bawah kaki. Tujuan dari permainan ini adalah untuk berjalan di atas egrang dan mencapai garis finish.

5. Bola Bekel

Bola Bekel adalah permainan tradisional yang dimainkan dengan menggunakan biji-bijian kecil atau bekas. Tujuan dari permainan ini adalah untuk memasukkan bola ke dalam lubang yang ada di tanah dengan cara memukul bola menggunakan biji-biji kecil tersebut.

6. Gobak Sodor

Gobak Sodor adalah permainan tradisional yang dimainkan oleh dua tim. Permainan ini menggunakan bola dan terdiri dari beberapa tahapan. Tujuan dari permainan ini adalah untuk memasukkan bola ke dalam daerah lawan dan menghindari bola jatuh ke dalam daerah sendiri.

7. Engklek

Engklek adalah permainan tradisional yang dimainkan oleh beberapa orang. Permainan ini menggunakan kotak-kotak kecil yang diisi dengan angka atau gambar. Tujuan dari permainan ini adalah untuk melompati kotak-kotak tersebut dengan satu kaki dan mengambil kotak-kotak yang telah ditentukan.

8. Petak Umpet

Petak Umpet adalah permainan tradisional yang dimainkan oleh beberapa orang. Permainan ini menggunakan sebuah tempat yang terdiri dari beberapa petak dan terdapat satu orang yang menjadi “tukang tagih”. Tujuan dari permainan ini adalah untuk bersembunyi dari “tukang tagih” dan menghindari menjadi yang terakhir ditangkap.

9. Kasti

Kasti adalah permainan tradisional yang sering dimainkan oleh perempuan. Permainan ini menggunakan bola dan beberapa tongkat kayu yang digunakan sebagai pemukul. Tujuan dari permainan ini adalah untuk memukul bola sejauh mungkin dan menghindari bola jatuh ke tanah.

10. Layang-layang

Layang-layang adalah permainan tradisional yang dimainkan dengan menggunakan layang-layang. Tujuan dari permainan ini adalah untuk membuat layang-layang terbang sejauh mungkin dan menghindari layang-layang jatuh ke tanah.

11. Dakon

Dakon merupakan permainan tradisional yang dimainkan oleh dua orang. Permainan ini menggunakan sebuah papan kayu yang terdiri dari dua belas lubang dan beberapa biji kelereng sebagai media permainannya. Tujuan dari permainan ini adalah untuk mengumpulkan biji kelereng sebanyak-banyaknya dari lubang di sisi lawan.

12. Gasing

Gasing adalah permainan tradisional yang dimainkan dengan menggunakan alat yang disebut gasing. Alat ini terbuat dari kayu atau logam dan dipegang dengan tali. Tujuan dari permainan ini adalah untuk membuat gasing berputar secepat mungkin dan mengalahkan gasing lawan.

13. Terompah Gergaji

Terompah Gergaji adalah permainan tradisional yang dimainkan dengan menggunakan terompah dan gergaji. Tujuan dari permainan ini adalah untuk memotong kayu dengan menggunakan gergaji dan menaruh potongan kayu ke dalam terompah.

14. Kelereng

Kelereng adalah permainan tradisional yang dimainkan dengan menggunakan biji kelereng. Tujuan dari permainan ini adalah untuk memasukkan biji kelereng ke dalam lubang yang telah ditentukan dengan menggunakan biji kelereng lainnya.

15. Penthul

Penthul adalah permainan tradisional yang dimainkan dengan menggunakan bola dari anyaman bambu. Tujuan dari permainan ini adalah untuk menjaga bola tetap berada di udara dengan memukulnya dengan tangan atau bagian tubuh lainnya.

16. Capit Lengkung

Capit Lengkung adalah permainan tradisional yang dimainkan dengan menggunakan alat yang disebut capit lengkung. Alat ini terbuat dari kayu dan bentuknya menyerupai tangan yang terbuka. Tujuan dari permainan ini adalah untuk menangkap bola dengan menggunakan capit lengkung tersebut.

17. Balap Karung

Balap Karung adalah permainan tradisional yang dimainkan oleh beberapa orang. Permainan ini menggunakan karung sebagai media permainannya. Tujuan dari permainan ini adalah untuk berlari dengan karung yang diikatkan di pinggang dan mencapai garis finish.

18. Engklekan

Engklekan adalah permainan tradisional yang dimainkan oleh beberapa orang. Permainan ini menggunakan seutas tali yang diikatkan di atas tanah dan beberapa biji kelereng sebagai media permainannya. Tujuan dari permainan ini adalah untuk memindahkan biji kelereng ke dalam lubang yang telah ditentukan dengan cara melompati tali tersebut.

19. Bola Bekel

Bola Bekel adalah permainan tradisional yang dimainkan dengan menggunakan biji-bijian kecil atau bekas. Tujuan dari permainan ini adalah untuk memasukkan bola ke dalam lubang yang ada di tanah dengan cara memukul bola menggunakan biji-biji kecil tersebut.

20. Karet

Karet adalah permainan tradisional yang dimainkan dengan menggunakan karet gelang. Tujuan dari permainan ini adalah untuk membuat pola tertentu dengan karet gelang yang digulungkan di atas permukaan tanah atau dipegang oleh pemain lain.

Kesimpulan

Permainan tradisional merupakan salah satu warisan budaya yang harus dijaga dan dilestarikan. Dengan memainkan permainan tradisional, kita dapat mengenal lebih dekat budaya Indonesia dan memupuk rasa cinta terhadap bangsa. Jangan biarkan permainan tradisional kita terlupakan dan hilang begitu saja. Mari lestarikan permainan tradisional Indonesia!

Artikel Nama Nama Permainan Tradisional

© Copyright 2023 TEKNOBGT.COM